Bisnis yang dijalankan perusahaan baik yang menghasilkan produk maupun jasa pasti tak akan lepas dengan yang namanya pemasaran. Hal ini pasti digunakan. Tak heran banyak sekali tokoh-tokoh manajemen marketing yang menghasilkan teori mengeni proses pemasaran ini. Â Salah satunya adalah strategi marketing mix. Dimana strategi ini sangat memperhitungkan pelayanan konsumen yang akan membeli produk ini, sehingga seala aspek diperhitungkan. Marketing mix memiliki 7 konsep yang masing-masing memiliki kegunaannya sendiri-sendiri. Jika ingin mengetahui secara lengkap konsep marketing mix ini anda bisa menyimak artikel ini sampai selesai.
Fungsi 7 Konsep Marketing Mix untuk Pemasaran Produk
Marketing mix atau bauran pemasraan ini sebelumnya hanya ada lima (5P), namun sekarang sudah berkembang menjadi tujuh (7p) macam yaitu Price, Product, Place, Promotion, People/Participant, physical evidence dan process.
1. Price atau Harga
Harga dari sebuah produk atau jasa sangat bernilai bagi konsumen, sehingga harga yang tepat sesuai dengan apa yang dihasilkan oleh sebuah produk yang dijual perusahaan akan menentukan apakah produk tersebut akan dipercaya oleh konsumen atau tidak. Hal ini harus diperhitungkan secara matang dan sebaiknya dilakukan pengamatan harga pasar untuk penentuan harga produk.
2. Product atau barang/jasa
Product yang dihasilkan memang bisa berupa barang secara riil maupun berbentuk jasa. Produk yang dihasilkan harus memiliki nilai, kegunaan, dan kesesuaian terhadap kualitas yang diberikan. Terjualnya produk ini gunanya sebagai nilai atau poin utama bagi perusahaan dalam mendapatkan keuntungan dan penghasilan. Jangan sampai produk yang dihasilkan malah menjadi sumber kerugian perusahaan.
3. Place atau Tempat
Hal ketiga ini harus ditentukan secara detail bagaimana cara produk yang dihasilkan oleh produsen sampai kepada konsumen. Tempat berjualan artinya adanya interaksi antara penjual dan pembeli. Hal ini bisa dilakukan dengan membengun sebuah toko oleh distributor maupun dilakukan secara online.
4. Promotion atau Promosi
Promosi sangat diperlukan baik sebuah produk yang baru diluncurkan oleh suatu perusahaan. Hal ini berfungsi agar konsumen lebih mengenal produk baru yang dibuat oleh perusahaan, sehinngga produk yang dihasilkan akan dibeli oleh konsumen lebih masif. Apalagi jika promosi yang dilakukan berupa potongan harga atau diskon, garansi produk, free gift dan lainnya, tentu akan lebih menarik minat pembeli. Hal yang terpenting dari sebuah promosi adalah, promosi yang kreatifyang menguntungkan bagi konsumen, bisa "terlihat" menguntungkan namun ada pesan tersembunyi dibaliknya, yaitu brand acquisition. Promosi yang kreatif membutuhkan pengalaman keberhasilan, hal inilah yang sebaiknya dikerjakan oleh Creative Agency yang berpengalaman.