Manajemen Pendidikan, merupakan sub keilmuan tentang  bagaimana mengatur dan menjalankan suatu proses pendidikan dapat berjalan dengan efisien dan efektif dalam setiap keadaan. Untuk mencapai target bahwa suatu proses pendidikan berjalan sesuai koridornya, maka perlu adanya pemahaman yang komplek tentang manajemen pendidikan itu sendiri. secara umum kita dapat mengklasifikasikan dengan 4 konsep manajemen, yaitu Planning, Organizing, Actuating, Controling.
Sebagai bahan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang fungsi manajemen maka penting juga untuk dipelajari . Adapun pendapat para ahli ini antara lain:
A. Menurut Henry Fayol
Pendapat pertama mengenai fungsi manajemen datang dari Henry Fayol. Fayol menjelaskan bahwa fungsi dari pelaksanaan manajemen ada lima, yaitu:
1. Planning
Fungsi pertama adalah planning atau perencanaan yang tidak berbeda jauh dengan fungsi manajemen secara umum. Fungsi perencanaan sendiri menurut Fayol adalah proses membuat dan melaksanakan perencanaan mengenai tujuan dan target suatu perusahaan atau organisasi.
Selain itu, dalam fungsi perencanaan ini juga terdapat proses menyusun strategi yang nantinya digunakan untuk mencapai tujuan perusahaan atau organisasi. Pencapaian tujuan tentunya membutuhkan sumber daya manusia yang merupakan unsur penting di dalam pelaksanaan manajemen.
2. Organizing
Fungsi kedua menurut Fayol adalah organizing atau pengorganisasian. Yaitu mensinkronkan sumber daya manusia, sumber daya alam, sumber daya fisik, dan juga sumber daya modal untuk mencapai tujuan atau target dari suatu perusahaan.
Sinkronisasi antara berbagai sumber daya ini penting agar bisa dimanfaatkan dengan maksimal. Setiap karyawan di suatu perusahaan kemudian bisa paham apa saja pekerjaan yang harus dilakukan. Sebab sudah diorganisir oleh pimpinan atau manajer yang memang ahli dalam hal manajemen.
3. Commanding