Mohon tunggu...
Meilia Arifianti
Meilia Arifianti Mohon Tunggu... Guru - Guru

"Guru yang baik tidak pernah bilang muridnya bodoh, tapi guru yang baik selalu bilang, "Muridku belum bisa"

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Koneksi Antar Materi Modul 1.2

21 November 2022   15:42 Diperbarui: 21 November 2022   15:44 58
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

REFLEKSI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN 4 P

Oleh :

Meilia Arifianti, S. Pd.

 

1. PERISTIWA

Momen paling penting dan mencerahkan diri saya pada modul 1.1 adalah ketika saya mempelajari dan memahami tentang filosofi pemikiran KHD. Dalam modul tersebut dikatakan bahwa tugas guru adalah menuntun kodrat yang ada pada diri anak, sehingga sebagai manusia dan anggota masyarakat anak nantinya dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya. Sedangkan pada modul 1.2 saya mempelajari tentang nilai dan peran guru penggerak yang harus dimiliki oleh seorang guru penggerak.

Kaitan antara Modul 1.1 dan 1.2

Pada modul 1.1 mempelajari tentang filosofi pemikiran KHD, yaitu bahwa tugas guru adalah menuntun segala kodrat yang ada pada diri anak agar mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai manusia maupun anggota masyarakat. Hal ini sangat selaras dengan nilai yang ada pada modul 1.2, yaitu pembelajaran yang berpihak pada murid yang merupakan salah satu nilai dari guru penggerak.

2. PERASAAN

Ketika mempelajari modul 1.1 dan modul 1.2, perasaan saya sangat senang dan bangga. Saya merasa senang karena mendapatkan pengetahuan dan pengalaman baru tentang filosofi pemikiran KHD serta nilai dan peran guru penggerak, selain itu perasaan saya adalah sangat bangga karena kesempatan pendidikan ini hanya untuk orang-orang yang mau berubah kearah yang lebih baik dan tidak semua orang bisa mendapatkannya.

3. PEMBELAJARAN

Banyak hal yang harus saya perbaiki dalam menjalankan tugas sebagai seorang guru. Diantaranya adalah sebagai penuntun yang memahami bahwa setiap anak memiliki karakteristik dan cara belajar  yang berbeda. Dalam proses menuntun ini saya harus mengimplementasikan nilai dan peran guru penggerak, agar tercapai tujuan pendidikan yaitu menumbuhkan profil pelajar pancasila. Selama ini saya juga kurang berkolaborasi dengan rekan sesama guru, padahal dengan berkolaborasi dengan rekan sesame dapat menyelesaikan permasalahan tentang hambatan belajar yang dialami oleh anak didik saya.

4. PENERAPAN

Pengembangan diri yang sudah saya lakukan untuk membantu menguatkan nilai-nilai dan peran saya sebagai Guru Penggerak antara lain:

  • Melakukan pembelajaran yang berpusat pada murid, mengutamakan kepentingan murid dan membantu murid untuk dapat mandiri
  • Melakukan refleksi bersama siswa, rekan guru dan kepala sekolah setelah melakukan pembelajaran sebagai langkah untuk memperbaiki proses pembelajaran selanjutnya.
  • Melakukan inovasi pembelajaran agar pembelajaran lebih bervariasi dan disesuaikan dengan kebutuhan siswa, misalnya dengan memanfaatkan gadget/ ponsel pintar untuk media pembelajaran agar penggunaan HP lebih efisien dan tepat guna.
  • Melakukan pengembangan diri dengan mengikuti berbagai pengembangan keprofesian seperti diklat, workshop, webinar dan pelatihan ataupun seminar yang dapat menunjang kinerja sebagai pendidik.
  • Melakukan kolaborasi dengan orang tua murid dan seluruh warga sekolah untuk mensukseskan kegiatan sekolah

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun