Mohon tunggu...
Megawati Sorek
Megawati Sorek Mohon Tunggu... Guru - Guru SDN 003 Sorek Satu Pangkalan Kuras Pelalawan Riau

Seorang guru yang ingin menjadi penulis

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Caping Sakti

9 Mei 2023   09:59 Diperbarui: 9 Mei 2023   10:38 309
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokpri : Koleksi Foto Megawati Sorek 

Dari kejauhan terdengar derap hentakan kaki kuda yang ramai. Semua penduduk desa terlihat tegang, memandang ke arah asal suara. Aku pun begitu. Tak lama sosok pria di atas kuda hitam terlihat, hanya sendiri. Semakin mendekati jalan desa, tepatnya pasar ini. Ia mengibaskan bendera dan setelah dekat meniup benda lancip dari tangannya yang berada ditangannya yang satu lagi. Oh, itu bertanda para pembesar kerajaan akan melintasi kampung ini. Semua bersiap berbaris dan meninggalkan aktivitas jual beli. Mereka berjejer membentuk jalur lewat dan menundukkan kepala. Aku menyelip di samping Pak Tua penjual pisang. Hentakan langkah kuda yang seperti berdesakan semakin dekat. Kami tak tahu rupa mereka seperti apa, setelah itu kuda yang ditengah terhenti diikuti kuda yang di belakangnya.

 "Pengawal!" suara bariton pria terdengar khas berwibawa. "Bawa dia kemari!" Itu kalimat perintah, aku tak tahu siapa yang dimaksud. Kami semua masih tertunduk dalam sekapan kegugupan yang menggunung. Balutan ketakutan masih erat mengukung. Dua tangan kekar, tiba-tiba mencengkram kedua lenganku, serta menyeret mengikuti langkah mereka. Kakiku begitu berat, diikuti napas yang sesak. Apa yang akan mereka lakukan? Aku dan mungkin yang lainnya makin menunduk lebih dalam. Dari ujung mata dapat kupastikan aku dipaksa bersimpuh tepat di depan rombongan. 

"Kisanak, saya tahu seorang wanita, apakah Nyimas seorang mata-mata?" Aku menggeleng cepat, dengan menghentakkan kedua tangan dari pengawal. Aku melakukan hormat, mati aku penyamaran akan terbuka. Belum sempat aku berkata-kata. Lelaki tua penjual pisang di sampingku tadi, telah pun bersimpuh tepat merapat didekatku.

 "Ampun, baginda paduka beribu-ribu ampun, Nyimas ini adalah anak gadis hamba. Sengaja berpakaian seperti lelaki agar tidak diganggu oleh orang jahat." Suaranya bergetar menandakan gugup. Sementara ujung kakinya mencolek ujung kakiku.

 "Angkat wajah kalian berdua!" Paduka raja mungkin ingin melihat wajah kami dengan jelas. Kami melakukan hal yang ia pinta. Capingku masih menutupi mata, hanya memperlihatkan bagian hidung dan bibir. 

"Caping, buka!" pengawal yang tadi menyeretku yang berada di samping kiri kanan kami dengan cepat menarik paksa capingku. Mataku bersitatap dengan sang penguasa. Sorot tajam itu memandangi dengan penuh amarah. 

"Adinda! Pulang, keluyuran rupanya selama Kanda berburu!" hardik baginda dengan kesal. Ia telah hafal kebiasaanku yang hobinya blusukan dengan menyamar. Tunggu, apa maksud pedagang pisang itu membuat cerita seakan ingin melindungiku tadi.

 "Tangkap, lelaki tua ini!" Telunjukku mengarah ke sasaran. Gantian, kali ini aku yang memberi intruksi kepada para pengawal. 

Why?

 ~

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun