Seiring dengan berkembangnya zaman, banyak orang ingin membuka bisnis. Salah satu bisnis yang ramai akhir-akhir ini adalah bisnis event organizer atau yang biasa dikenal dengan EO.Â
Bisnis kreatif yang satu ini merupakan jasa yang menggelar atau menjalankan suatu acara. Biasanya jasa EO digunakan pada acara pernikahan, ulang tahun, lamaran, konser musik, seminar, bahkan lokakarya (workshop).Â
Banyak orang tertarik dengan bisnis ini, karena biaya modal awal yang relatif tidak mengeluarkan banyak biaya. Selain itu, usaha ini juga potensial karena dibutuhkan oleh banyak pihak untuk beragam jenis acara yang memerlukan bantuan EO.
Nah, untuk kamu yang ingin membuka bisnis EO, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar bisnis kamu berhasil dan sukses.
1. Menentukan Arah Pasar
Saat ingin membangun bisnis event organizer, kamu harus menentukan arah bisnis terlebih dahulu. Apakah akan menjadi spesialis atau bersifat umum.Â
Bagi kamu yang pemula, disarankan terlebih dahulu mengurusi hal seperti konser musik, wedding ceremony, pameran, atau seminar. Jika perusahaan kamu bertahan dan berkembang, maka bisnis EO ini bisa dikembangkan ke pasar yang lebih luas.Â
2. Memikirkan Konsep
Konsep yang tepat dapat menggambarkan kualitas sebuah acara. Maka dari itu, kembangkanlah kreatifitas kamu untuk memikirkan ide, menyampaikan ide , penyelenggaraan acara, hingga relasi yang menjadi pelengkap kemulusan sebuah acara.
Jangan takut untuk mewujudkan ide gila yang inovatif tapi bisa diterima masyarakat. Sebaiknya, hindari penawaran ide yang monoton. Usahakan menemukan ide yang menarik dan berbeda.