RevoU setiap bulannya selalu mengadakan program Mini Course gratis dan terbuka untuk umum. Saya mendapat kesempatan untuk mengikuti Mini Course Digital Marketing RevoU yang berlangsung mulai tanggal 8 hingga 19 Juli 2024.
Kali ini, saya akan membagikan pengalaman dan testimoni selama mengikuti kelas tersebut hingga lulus serta mendapatkan e-sertifikat dari RevoU!
Jadwal Mini Course
Kursus digital marketing gratis ini berlangsung selama dua minggu secara live season melalui Zoom atau YouTube. Mini Course berlangsung mulai pukul 19.00-21.00 WIB setiap hari Senin hingga Jumat.
Jadwal live season Mini Couse seperti ini pastinya tidak akan mengganggu aktivitas harian terutama bagi para pekerja kantoran. Inilah yang menjadi salah satu alasan saya mengikuti kursus RevoU.
Menurut saya, pembahasan selama kurang lebih 2 jam terasa terlalu singkat. Kenapa? Tentu saja karena materi yang disampaikan sangat menarik dan up to date, jadi benar-benar menambah wawasan.
Digital Marketer Profesional yang menjadi pemateri juga menyampaikan pokok bahasan dengan sangat jelas, mudah dipahami, dan pastinya menyenangkan untuk diikuti. Kesempatan bagus untuk mendapat ilmu sekaligus tanya jawab hingga berdiskusi dengan para ahli digital marketing!
Materi yang Dipelajari
Materi apa saja yang dipelajari di Mini Couse Digital Marketing RevoU? Secara umum, Mini Course kali ini membahas mengenai digital marketing dengan spesifikasi materi channel Digital Marketing berupa SEO (Search Engine Optimization).
Nah, berikut ini materi yang dipelajari dalam Mini Course RevoU selama 2 minggu, yaitu:
1. Hari Pertama
Kak Ega Adi Surya dan Kak Yudystira Pradana menjadi pemateri utama di hari pertama Mini Course kali ini. Materi pertama yang disampaikan masih sangat umum berisi perkenalan mengenai RevoU dan beragam course yang dimilikinya.
Pada hari pertama ini, pemateri juga menyampaikan pendahuluan tentang pentingnya digital marketing terutama di era serba digital ini dan apa saja yang perlu dipelajari.
Di sini, saya paham bahwa digital marketing saat ini diperlukan di berbagai bidang, bukan hanya fokus pada industri bisnis. Selain itu, cakupan digital marketing juga sangat luas dan banyak yang harus dipelajari.
Misalnya, jenis-jenis digital marketing, tools, technical/ soft skills yang dibutuhkan seorang digital marketer, channel specialization digital marketing, dan lainnya.
2. Hari Kedua
Live season hari kedua diisi oleh materi yang disampaikan Kak Yudystira Pradana. Bahsan pokok pada hari kedua ini, meliputi Product Marketing, Marketing Communication, dan Channel Digital Marketing.
Channel Digital Marketing yang dimaksud berupa Google Ads, Facebook Ads, CRM, SEO, Social Media, Content Marketing, dan lainnya. Pemilihan channel yang tepat menjadi kunci utama untuk keberhasilan digital marketing.
Berikut ini saran channel digital marketing yang dapat dipilih ketika ingin mendapat customer baru (acquisition), yaitu:
- Content Marketing
- SEO
- Paid Search
- Display Advertising
- Retargeted Ads
- Paid and Organic Social Media
- Website Landing Pages
Berikut ini saran channel digital marketing yang dapat dipilih ketika ingin mempertahankan customer (retention), yaitu:
- CRM
- Email Direct Marketing
- Push Notifications
- Retargeted Ads
- On Site Web dan App Management
3. Hari Ketiga
Kak Diki Atmodjo secara mendalam membahas mengenai search intent dan riset keyword pada hari ketiga Mini Course Digital Marketing. Pembahasannya sangat menarik dan memang dimulai dari tindakan paling dasar untuk memulainya.
Materi ini membuat saya mengingat kembali langkah-langkah dasar untuk memahami search intent dan melakukan riset keyword dengan efektif dan efisien.
Secara khusus, pengetahuan yang diperoleh melalui penyampaian materi Kak Diki, saya kembangkan lagi menjadi artikel "Apa Itu Search Intent? Pengertian, Cara Optimasi, dan Contohnya" dan "9+ Cara Riset Keyword Gratis, Komponen Penting, dan Contohnya".
4. Hari Keempat
Live season kali di hari keempat ini juga masih dipandu oleh Kak Diki Atmodjo dengan bahasan SEO Content Planing. Kak Diki kembali menjelaskan mengenai dasar-dasar cara untuk melakukan analisis konten kompetitor yang efektif dan efisien.
Jenis analisis ini memang sangat dibutuhkan untuk membuat konten yang mampu bersaing dengan konten lainnya di pencarian Google. Pada hari keempat ini, Kak Diki juga memberikan contoh secara langsung dalam melakukan analisis konten kompetitor hingga membuat contoh brief artikel konten.
5. Hari Kelima
Kak Rani Aprilia menyampaikan materi yang sangat menarik mengenai cara dan tips untuk memulai karir sebagai digital marketer. Selain itu, Kak Rani juga memberikan infomasi peluang karir digital marketer yang ternyata masih terbuka lebar terutama pada era digital seperti sekarang.
Live season kali ini juga menjawab ketakutan-ketakutan peserta yang ingin beralih profesi menjadi digital marketer. Selain itu, disampaikan pula skill yang harus dikuasai agar menjadi seorang qualified talent digital marketer.
Hard skills yang dimaksud berupa Marketing Analytics, Budget Allocation, Performance Marketing, Social Media Marketing, SEO, SEM, dan lainnya. Sementara soft skill yang sebaiknya dikembangkan adalah experimental mindset, creative thinking, collaborative, team work, eagerness to learn, communication, dan lainnya.
6. Hari Keenam
Hari keenam lebih fokus mempelajari mengenai Social Media Ads atau iklan melalui media sosial. Selain itu, live season kali ini juga mempelajari tentang cara menghitung website conversions, hingga cara mendapatkan leads.
7. Hari Ketujuh
Kak Devi Apriyanti Walean menyampaikan materi tentang anatomi portfolio yang baik untuk seorang digital marketer. Selain itu, ada juga review dan feedback secara langsung terhadap portfolio peserta Mini Course yang sudah dikirim sebelumnya.
8. Hari Kedelapan
Kak Irvandias Sanjaya kali ini menjelaskan tentang tips dan trik menghadapi interview atau wawancara kerja dengan baik. Selain itu, ada juga sesi latihan interview secara langsung dengan peserta Mini Course.
9. Hari Kesembilan
Live season hari kesembilan Mini Course Digital Marketing RevoU diisi oleh Kak Selli yang menyampaikan materi mengenai "How to Get On Google's First Page with Simple SEO Keyword Research".
10. Hari Kesepuluh
Pada hari terakhir pembahasan fokus pada review case study yang telah dikerjakan oleh para peserta. Selain itu, Kak Arvin juga memberikan tips untuk menempatkan case study yang baik ke dalam portfolio.
Apa Benefit yang Didapatkan Setelah Ikut Mini Course RevoU?
Tentu saja banyak benefit atau manfaat yang bisa diperoleh selama mengikuti Mini Course Digital Marketing. Nah, berikut ini beberapa benefit yang saya peroleh, yaitu:
- Benefit pertama yang didapatkan tentu saja bisa mengikuti Mini Course secara gratis, tanpa bayar! Meskipun gratis, materi yang disampaikan selama live season sangat berbobot dan penting terutama bagi pemula yang ingin mengenal digital marketing.
- Kesempatan mendapat ilmu secara langsung dari Digital Marketer Profesional, bahkan melakukan tanya jawab, feedback case study, latihan interview, hingga feedback portfolio.
- Banyak ilmu dan materi baru yang dipelajari terutama berkaitan dengan Digital Marketing.
Secara pribadi, saya mendapat lebih banyak ilmu yang up to date terkait SEO sebagai channel digital marketing. Saya sangat menyukai materi mengenai SEO Content Planning dan How to Get On Google's First Page with Simple SEO Keyword Research.
Kenapa? Tentu saja karena dua pokok materi tersebut sangat bermanfaat untuk membantu saya upgrade skill sebagai Freelance Content Writer. Saya pun semakin bersemangat untuk mengembangkan website Pena Penulis dan media sosial Instagram @loker.penulis.
Dua platform tersebut memang baru saya mulai kembangkan untuk berbagi berbagai informasi terkait dunia kepenulisan. Melalui keduanya, saya membagikan informasi terbaru tentang lowongan kerja penulis, lomba menulis, kelas menulis, hingga tips dan materi menulis.
Catatan dan rangkuman dari Mini Course Digital Marketing RevoU kali ini juga saya kembangkan menjadi artikel di website. Misalnya, artikel tentang search intent, cara analisis kompetitor, cara riset keyword, dan lainnya.
Penugasan, Tes, dan E-Sertifikat
Selama kegiatan Mini Course Digital Marketing ini berlangsung, ada dua penugasan atau Case Study yang bisa dikerjakan. Case Study yang dikerjakan mengenai riset keyword hingga pembuatan brief artikel SEO. Hasil Case Study juga akan mendapat review dan feedback langsung dari pemateri.
Selain Case Study, ada juga tes yang harus dikerjakan ketika Mini Course berlangsung. Alhamdullilah, saya bisa menyelesaikan tes dan lulus, sehingga memperoleh e-sertifikat dari RevoU.
Mini Course Digital Marketing RevoU sangat menguntungkan karena banyak benefit yang bisa diperoleh. Saya sendiri sebagai Freelance Content Writer yang sedang mengembangkan website Pena Penulis dan Instagram @loker.penulis merasa belajar banyak hal selama mengikuti Mini Course.
Jika Anda juga tertarik mengikuti Mini Course RevoU, maka langsung saja cek kelas Mini Course RevoU terbaru dan langsung mendaftar ya!
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H