TrawlbensBusiness - Aktivitas kirim paket dari satu tempat ke tempat lain merupakan hal yang sangat wajar dilakukan. Terlebih pada kondisi sekarang, dimana perdagangan bisa difasilitasi dengan keberadaan internet dan marketplace yang bisa diakses oleh siapa saja. Anda yang mungkin memiliki bisnis online tentu sepakat dengan hal ini, dan pengiriman paket telah menjadi satu rutinitas yang menandakan bahwa usaha Anda terus berkembang dan mendapat pelanggan setia.
Sebagai pengusaha tentu juga akan merasakan betapa pandemi kali ini membawa banyak pengaruh untuk bisnis yang Anda kelola. Penurunan permintaan, penurunan jumlah pengiriman, dan masih banyak dampak negatif lain yang dirasakan oleh sektor bisnis. Secara langsung hal ini akan berdampak pada omset keseluruhan. Meski secara berangsur-angsur daya beli kembali meningkat, namun hingga saat ini yang bisa dipastikan adalah usaha dari sisi Anda sebagai pemilik bisnis.
Kali ini terkait dengan upaya mempertahankan bisnis yang Anda kelola ada beberapa tips kirim paket dan promosi yang bisa Anda berikan untuk kembali menarik perhatian publik.
1. Â Berikan Promo Pengemasan yang Aman
Tak hanya menawarkan produk yang menarik, berikan juga bonus packing yang aman untuk barang yang dibeli di toko Anda. Dengan begini pelanggan akan merasa barang yang dibeli lebih terjamin dari sisi keamanan, sehingga mereka juga bisa merasa lebih percaya dengan bisnis yang Anda kelola.
2. Â Pastikan Barang yang Dikirim Sampai dengan Selamat
memang untuk urusan keselamatan barang, Anda hanya bisa memaksimalkan dengan memberikan stiker Fragile atau memberikan packing kayu. Namun setidaknya dengan dua usaha ini, Anda sudah memastikan semua hal yang Anda bisa untuk membuat barang tersebut sampai dengan selamat ke tangan penerima.
3. Â Promo Packing Kayu
Biasanya packing kayu diberikan dengan tambahan ongkir yang lumayan. Nah Anda juga bisa memberikan promo untuk gratis packing kayu ketika minimal pembelian pada jumlah tertentu tercapai. Mungkin secara langsung Anda harus menambah biaya produksi untuk packing gratis yang diberikan, namun pelanggan setia kemudian akan terpancing untuk membeli produk agar bisa mencapai nilai yang sudah ditentukan untuk mendapat packing kayu gratis tersebut.
4. Â Jelaskan Promosi dengan Gamblang
Menarik perhatian pelanggan bisa dilakukan juga dengan memberikan embel-embel kata Gratis pada deskripsi produk yang Anda miliki. Tidak hanya menyediakan packing kayu, Anda juga harus menyebutkan hal ini dalam deskripsi produk yang Anda miliki. Kata Gratis seperti memiliki sihir tersendiri untuk menggaet lebih banyak pelanggan untuk membeli produk Anda secara langsung.
Cukup sederhana bukan tips yang bisa diterapkan tersebut?
Pada proses pengiriman paket kekinian, Anda juga wajib mencantumkan bahwa sebelum dikirim paket sudah dibersihkan dengan cairan disinfektan. Hal ini mengingat kondisi pademi yang sedemikian rupa mengubah pola perilaku masyarakat luas, yang mendadak memerlukan jaminan bahwa paket sudah bersih ketika dikirimkan. Meski pada akhirnya paket juga akan melakukan perjalanan jauh, at least Anda sudah melakukan apa yang Anda bisa untuk membuat paket lebih higienis.
Itu tadi sedikit tips kirim paket untuk Anda yang memiliki usaha online. Terakhir, jangan lupa untuk selalu menggunakan jasa pengiriman yang handal dan menawarkan harga termurah ya. Pastikan Anda menggunakan Ahlinya Jasa Pengiriman untuk urusan pengiriman Anda dari Jabodetabek ke seluruh Indonesia!
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H