BEST PRACTICE ini mencakup Metode STAR (Situasi, Tantangan, Aksi dan Refleksi)
Penulis : Mila Meilani Sandi, S.S.,S.Pd.
Unit Kerja : TK Pertiwi Taraman
Hari/Tanggal : Sabtu, 26 Oktober 2022
Tema Tanaman, Sub Tema Tanaman Hias, Sub-sub Tema Macam-macam Bunga.Â
SITUASI
Latar Belakang :Â Yang melatarbelakangi masalah yaitu masih benyaknya anak kelompok A TK Pertiwi Taraman banyak yang masih bingung memahami konsep bilangan angka 1-5.
Praktik ini yang penting untuk dibagikan karena perlunya pemahaman konsep bilangan kepada anak usia 4-5 / kelompok A dalam berhitung angka 1-5 melalui permainan=permainan dengan metode belajar dan bermain, supaya anak lebih mudah memahami yang disapaikan oleh guru dan menarik bagi anak.
Peran dan Tanggung Jawab dalam praktik ini saya sebagai guru untuk anak mencapai tujuan tujuan yang dicapai. Dengan adanya dunia pendidikan anak usia dini dapat berfikir anak untuk jenjang pendidikan berikutnya.
TANTANGAN
Hal yang menjadi kendala saat menggunakan media loose part yaitu anak-anak masih mengalami kebingungan meletakkan media loosepart pada angka yang tertulis di kartu angka.
Yang Terlibat yaitu peserta didik kelompok A, teman sejawat, wali murid, dan kepala sekolah.
AKSI
Langkah-langkah yang dilakukan anak-anak didampingi saat meletakkan media loosepart disamping kartu angka tersebut.
Strategi dan Materi yang digunakan dengan menggunakan media loosepart dengan model pembelajaran kelompok, problem based learning, membawa media nyata loosepart, dan memanfaatkan media yang dapat didaur ulang, mengerti ciptaan Tuhan dan menyayangi tanaman di sekitar lingkungan.
Proses Pembelajaran
- Pembukaan (Kegiatan Fisik Motorik, Berdoa sebelum belajar, hormat bendera, mengucap pancasila, apersepsi macam-macam bunga, dan melihat video macam-macam bunga)
- Inti (Menghitung loosepart 1-5, menuliskanmacam-maca bunga dan mewarnai gambar bunga)
- Penutup (Istirahat, makan bekal, recalling, pesan moral, doa pulang, dan mengucap sanjak wangsul)
Proses
Media loosepart ditaruhkan disamping kartu angka yang telah disediakan.
Yang Terlibat :Â Anak Kelompok A, teman sejawat, wali murid, dan kepala sekolah.
Sumber daya yang diperlukan yaitu laptop, speaker, loosepart, pensil, penghapus, dan krayon.
REFLEKSI
Dampak dari Aksi langkah-langkah yang dilakukan yaitu respon anak yang lebih antusias dan anak-anak lebih mengerti konsep bilangan 1-5
Hasil dari penggunaan media loosepart sangat efektif untuk anak kelompok A yang menggunakan konsep menyenangkan, anak lebih faham konsep bilangan angka 1-5.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI