Mohon tunggu...
Megawati Sorek
Megawati Sorek Mohon Tunggu... Guru - Guru SDN 003 Sorek Satu Pangkalan Kuras Pelalawan Riau

Seorang guru yang ingin menjadi penulis

Selanjutnya

Tutup

Book

Novel "Bu Guru, I Love You", Antologi Cerpen "Entahlah" Buku Apaan Sih?

19 Desember 2022   15:00 Diperbarui: 19 Desember 2022   15:01 210
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Novel dengan tampilan cover didominasi dengan warna merah berpadu dengan putih itu begitu Indonesia. Maksudnya sama dengan warna negara kita lho. Novel berjudul Bu Guru, I Love You adalah novel yang ditulis oleh seorang guru bernama Megawati Sorek bukan Megawati Tanpa Soekarno Putri ya. Berlatar belakang seorang pendidik maka buku novel solo perdana miliknya ini bercerita tentang dunia pendidikan. Memang untuk memulai menulis itu akan mudah jika sesuatu yang dekat dengan dunia kita, yang disukai dan dikuasai tentunya.

Novel Bu Guru, I Love You diterbitkan oleh penerbit Pilar Pustaka yang semakin berkembang dan terus menerbitkan berbagai buku. Pada pihak penerbitan menyediakan jasa pembuatan cover, lay-out, serta penyunting.  Novel ini memiliki nomor ISBN yaitu 978-623-5681-88-7 di cetak pada bulan Februari 2022. Jumlah halamannya adalah 173 halaman.

Buku ini penuh juga dengan pesan moral pendidikan. Pada halaman 14 sampai 15 terselip pada dialog antara guru dan wali murid membahas mengenai pedagogik. Tak lupa unsur romansa mengiringi konflik pada cerita.

Berikut blurb ceritanya :

Rania seorang gadis yatim yang bekerja sebagai guru honorer. Ia tak menyangka ketika akan menanggani siswa yang bermasalah justru terlibat jauh dengan masalah keluarga siswa tersebut.

Bagaimana Rania menyelesaikan masalahnya dengan Dimas--siswanya tersebut? Papanya Dimas yang semula dingin akankah berubah sikap? Apa yang harus dilakukan oleh Raniamenghadapi kekasihnya yang posesif? Bagaimana pula ia menghadapi kenyataan pahit akibat aksi mamanya Dimas yang jahat?

O, iya buku ini pada cetakkan pertamanya sudah berjumlah 100 eksplemplar, dengan harga jual hanya Rp73.000 saja lho. Novel ini sangat saya rekomendasi bagi para guru sebagai bacaan literasi pendukung. Serta dipajang untuk koleksi perpustakaan sekolah-sekolahnya ya. 

Sedangkan buku kumpulan cerpen dengan judul "Entahlah" berisi gabungan beberapa cerpen dengan berbagai genre.Jumlahnya ada 39 cerita. Kita seakan bisa dikatakan bertualang dari satu cerita ke cerita lainnya. Ada horornya, slice of life,  komedi serta roman. Buku kumcer ini diterbitkan oleh penerbit Prabu Dua Satu. Jumlah halamannya 191 halaman. Cover dengan warna hitam dengan gambar berbagai emotikon menggambarkan isinya yang dengan berbagai emosi.  Cetakan yang sudah terjual adalah 40 eksemplar. Blurbnya adalah sebagai berikut : 

Ketika kata "Entahlah" terucap itu bukan hanya berarti ketidaktahuan. Namun, sebenarnya bisa jadi sebuah ungkapan kepasrahan  dari tanggapan yang diberikan, yah, boleh dikatakan tidak tahu harus berkata apalagi. Kupilih kata Entahlah menjadi judul pada buku kumpulan cerita pendek yang ngalur ngidul ngawur. Hanya bacaan ringan, tetapi begitu sarat makna.  Besar harapan manfaat buku ini bukan hanya sebagai hiburan semata. Sama-sama kita ambil ibrah dan sisi positifnya. Jadilah, entahlah!

Harapan, lagi, lagi harapan dan tak berhenti berharap para pembaca terbuka hatinya untuk berminat membaca kedua buku ini. Dijamin akan terhanyut, hanyut ke mana? Ke hatimu dong, eaaa. Catat ini ya nomor kontak yang bisa dihubungi jika tergoda bisa menghubungi di 0852-7198-8884. Ok, ditunggu deh orderannya. Salam literasi!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Book Selengkapnya
Lihat Book Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun