LAPORAN AKSI NYATA MODUL 1.2_NILAI -NILAI DAN PERAN GURU PENGGERAK
"PEMAHAMANKU_PETA KONSEPKU"
CGP ANGKATAN 2_MELISA WIDIA HERANI - KABUPATEN LOMBOK TENGAH
SMAS NURUL IMAN NW TAMMIMI PENGEMBUR
A. LATAR BELAKANG
Guru Penggerak adalah pemimpin pembelajaran yang mampu mendorong tumbuh kembang murid secara holistik sesuai dengan kodrat yang ada dalam dirinya serta mampu secara aktif dan proaktif mengembangkan pendidik lainnya untuk mengimplementasikan pemikiran Ki Hajar Dewantara yaitu pembelajaran yang berpusat pada murid, serta mampu menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem pendidikan untuk mewujudkan "Merdeka Belajar".
Ki Hajar Dewantara menekankan bahwa pendidikan harus berpusat pada murid, pendidikan yang dilakukan harus berhamba pada murid yang diberikan kesempatan seluas-luasnya untuk tumbuh dan berkembang sesuai dengan bakat dan minatnya.Â
Seorang guru penggerak juga harus mampu menjadi teman yang penuh inspirasi bagi guru-guru lain serta mampu menyemangati dan menguatkan seperti apapun kondisi yang dihadapi di lapangan.Â
Ki Hadjar Dewantara juga mengemukakan bahwa dalam proses menuntun, anak perlu diberikan kebebasan dalam belajar serta berpikir, dituntun oleh para pendidik agar anak tidak kehilangan arah serta membahayakan dirinya.
Guru adalah tukang kebun, yang merawat tumbuhnya nilai-nilai kebaikan di dalam diri murid-muridnya. Guru memiliki kesempatan untuk mengembangkan lingkungan di mana murid berproses menumbuhkan nilai-nilai dirinya tersebut. Guru dengan karakter baik mengajarkan murid mereka tentang bagaimana keputusan dibuat melalui proses pertimbangan moral.Â
Guru ini membantu muridnya memahami nilai[1]nilai kebaikan dalam diri mereka sendiri, kemudian mereka mempercayainya sebagai bagian yang tak terpisahkan dari siapa mereka, hingga kemudian mereka terus menghidupinya. Guru dengan karakter yang baik melestarikan nilai-nilai kebaikan di tengah masyarakat melalui murid-murid mereka (Lumpkin, 2008).
Dalam usaha mewujudkan Profil Pelajar Pancasila ini, tentunya perlu peran pendidik untuk menuntun anak serta menumbuhkan berbagai karakter/nilai yang dijabarkan serta mumpuni dan terampil dalam berkontribusi secara aktif, menjadi teladan dan menciptakan perubahan. Peran pendidik yang pertama dalam terkait dengan Profil Pelajar Pancasila ini adalah mengenali dan menjalankan profil ini terlebih dahulu. Ketika seorang pendidik mencoba menjalankan profil ini, maka akan lebih mudah bagi murid untuk mengikutinya. Keteladanan seorang guru dalam menjalankan ini pastinya akan dilihat dan kemudian dipelajari oleh para murid.Â
Untuk mendukung tercapainya karakter ini, setiap guru perlu menanamkan nilai[1]nilai dan pola pikir sebagai penuntun atau pamong. Nilai-nilai ini bisa berkembang jika seorang guru penggerak mengaktifkan otak luhurnya agar bisa berpikir strategis dan kreatif dalam menjalankan peran sebagai guru penggerak.
Seorang Guru Penggerak diharapkan mempunyai 4 kompetensi yaitu mengembangkan diri dan orang lain, memimpin pembelajaran, memimpin manajemen sekolah, serta memimpin pengembangan sekolah.Â
Adapun peran guru penggerak dalam menjalankan merdeka belajar adalah mendorong peningkatan prestasi akademik murid, mengajar dengan kreatif, mengembangkan diri secara aktif, mendorong tumbuh kembang murid secara holistik dan menjadi pelatih (coach/mentor) bagi guru lain untuk pembelajaran yang berpusat pada murid yang didukung dengan nilai-nilai dari seorang guru penggerak meliputi mandiri, reflektif, kolaboratif, inovatif dan berpihak pada murid.
B. DESKRIPSI AKSI NYATA
1) TUJUAN
- Dapat mengetahui tingkat pemahaman siswa terkait konsep yang dipilih
- Dapat membina rasa gotong royong
- Dapat mengembangkan kreativitas dan inovasi
2) TOLOK UKUR
Mewujudkan profil pelajar siswa melalui tema "pemahamanku_peta konsepku"
3) LINIMASA TINDAKAN YANG AKAN DILAKUKAN
Tindakan aksi nyata ini akan dilaksanakan dengan rincian sebagai berikut:
- Minggu 1
Melakukan sosialisasi kepada Kepala Sekolah dan rekan-rekan guru terkait aksi nyata yang akan dilakukan
- Minggu 2
Mensosialisasikan kepada siswa tentang aksi nyata "pemahamanku_peta konsepku"
- Minggu 3
Melakukan diskusi dengan masing-masing siswa di dalam kelompok dan pelaksanaan tugas yang sudah disepakati dengan mengirimkan gambar foto saat dikerjakan melalui media chat grup WhastApp
- Minggu 4
Mempresentasikan hasil "pemahamanku_peta konsepku" dan melakukan refleksi terkait hasil diskusi kelompok siswa
4) DUKUNGAN YANG DIBUTUHKAN
Untuk melancarkan pelaksanaan tindakan aksi nyata yang telah dibuat tentunya memerlukan dukungan dari berbagai pihak. Adapun dukungan tersebut berasal dari Kepala Sekolah, rekan-rekan guru di sekolah dan dukungan serta kerjasama orangtua siswa
C. HASIL AKSI NYATA
Hasil dari aksi nyata "pemahamanku_peta konsepku" adalah:
- Proses pembuatan peta konsep
- Hasil peta konsep dari masing-masing kelompok
- Hasil diskusi dan presentasi kelompok masing-masing
D. KEGAGALAN DAN KEBERHASILAN
- KEGAGALAN
Masih sulit untuk menggerakkan siswa yang kurang motivasi dan minat dalam melakukan kegiatan kelompok serta ada sebagian siswa yang masih merasa malu dan ragu untuk memberanikan diri dalam melakukan presentasi
- KEBERHASILAN
Mampu membina rasa gotong royong antar sesama siswa dan memberikan kebebasan kepada siswa dalam mengembangkan kreativitas serta inovasi yang dituangkan dalam bentuk peta konsep
E. RENCANA PERBAIKAN DI MASA DATANG
Mensosialisasikan tema "pemahamanku-peta konsepku" kepada rekan-rekan guru di sekolah dengan harapan konsep ini bisa di terapkan di pembelajaran mereka
DOKUMENTASI KEGIATAN MODUL 1.2_NILAI-NILAI DAN PERAN GURU PENGGERAK
sosialisasi kegiatan kepada pihak sekolah
Video Kegiatan Aksi Nyata Modul 1.2-Nilai dan Peran Guru Penggerak
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H