Mohon tunggu...
Melani Putri
Melani Putri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Melukis

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mengenali Kurikulum Merdeka

11 Juni 2024   23:27 Diperbarui: 11 Juni 2024   23:59 170
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Oleh:

Melani Putri

Vera Sardila

UNIVERSITAS SULTAN SYARIF KASIM RIAU

ABSTRAK

Artikel ini bertujuan untuk melakukan analisis kebijakan "Kurikulum Merdeka" dari sudut pandang teoritis. Melalui pendekatan analisis kebijakan dan kerangka teori yang relevan, penelitian ini mengkaji perumusan dan implementasi Kurikulum Merdeka sebagai upaya peningkatan mutu pembelajaran di sekolah. Dalam analisis kebijakan ini, kami mengumpulkan dan menganalisis dokumen kebijakan terkait, tinjauan literatur, dan temuan penelitian yang relevan untuk memahami tujuan kebijakan, strategi yang digunakan, dan dampaknya terhadap kualitas pembelajaran. Penelitian ini berkontribusi untuk memperluas pemahaman kita terhadap Kurikulum Merdeka sebagai kebijakan pendidikan dari sudut pandang teoritis dan memberikan wawasan bagi pemangku kepentingan pendidikan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. 

PENDAHULUAN

Pendidikan merupakan salah satu pilar utama dalam pembangunan suatu negara. Untuk mencapai tujuan pendidikan yang optimal, pengembangan kurikulum yang baik menjadi sangat penting. Di Indonesia, Kurikulum Merdeka telah diperkenalkan sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. Kebijakan ini mengusung pendekatan yang berbeda dalam penyusunan kurikulum dengan fokus pada pemberdayaan siswa dan pengembangan keterampilan abad ke-21. Dalam rangka mengkaji kebijakan ini, analisis yang berbasis kajian teori menjadi sangat relevan untuk memahami perumusan dan dampak Kurikulum Merdeka terhadap peningkatan kualitas pembelajaran.

Penulisan artikel ini menjadi penting karena adanya kebutuhan akan pemahaman yang mendalam tentang Kurikulum Merdeka dalam perspektif kajian teori. Dengan melalukan penelitian, ini dapat memberikan sumbangan penting dalam pengembangan kebijkan pendidikan yang lebih efektif, relevan, dan berkelanjutan.

PEMBAHASAN

A. Defenisi Kurikulum Merdeka

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun