Mohon tunggu...
Medio Podcast Network
Medio Podcast Network Mohon Tunggu... Lainnya - Medio by KG Media

Medio, sebagai bagian dari KG Radio Network yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut. Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

7 Tips Sukses Memasarkan Bisnis Kuliner Secara Online

16 Maret 2022   22:59 Diperbarui: 16 Maret 2022   23:22 561
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi Makanan (freepik.com)

Oleh: Zahra Fadhilah

Bisnis kuliner merupakan salah satu jenis bisnis yang diprediksi akan terus berkembang.

Hal tersebut dikarenakan kuliner merupakan kebutuhan pokok yang dibutuhkan setiap individu. 

Saat ini, banyak usaha makanan yang dipasarkan melalui online seperti media sosial tanpa harus repot membangun warung atau restoran.

Jika strategi pemasaran bisnis kuliner online sesuai, kamu dapat membangun, memperluas pasar, dan meningkatkan penjualan.

Nah, untuk kamu yang ingin memasarkan produk makanan secara online, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar bisnis kamu berhasil dan sukses.

1. Memasarkan Produk Dengan Foto yang Menarik

Kekuatan promosi kuliner online di media sosial adalah foto makanan yang menarik.

Untuk membuat foto makanan tidak perlu mengeluarkan budget yang mahal, cukup dengan kamera ponsel dan kamu bisa memanfaatkan editing.

Namun, apabila ada modal lebih untuk promosi, kamu bisa menggunakan jasa foto produk secara profesional.

Hal ini akan membuat foto produk makanan kamu lebih enak dilihat.

2. Manfaatkan Media Sosial

Setelah memiliki foto yang bagus, kamu bisa memasarkan produk makanan melalui media sosial seperti Instagram, Facebook, atau Twitter.

Selain itu, kamu bisa menunjukan daftar pilihan menu, event atau promo diskon, informasi terbaru terkait bisnis kuliner kamu, serta penawaran menarik.

Pastikan target pasar di media sosial tepat sasaran, agar cepat dikenal oleh pasar sekitar.

3. Riset Pasar

Riset pasar merupakan salah satu hal penting sebelum memasarkan produk.

Hasil riset berguna untuk menentukan pelanggan, sehingga konsep berbisnis kuliner memilih arah yang tepat sebelum dipasarkan.

Hasil riset juga membantu kamu dalam menentukan kemasan, berjualan, dan strategi pemasaran yang akan digunakan.

4. Menggunakan Kemasan Menarik

Buat konsep unik untuk memberikan kesan pertama sebelum pelanggan mencicipi produk kamu. Jangan lupa untuk sesuaikan target pasar dengan produk makanan.

Apabila target pasar adalah generasi Z, kamu harus rajin riset kemasan apa yang sedang populer dan disukai anak muda saat ini.

Pilihlah warna-warna terang yang menarik seperti merah, pink, kuning, oren, atau hijau. 

5. Memberikan Promosi Unik

Promosi yang unik akan mencuri perhatian dan menarik banyak pelanggan.

Kamu bisa memberikan penawaran unik di hari-hari khusus dengan syarat tertentu.

Seperti "Beli 1 Gratis 1 Setiap Hari Jumat Pukul 17.00-18.00".

Selain itu, kamu juga bisa memberikan promo untuk ulang tahun atau diskon di hari-hari penting seperti flash sale. 

6. Pasarkan Lewat Marketplace

Memasarkan produk melalui marketplace saat ini menjadi salah satu cara mudah untuk berbisnis.

Saat ini ada berbagai pilihan marketplace seperti Shopee, Gofood, Lazada, dan lainnya.

Selain pelanggan merasa aman, pembelian melalui marketplace membuat pelanggan mudah mengakses dan lebih terkontrol karena sistem yang digunakan sudah sangat canggih.

7. Endorse Influencer

Strategi endorse influencer yang memiliki pengaruh besar dalam memasarkan produk makanan secara online.

Pastikan influencer yang kamu ajak kerjasama untuk mempromosikan produk makanan memiliki pengikut yang sesuai dengan kriteria bisnis makanan kamu.

Biasanya, influencer memiliki rate card tertentu jika kamu ingin dipromosikan produknya.

Maka dari itu dipilah terlebih dahulu influencer yang sesuai dengan kebutuhan bisnis kamu agar tidak salah target sasaran.

Yuk, dengar tips selengkapnya di kanal siniar (podcast) Cuan - Cari Untung Bareng Teman oleh Motion FM di Spotify. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun