Latar Belakang
Jurnalisme di Indonesia terus mengalami perkembangan. Banyak media massa khususnya berita yang pada awalnya merupakan media cetak dengan adanya perkembangan zaman menjadi media online. Jurnalisme online merupakan suatu kegiatan produksi konten dan konten yang diproduksi tersebut dibagikan melalui internet. Informasi yang disajikan dalam jurnalisme online serupa atau sama dengan penyajian informasi pada media cetak. Namun pada jurnalisme online informasi disajikan secara online atau  melalui internet.
Jurnalisme multimedia hampir sama dengan jurnalisme online. Yang membedakan antara jurnalisme multimedia dengan jurnalisme online adalah media yang digunakan. Pada jurnalisme online serupa dengan media cetak hanya berbeda dalam penyebarannya. Sedangkan pada jurnalisme multimedia, dalam menyampaikan informasi tidak hanya berupa teks namun disertai dengan beberapa elemen multi media, seperti foto, video, audio, maupun infografis.
Banyak media cetak di Indonesia yang sudah beranjak ke media online, salah satunya adalah Kedaulatan Rakyat atau KR Jogja. KR Jogja terkenal dengan media cetaknya karena sudah ada sejak tahun 1945 dan masih bertahan hingga saat ini. KR sangat dikenal oleh masyarakat khususnya Yogyakarta dan sekitarnya.
KR Jogja tidak ingin kalah dengan media massa lainnya, seperti Kompas dan Tempo yang sudah menjadi media online. KR Jogja sudah menjadi media online sejak tahun 2009 dengan website krjogja.com. KR Jogja juga menyediakan e-paper bagi pembacanya yang merupakan koran dalam bentuk elektronik atau online.
Â
Rumusan Masalah
Bagaimana perkembangan Kedaulatan Rakyat atau KR Jogja yang awalnya merupakan media cetak hingga menjadi media online?
Â
Pembahasan
Jurnalisme Online
Jurnalisme online merupakan suatu kegiatan produksi konten dan konten yang diproduksi tersebut dibagikan melalui internet. Informasi yang disajikan dalam jurnalisme online serupa atau sama dengan penyajian informasi pada media cetak. Namun pada jurnalisme online informasi disajikan secara online atau  melalui internet.
Pada jurnalisme online terdapat penggabungan beberapa fitur komunikasi, seperti kemampuan multimedia, interaksi komunikasi secara online, dan fitur yang dimiliki oleh platform yang digunakan.
Jurnalisme online dibagi menjadi 2 yaitu editorial content dan public connectivity. Editorial content merupakan teks yang dibuat dan diedit oleh penulis, sedangkan public connectivity adalah melibatkan pengguna untuk berpartisipasi.
Jurnalisme Multimedia
Multimedia merupakan gabungan dari beberapa media atau elemen multimedia dengan minimal 3 media. Jurnalisme multimedia merupakan kegiatan memproduksi konten yang terdiri dari beberapa media atau elemen multimedia. Dalam pembuatan konten pada jurnalisme multimedia menggunakan beberapa jenis media seperti teks, foto, video, audio dan grafik.
Dalam jurnalisme multimedia tidak dapat lepas dari sosial media dan keterikatannya dengan pembaca. Kunci dari jurnalisme multimedia adalah menyajikan konten dengan menggunakan beberapa media dengan baik, membangun jaringan, dan menemukan cerita atau informasi yang tepat.
Dengan menyajikan konten yang disertai dengan video atau foto yang di visualkan dengan baik akan menjadi lebih menarik dan dapat menarik pembaca untuk melihat konten yang dibagikan.
Jurnalisme multimedia dapat diartikan dalam 2 cara :
1. Â Presentasi berita yang menggunakan 3 atau lebih jenis media, seperti teks, gambar, grafik, audio dan sebagainya.
2. Presentasi berita yang memiliki ragam media, seperti website, radio, televisi, dan sebagainya.
Perbedan secara singkatan antara jurnalisme online dengan jurnalisme multimedia adalah dalam menyajikan konten atau informasi. Jurnalisme online menyajikan konten hampir sama dengan media cetak, sedangkan jurnalisme multimedia menyajikan konten disertai dengan teks, foto, video, dan jenis media pendukung lainnya.
Salah satu platform berita online yang menggunakan jurnalisme online adalah KR Jogja. Dalam menyampaikan informasi melalui www.krjogja.com, informasi yang dibagikan sebagian besar dalam bentuk teks dan ditambah dengan foto sebagai pendukung atau ilustrasi.
KR Jogja
KR sangat dikenal oleh masyarakat khususnya di Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah dan sekitarnya. Surat Kabar Kedaulatan Rakyat berawal dari tekanan Belanda dan Jepang kepada pemuda di Yogyakarta yang bekerja di Harian Sinar Matahari. Dengan adanya tekanan tersebut membuat para pemuda bersemangat untuk menggaungkan perjuangan rakyat Indonesia dan informasi mengenai Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.
Harian Sinar Matahari terpaksa di disegel untuk menghindari manipulasi informasi oleh Jepang. Penyegelan tersebut berdampak bagi masyarakat Yogyakarta sehingga menjadi buta mengenai informasi yang ada. Hal tersebut membuat pemuda di Yogyakarta berusaha untuk membuka segel kantor Sinar Matahari dan menerbitkan surat kabar pengganti.
Surat kabar pengganti sudah dipersiapkan pada 26 September 1945 dan siap untuk diluncurkan kepada masyarakat. Pada awalnya pemuda Yogyakarta kebingungan tentang nama yang akan digunakan pada surat kabar pengganti sehingga dipilihlah Kedaulatan Rakyat pada 27 September 1945, tepat 40 hari setelah Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Surat Kabar Kedaulatan Rakyat disambut dengan baik oleh masyarakat Yogyakarta.
KR Online
Surat Kabar Kedaulatan Rakyat terbit pertama kali pada 27 September 1945, 40 hari setelah kemerdekaan Indonesia hingga saat ini. Pada tanggal 1 Juni 2009 Kedaulatan Rakyat mendirikan KR Online dengan website krjogja.com. KRJogja.com merupakan divisi usaha dari Media Kedaulatan rakyat Group yang bergerak pada bidang pemberitaan media online di Yogyakarta.
Pada awalnya KR Online hanya menerbitkan berita yang diambil dari Surat Kabar Kedaulatan Rakyat yang dibuat secara online dengan website kr.co.id. Pada 1 Juni 2009 KR Online baru menambahkan pemberitaan dengan edisi News Aktual dan kanal-kanal lainnya.
KRJogja.com memiliki beragam konten berita yang dibagi menjadi beberapa kanal dan sub kanal, seperti Kanal DIY, Kanal Jawa Tengah, Kanal Peristiwa, Kanal Pendidikan, Kanal Ekonomi, kanal Ragam, Kanal Olahraga, Kanal Gaya Hidup, Kanal Wisata, Kanal Hiburan, Kanal Angkringan, dan Kanal Kolom.
KRJogja.com juga merupakan awal dari bisnis online oleh PT. BP. Kedaulatan Rakyat Group. Konten berita yang diterbitkan oleh KR Online melalui website KRJogja.com tidak hanya sekedar memberikan informasi berita namun juga soal kecepatan dan kedalaman informasi yang diberikan sebagai respon terhadap kebutuhan masyarakat dan pembaca. Pembaca atau konsumen dari KRJogja.com berasal dari berbagai kalangan seperti karyawan, pengusaha, politisi, pelajar, dan masyarakat umum.
Selain itu KR Online juga memiliki E-paper dengan website kr.co.id. E-paper dari Kedaulatan Rakyat berbeda dengan apa yang dibagikan di website KRJogja.com. E-paper Kedaulatan rakyat merupakan surat kabar yang dibagikan dalam bentuk online. Untuk tampilan e-paper Kedaulatan Rakyat sama dengan surat kabar cetak atau dalam kata lain surat kabar atau koran dalam bentuk digital sehingga pembaca dapat menikmati sajian berita Kedaulatan Rakyat dimana saja dan kapan saja.
Namun untuk dapat mengakses e-paper Kedaulatan Rakyat diharuskan untuk berlangganan terlebih dahulu. Terdapat beberapa pilihan untuk berlangganan e-paper Kedaulatan Rakyat, seperti Dasar untuk berlangganan satu bulan, Plus untuk berlangganan selama tiga bulan, Sedang untuk berlangganan selama enam bulan, dan Atas untuk berlangganan selama satu tahun.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI