Mohon tunggu...
Mega Silvia
Mega Silvia Mohon Tunggu... Freelancer - mahasiswa

hobi mencoba suatu hal baru

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Komunikasi Massa Menurut Werner

26 Juli 2023   19:42 Diperbarui: 26 Juli 2023   19:49 67
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

komunikasi massa menurut werner

Konsep komunikasi massa

komunikasi massa memiliki 3 ciri -- ciri yaitu :

1.Komunikasi massa di arahkan kepada audiens yang relative besar , heterogen dan anonym.

2. Pesan -- pesan yang di sebarkan secara umum , sering di jadwalkan untuk bisa mencapai sebanyak mungkin anggota audiens secara serempak dan sifatnya sementara .

3. Komunikator cenderung berada atau beroperasi dalam sebuah organisasi yang kompleks yang mungkin membutuhkna biaya yang besar.

Peranan teori 

Teori merupakan pernyataan umum yang merangkum pemahaman kita tentang cara dunia bekerja .Dalam bidang komunikasi massa sebagian teori -- teori kita pada masa lalu bersifat implisit.

Tujuan komunikasi massa :

1. Untuk menjelaskan pengaruh -- pengaruh komunikasi massa.

2. Untuk menjelaskan manfaat komunikasi massa yang di gunakan oleh masyarakat.

3. Untuk menjelaskan pembelajaran dari media massa.

4. Untuk menjelaskan peran media masa dalam pembentukan pandangan -- pandangan dan nilai --  nilai masyarakat.

Perubahan teori komunikasi massa, diantaranya yaitu :

1. Adanya perhatian lebih besar terhadap penggunan komunikasi massa daripada sebelumnya.

2. Ada pergeseran menuju ilmu kognitif atau pendekatan pada proses informasi.


Teori kritis dan kajian budaya 

  • Kelompok kritis memnggunakan pendekatan yang lebih filosofis , menekankan pada struktur social yang lebih luas dimana komunikasi massa itu terjadi dan fokus pada siapa yang mengontrol suatu system komunikasi .

  • Pendekatan kajian komunikasi massa lainnya adalah pendekatan kajian budaya . pakar teori budaya mengkaji lingkungan simbolik yang di ciptakan oleh media massa dan mempelajari peranan media massa pada sector budaya dan kemasyarakatan.

  • HALAMAN :
    1. 1
    2. 2
    3. 3
    Mohon tunggu...

    Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
    Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
    Beri Komentar
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

    Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun