Wonogiri. Sabtu, 28 Januari 2023 -- Koleksi Perpustakaan perlu ditata dan dikelompokkan berdasarkan subjek disiplin ilmunya. Tujuannya agar pemustaka lebih mudah dalam menemukan koleksi yang dibutuhkan.Â
Melalui program pengelolaan perpustakaan sekolah, mahasiswa KKN Tim 1 UNDIP melakukan klasifikasi koleksi pada ribuan buku di Perpustakaan SDN 1 Tlogosari. Koleksi yang sebelumnya kurang terkelola dengan baik dan beberapa buku belum sesuai bidang keilmuannya, kemudian dikelompokkan di rak yang telah diberi label klasifikasi kelas buku.
Klasifikasi koleksi merupakan bagian dari kegiatan pengolahan bahan pustaka sebelum nantinya dapat dilayankan kepada pemustaka. Menurut Sulistyo-Basuki (1991) definisi klasifikasi bahan pustaka adalah penyusunan sistematis terhadap buku dan bahan pustaka lain, atau katalog, atau entri indeks berdasarkan subyek, dalam cara yang berguna bagi mereka yang membaca atau mencari informasi.Â
Sistem klasifikasi koleksi yang diterapkan dalam penataan bahan pustaka di Perpustakaan SDN 1 Tlogosari adalah sistem klasifikasi Dewey Decimal Classification (DDC).
Sistem yang digunakan dalam DDC berprinsip desimal dalam membagi cabang ilmu pengetahuan. DDC menggunakan minimal 3 angka arab untuk notasi. Sistem ini merupakan aturan yang paling banyak digunakan dalam bidang perpustakaan.Â
Klasifikasi DDC terdiri dari 10 kelas utama disiplin ilmu, yakni sebagai berikut:
- 000 -- 099 Â Â Â Â Karya Umum
- 100 -- 199 Â Â Â Â Â Filsafat
- 200 -- 299 Â Â Â Â Agama
- 300 -- 399 Â Â Â Â Ilmu Sosial
- 400 -- 499 Â Â Â Â Bahasa
- 500 -- 599 Â Â Â Â Ilmu Murni
- 600 -- 699 Â Â Â Â Ilmu Terapan
- 700 -- 799 Â Â Â Â Kesenian dan Hiburan
- 800 -- 899 Â Â Â Â Kesusastraan
- 900 -- 999 Â Â Â Â Sejarah
Selain dikelompokkan dalam 10 kelas utama DDC, beberapa koleksi juga dibedakan kedalam kelas Fiksi dan Non-Fiksi. Tujuannya agar guru lebih mudah dalam menemukan bahan pembelajaran bagi siswa dan juga para siswa nantinya lebih mudah menemukan bahan bacaan yang mereka inginkan.
Program ini disambut baik oleh pihak sekolah, dan telah terlaksana dengan lancar. Tidak hanya melakukan klasifikasi dan penataan bahan pustaka saja, mahasiswa KKN Tim 1 Undip juga memberikan penjelasan kepada pihak sekolah terkait pengelompokkan kelas buku, serta mengajarkan pada siswa untuk mengembalikan buku ke rak yang sesuai.Â
Harapannya program ini dapat meningkatkan kemampuan guru dan siswa dalam pengorganisasian informasi khususnya dalam menentukan subjek keilmuan bahan pustaka yang dibacanya.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H