Oleh: Alifia Putri Yudanti
DALAM bekerja, kita kerap kali kehilangan fokus untuk menyelesaikan tugas yang diberikan. Padahal, tenggat waktu sudah dekat, tapi tetap saja kita susah untuk fokus.
Untuk mengatasinya, kita perlu menerapkan mindfulness agar pikiran tetap berkonsentrasi pada tujuan. Dengan mindfulness, pikiran kita juga jadi lebih tertata untuk menentukan prioritas.
Tak hanya itu, Mia Marine dalan siniar Smart Inspiration edisi Smart Career bertajuk "Mindfulness dalam Dunia Kerja" menambahkan bahwa mindfulness, "Bisa bikin kita jadi lebih tenang dan teratur dibandingkan panikan yang bikin nular."
Untuk menumbuhkan mindfulness, diperlukan latihan rutin. Dilansir dari situs Mindful, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan.
Pastikan Diri Hadir Secara Penuh
Saat berada di tempat kerja, perhatian kita harus tertuju pada pekerjaan. Jangan sampai kita memikirkan hal lain yang kehadirannya tak tampak di mata. Hal ini bisa membuat kita menyelesaikan pekerjaan lebih cepat.
Kita bisa memulainya dengan melakukan meditasi sepuluh menit sebelum memulai pekerjaan. Kosongkan pikiran dan fokuslah pada hal-hal yang akan diselesaikan saat berada di kantor.
Hal ini juga berlaku sebaliknya. Saat berada di rumah, kita harus memaksimalkan waktu untuk menyenangkan diri. Jangan memikirkan pekerjaan saat berada di luar kantor karena bisa membuat waktu untuk diri sendiri terganggu.
Jangan Multitasking
Melakukan banyak pekerjaan dalam satu waktu ternyata bisa memecah konsentrasi kita. Terkadang, kita bahkan tak bisa menyelesaikan semuanya dalam satu hari.
Meskipun terdengar keren, nyatanya tak ada manusia yang mampu multitasking. Otak kita justru akan lebih mudah kehilangan memori karena beban yang ada di kepala terus silih berganti.
Untuk menghindarinya, kita bisa membuat daftar prioritas yang harus dikerjakan pada hari itu. Jika memiliki banyak pekerjaan, pilihlah tiga teratas yang jangka waktunya paling dekat dan memberikan impact paling besar.
Beristirahat Jika Lelah
Bekerja terus-menerus bisa membuat kita lelah. Badan yang tak sehat pun membuat kita sulit bekerja dengan maksimal. Maka dari itu, istirahatkanlah badan sesekali.
Meregangkan badan bisa membuat kita rileks. Hal ini tentunya akan berdampak pada hasil pekerjaan. Jangan lupa juga untuk menyantap makan siang jika telah memasuki waktu istirahat. Makan siang berguna untuk menambah energi kita kembali.
Bekerja Secara Perlahan
Saat bekerja, kita tak boleh terburu-buru. Pekerjaan yang dilakukan secara terburu-buru malah membuatnya tak maksimal. Alhasil, performa kita pun menurun.
Alih-alih seperti itu, lebih baik kita mengerjakannya secara perlahan. Cek dan cermati kembali apakah ada hal-hal yang terlewat. Hal ini dibutuhkan karena hasil akhir dalam dunia kerja sangat diperuntungkan bagi perusahaan.
Kembangkan Growth Mindset
Pola pikir berkembang (growth mindset) adalah salah satu cara untuk melatih mindfulness. Dengan pola pikir ini, kita mampu berpikir jauh ke depan dan mengesampingkan asumsi-asumsi negatif.
Growth mindset bisa membuat kita fokus pada hal-hal yang ingin dikembangkan. Alih-alih melihat pencapaian orang lain, kita akan berusaha untuk menggapai tujuan hidup dengan memaksimalkan potensi diri.
Jadi, mindfulness dalam dunia kerja adalah hal yang penting dimiliki oleh para karyawan. Pemikiran ini mampu mendorong kita untuk menjadi pribadi yang lebih baik karena mampu memisahkan kehidupan pekerjaan dengan personal.
Dengarkan perbincangan lengkap seputar mindfulness dalam dunia kerja hanya melalui siniar Smart Inspiration edisi Smart Career bertajuk "Mindfulness dalam Dunia Kerja" di Spotify. Ikuti juga siniarnya agar kalian tak tertinggal tiap ada episode terbarunya!
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H