Mohon tunggu...
Melina Pajar
Melina Pajar Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa-Universitas Muhammadiyah Banjarmasin

Memasak

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Fruit and Vegetables Hunt

22 Agustus 2023   21:00 Diperbarui: 23 Agustus 2023   00:15 419
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar sekolah UPTD SD Tambak Karya (DOKPRI)

Ini merupakan program kerja individu KKN 7 TEMANTIK Universitas Muhammadiyah Banjarmasin bertemakan Stunting. Nama program kerja individu ini adalah Fruit & Vegetables Hunt dengan sasaran siswa SD kelas 1-6 di desa Tambak Karya, Kecamatan Kurau, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Fruit & Vegetables Hunt merupakan program kerja individu yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kosakata Bahasa Inggris anak-anak mengenai berbagai jenis buah dan sayuran melalui pendekatan visual dan interaktif serta mengedukasi anak-anak tentang pentingnya mengonsumsi buah dan sayur dalam pencegahan stunting. Harapannya dari program KKN "Fruit and Vegetables Hunt" ini adalah agar anak-anak dapat menambah kosakata Bahasa Inggris mereka, khususnya terkait buah dan sayuran,  serta memiliki pemahaman yang baik tentang manfaat kesehatan dari buah dan sayuran, yang mendorong mereka untuk menerapkan nya ke dalam pola makan sehari-hari mereka.

Sebelum program kerja individu ini dimulai, observasi dilakukan dengan mengunjungi UPTD SD Tambak Karya dan bertemu dengan Kepala Sekolah yang bernama ibu Eka Mastuti, S.Pd dan semua guru disana. Semua guru menyambut mahasiswa dengan baik dan menerima program kerja yang sampaikan oleh mahasiswa. Selanjutnya, mahasiswa melakukan rapat koordinasi dengan Kepala Desa, Puskesmas, Bidan, Badan KB serta Kepala Sekolah UPTD SD Tambak Karya. Kemudian, program kerja individu Fruit & Vegetables Hunt pun dilaksanakan setiap 1 Minggu sekali setiap hari Rabu jam 8 pagi.

Gambar sekolah UPTD SD Tambak Karya (DOKPRI)
Gambar sekolah UPTD SD Tambak Karya (DOKPRI)
Foto bersama Kepala Sekolah dan Guru SD Tambak Karya (DOKPRI)
Foto bersama Kepala Sekolah dan Guru SD Tambak Karya (DOKPRI)

Persiapan

Persiapan untuk program kerja individu ini adalah menyiapkan gambar buah dan sayur untuk diperlihatkan kepada siswa dan gambar untuk digunting oleh siswa.

Buah dan sayur untuk anak kelas 1-3 dan 4-6 pilih berbeda berdasarkan tingkat kesulitan Pronunciation (Pengucapan) dan tingkat kesulitan pengguntingan. Buah dan sayur yang pilih juga merupakan buah dan sayur yang bagus untuk pencegahan Stunting pada anak-anak seusia mereka.

  • Gambar Buah untuk kelas 1-3 : Mangga (Mango), Pisang (Banana), Semangka (watermelon), Apel (Apple).

Gambar buah untuk kelas 1-3 (DOKPRI)
Gambar buah untuk kelas 1-3 (DOKPRI)
  • Gambar Sayur untuk kelas 1-3 : Kacang buncis (Beans), Tomat (Tomat), Jagung (Corn), Wortel (Carrot).

Gambar Sayur untuk kelas 1-3 (DOKPRI)
Gambar Sayur untuk kelas 1-3 (DOKPRI)
  • Gambar Buah untuk kelas 4-6 : Jeruk (Orange), Nanas (Pineapple), Alpukat (Avocado), Anggur (Grape).

Gambar Buah untuk kelas 4-6 (DOKPRI)
Gambar Buah untuk kelas 4-6 (DOKPRI)
  • Gambar Sayur untuk kelas 4-6 : Sawi (Mustard), Labu (Pumpkin), Kol (Cabbage), Bayam (Spinach).

Gambar sayur untuk kelas 4-6 (DOKPRI)
Gambar sayur untuk kelas 4-6 (DOKPRI)

Selanjutnya, mahasiswa menyiapkan 15 gunting untuk siswa yang tidak membawa gunting dikelas. Kemudian, Mahasiswa juga menyiapkan susu sebagai hadiah untuk semua siswa.

Rencana Kegiatan di Kelas

  • Mahasiswa memperkenalkan diri dihadapan oleh siswa
  • Mahasiswa menanyakan kabar kepada siswa
  • Mahasiswa menanyakan apakah sebelumnya pernah belajar bahasa Inggris
  • Sebelum memulai pembelajaran mahasiswa mengajak siswa untuk bernyanyi bahasa inggris

Watermelon, watermelon,

Papaya, papaya

Banana, banana

Banana, banana

Tomato, tomato

  • Selanjutnya, mahasiswa menunjukkan gambar buah dan sayur kepada semua siswa di kelas, kemudian menyampaikan nama bahasa inggris dari buah dan sayur tersebut dan meminta siswa untuk mengulangi kata buah atau sayur yang mahasiswa sebutkan.
  •  Mahasiswa menjelaskan manfaat nya untuk kesehatan dan pertumbuhan mereka.
  • Mahasiswa menanyakan kembali bahasa inggris dari buah dan sayur tersebut untuk menggali pemahaman siswa.
  • Dibagikan gambar buah dan sayur untuk semua siswa di kelas.
  • Siswa menggunting gambar buah dan sayur yang telah dibagikan sesuai pola.
  • Mahasiswa menyebutkan satu nama buah dan sayur dalam bahasa inggris, siswa yang memegang buah atau sayur maju ke depan.
  • Siswa menyebutkan nama buah atau sayur yang dibawanya dengan bahasa inggris sampai pengucapannya benar.
  • Siswa mengambil susu yang telah disediakan.
  • Penutup

Minggu 1

Kelas 1 & 2

Minggu 1 : Fruit & Vegetables Hunt bersama Kelas 1 dan 2 (DOKPRI)
Minggu 1 : Fruit & Vegetables Hunt bersama Kelas 1 dan 2 (DOKPRI)

Pada Minggu 1, mahasiswa masuk ke kelas 1 dan 2. Pertama, mahasiswa masuk ke kelas 1. Siswa kelas 1 sangat bersemangat dan aktif dalam mengikuti pembelajaran. Saat mahasiswa menanyakan apakah sebelumnya mereka pernah pernah belajar bahasa Inggris? Sebagian kecil dari mereka sudah pernah belajar bahkan ada siswa yang bersedia menyanyikan lagu bahasa inggris. Beberapa dari mereka juga sudah mengetahui bahasa inggris mangga, pisang, semangka dan tomat. Begitu juga saat mahasiswa masuk ke kelas 2, siswa kelas 2 sangat aktif dan antusias terutama ketika mengikuti brainstroming. Rencana kegiatan yang telah dipersiapkan telah berjalan dengan lancar di kelas 1 dan 2. Ketika ditanya apakah mereka menyukai buah dan sayur yang ditampilkan, mereka semua menyukai dan sering memakan buah dan sayur seperti yang ada digambar. Mereka juga mampu menyebutkan nama buah dan sayur dalam bahasa inggris dengan tepat.

Minggu 2

Kelas 3 & 4

Minggu 2 : Fruit & Vegetables Hunt bersama Kelas 3 dan 4 (DOKPRI)
Minggu 2 : Fruit & Vegetables Hunt bersama Kelas 3 dan 4 (DOKPRI)

Pada Minggu kedua, mahasiswa masuk ke kelas 3 dan 4. Pertama, mahasiswa masuk ke kelas 3. Siswa kelas 3 aktif dan tertib saat mengikuti pembelajaran. Saat mereka tau bahwa mereka akan belajar bahasa Inggris, mereka merasa itu adalah pelajaran yang sulit dibandingkan matematika. Tetapi saat pembelajaran mereka  antusias dalam menjawab pertanyaan dan sebagian dari mereka sudah tau bahasa inggris dari buah dan sayur yang ditampilkan. Saat ditanya apakah mereka pernah belajar bahasa Inggris sebelumnya? Mereka menjawab bahwa bahasa inggris mulai dipelajari di kelas 4 nanti. Kemudian, mahasiswa masuk ke kelas 4. Sama halnya dengan kelas 3, siswa kelas 4 juga sangat tertib dan aktif dalam mengikuti pembelajaran. Mereka sudah mempelajari bahasa inggris dengan salah satu guru yang ada disana bernama Miss Lili. Sebagian dari mereka sudah mengetahui nama buah dalam bahasa Inggris tetapi mereka masih kurang mengetahui bahasa Inggris dari gambar sayur yang ditampilkan. Tapi, salah satu dari mereka ada yang sudah mengetahui bahasa Inggris buah dan sayur yang ditampilkan. Siswa itu mengatakan bahwa dia suka belajar bahasa inggris sendiri. Rencana kegiatan yang telah dipersiapkan telah berjalan dengan lancar di kelas 3 dan 4. Ketika ditanya apakah mereka menyukai buah dan sayur yang ditampilkan, mereka semua menyukai buah dan sayur seperti yang ada digambar. Siswa kelas 3 dan 4 juga mampu menyebutkan nama buah dan sayur dalam bahasa inggris dengan tepat.

Minggu 3

Kelas 5 & 6

Minggu 3 : Fruit & Vegetables Hunt bersama Kelas 5 dan 6 (DOKPRI)
Minggu 3 : Fruit & Vegetables Hunt bersama Kelas 5 dan 6 (DOKPRI)

Pada Minggu ketiga, mahasiswa masuk ke kelas 5 dan 6. Pertama, mahasiswa masuk ke kelas 6 karena siswa kelas 6 masih ada pembelajaran lain. Siswa kelas 6 sangat tertib saat mengikuti pembelajaran. Saat ditanya apakah mereka pernah belajar bahasa Inggris sebelumnya? Mereka menjawab bahwa tidak pernah belajar bahasa inggris. Tetapi pada saat ditanya bahasa inggris dari buah, sebagian dari mereka sudah mengetahui tetapi mereka masih kurang mengetahui bahasa Inggris dari gambar sayur yang ditampilkan. Kemudian, saat masuk ke kelas 5, hampir semua siswa kelas 5 sangat aktif dan antusias dalam menjawab bahasa inggris dari buah dan sayur yang ditampilkan. Rencana kegiatan yang telah dipersiapkan telah berjalan dengan lancar di kelas 5 dan 6. Ketika ditanya apakah mereka menyukai buah dan sayur yang ditampilkan, mereka semua menyukai buah dan sayur seperti yang ada digambar. Beberapa diantara mereka ada yang kurang menyukai sayur seperti kol dan sawi. Alasan mereka dikarenakan rasa yang pahit.

Harapannya dari program KKN "Fruit and Vegetables Hunt" ini adalah anak-anak dapat menambah kosakata Bahasa Inggris mereka, khususnya terkait buah dan sayuran,  serta memiliki pemahaman yang baik tentang manfaat kesehatan dari buah dan sayuran, yang mendorong mereka untuk menerapkan nya ke dalam pola makan sehari-hari mereka.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun