Oleh : Meike Imelda Wachyu, M.Pd.
Calon Guru Penggerak Angkatan 6
Tujuan Pembelajaran Khusus dari kegiatan Demonstasi kontekstual yakni :
CGP dapat menganalisis tentang visi dan prakarsa perubahan dari tayangan video praktik baik yang ada.
- CGP dapat mengidentifikasi kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan masing-masing tahapan B - A - G - J - A dari tayangan video yang ada.
- CGP dapat mengidentifikasi peran pemimpin pembelajaran dari tayangan video.
- CGP dapat menganalisis modal utama apa saja yang dimanfaatkan contoh video praktik baik ini.
Dalam menganalisis video yang ada di link https://youtu.be/YMflitCt1yI tentang pemanfaatan aset dengan BAGJA. Saya  kembali mengaitkan pengetahuan mengenai visi, prakarsa perubahan, dan BAGJA yang sudah didiskusikan pada modul 1.3 sebelumnya.
CGP di pandu dengan menggunakan pertanyaan - pertanyaan di bawah ini untuk membantu menganalisis video.
- Kira-kira apakah visi dari sekolah tempat guru dalam video tersebut mengabdi?
- Apakah prakarsa perubahan yang akan dilakukan oleh guru dalam tayangan video?
- Apakah Pertanyaan Utama dari kegiatan yang dilakukan oleh guru dalam tayangan video tersebut?
- Kegiatan/tindakan apa yang dilakukan oleh guru dalam tayangan video yang menggambarkan tahapan:
- B
- A
- G
- J
- A
- Apa peran pemimpin yang tergambar dalam tayangan video?
- Apa saja modal utama yang dimanfaatkan oleh pemimpin pembelajaran dalan tayangan video? lalu bagaimana pemanfataannya
Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah sebagai berikut :
- Kira-kira apakah visi dari sekolah tempat guru dalam video tersebut mengabdi?
Visi dari sekolah tempat guru dalam video tersebut mengabdi adalah  : Menciptakan suasana sekolah yang menyenangkan dan pembelajaran yang aktif,  kreatif, efektif, dan gembira.
- Apakah prakarsa perubahan yang akan dilakukan oleh guru dalam tayangan video?
Prakarsa perubahan yang dilakukan guru tersebut adalah mewujudkan lingkungan belajar / kelas yang nyaman dan menyenangkan untuk belajar.
- Apakah Pertanyaan Utama dari kegiatan yang dilakukan oleh guru dalam tayangan video tersebut?
Bagaimana cara mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan  untuk belajar?