Mohon tunggu...
Media Trawlbens
Media Trawlbens Mohon Tunggu... Lainnya - Trawlbens adalah jasa pengiriman barang atau aplikasi cargo pertama di Indonesia
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Trawlbens adalah start-up cargo pertama di dunia yang berkomitmen untuk memudahkan Anda untuk mengirim barang dengan murah dan aman. Kami juga ingin memberikan peluang kepada Anda untuk meraih kesuksesan dengan menjadi Mitra TrawlBens.

Selanjutnya

Tutup

Money

6 Cara Branding Produk yang Baik agar Dikenal Konsumen

3 Juli 2021   11:52 Diperbarui: 3 Juli 2021   11:57 251
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

TrawlbensBusiness - Membuat suatu produk agar dikenal di masyarakat luas, merupakan satu strategi dasar agar masyarakat bisa mengenal dan mengetahui produk tersebut. Prinsip 'tak kenal maka tak sayang', menjadi hal yang penting di sini. Bagaimana masyarakat bisa membeli produk jika mereka bahkan tak mengenal produk yang Anda juga? 

Cara branding produk yang baik agar dikenal konsumen sebenarnya tidak bisa dikatakan hal mudah, namun bukan berarti tak mungkin dilakukan. Terlebih dengan berbagai kanal online yang saat ini sudah bisa digunakan secara gratis, aktivitas brand activation bisa dilakukan dengan budget lebih terjangkau. Tetap kami sarankan menggunakan kombinasi media berbayar dan media gratis, karena hal ini bisa jadi yang paling efektif untuk dilakukan. Namun jika tidak memungkinkan, maka media online yang gratis juga bisa jadi opsi menarik.

Lalu bagaimana cara branding produk yang baik agar dikenal konsumen secara luas? berikut sedikit tips dan triknya.

Pastikan Nama Brand yang Singkat, Mudah Diingat, dan Mudah Diucapkan

Pengucapan nama brand yang singkat, jelas, mudah diingat, dan mudah diucapkan, jadi rekomendasi pertama dari kami. Dengan memiliki nama brand yang demikian, produk akan lebih mudah familiar di telinga masyarakat, sehingga mudah untuk semakin dikenal. Misalnya saja, Apple, kemudian Windows, kemudian McD, atau HokBen yang belakangan melakukan rebranding, semua berorientasi pada kemudahan pengucapan, kata yang singkat, serta mudah diingat.

Jadi jika ingin membuat produk Anda dikenal dengan lebih cepat dan efektif, Anda bisa menggunakan tips pertama ini untuk memilih nama brand yang akan Anda jadikan andalan.

Apa Ciri Khasnya?

Setiap produk yang terkenal dan digunakan oleh masyarakat luas selalu memiliki ciri khas yang otentik, sehingga menjadi faktor pembeda untuk produk pesaingnya. Ciri unik ini juga yang akan menguatkan citra brand di mata masyarakat, sehingga lebih mudah diasosiasikan dengan hal-hal yang dekat dengan masyarakat. Meski mungkin produk yang Anda buat atau luncurkan memiliki banyak kesamaan, namun titik beratkan exposure pada hal-hal unik yang tak dimiliki produk lain.

Ingat, untuk menjadi terlihat Anda harus menjadi yang terbaik, atau yang paling berbeda. Jadi, temukan keunikan dalam produk Anda, atau buat keunikan tersebut!

Logo Menjadi Cerminan Produk

Logo yang Anda gunakan juga wajib menjadi cerminan dari produk yang akan Anda jual. Pemilihan logo, tekstur, garis yang digunakan, warna yang melekat pada logo, dan segala macam bentuk dan akses, harus dipikirkan dengan serius agar nantinya produk bisa lebih pop-out ketika bersaing di pasaran. Anda juga bisa sedikit belajar mengenai psikologi warna agar lebih memahami apa efek yang diberikan dengan penggunaan warna-warna tertentu pada logo dan nama produk.

Logo sebaiknya diformulasikan dengan dasar nilai produk yang Anda miliki, sehingga semangat dari produk tersebut bisa sampai ke konsumen yang menjadi sasaran Anda!

Lakukan Promosi dengan Iklan

Jika iklan yang Anda pikirkan adalah iklan yang dipasang di baliho besar di tepi jalan, mungkin Anda perlu mencari alternatif lain. Memang iklan seperti itu bisa jadi satu cara efektif, namun jika budget belum mencukupi, Anda bisa menggunakan alternatif lainnya. Anda bisa menggunakan platform gratis untuk membuat iklan dan promosi. Akun instagram, akun Twitter, atau mempromosikan produk dan brand dengan akun pribadi Anda bisa jadi cara yang cukup efektif untuk langkah pertama.

Manfaatkan berbagai kanal yang tersedia, dan jangan selalu mengacu pada platform berbayar yang bisa menghabiskan banyak uang Anda.

Ikuti Bazar atau Pameran, secara Online

Dengan segala keterbatasan yang saat ini dimiliki, Anda masih bisa mengikuti bazar dan pameran secara online untuk mengenalkan produk Anda sekaligus berjualan. Bazaar atau pameran online ini kini banyak digelar sebagai media promosi untuk produk dan tenant baru, sehingga mendapat paparan perhatian masyarakat yang mengikuti kegiatan tersebut.

Maksimalkan Media Sosial, dan Curi Perhatian Masyarakat

Media sosial tak dapat dipungkiri jadi satu cara baru yang revolusioner untuk memasarkan produk dan melakukan promosi. Sejak hadirnya media sosial, peluang bisnis terbuka semakin lebar sehingga hampir setiap orang kini bisa melakukan bisnis dengan dana awal yang terbatas. Tak sedikit pula orang yang memulai bisnis dengan hanya menjual konsep dan menunggu orang lain yang tertarik, dan memiliki modal untuk mendukungnya.

Formulasikan langkah unggahan dan aktivitas media sosial Anda, dan dapatkan perhatian masyarakat luas secara cepat.

 

Nah itu tadi 6 langkah yang bisa Anda gunakan untuk melakukan branding produk dengan baik agar mendapatkan perhatian masyarakat. Semoga tips tersebut berguna, dan selamat mencoba!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun