Mohon tunggu...
Akmallmf_
Akmallmf_ Mohon Tunggu... Freelancer - Mahasiswa

Hanya mahasiswa yang mencoba membuat sebuah artikel atau tulisan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Menghasilkan Manangement Letter yang Baik dan Efektif

18 Mei 2023   11:54 Diperbarui: 18 Mei 2023   11:58 419
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Dosen Pengampu = Aris Sanulika, S.E., M.Ak.
Kelas = 04SAKP011
Nama Anggota
1. Abdullah Mikyal Hasyim Hariri (211011201239)
2. Akmal Muhammad Fikri (211011201138)
3. Bunga Arsita Dewi (211011201382)
4. Reydina (211011201133)
5. Zara Joyanda Nasution(211011201254)

Bagi seorang auditing, management letter adalah hal yang tidak asing bagi mereka. Namun bagi orang awam tentunya management letter merupakan hal yang asing bagi mereka.

Menurut Whittington, O. Ray dan Kurt Paniy (2001), management letter adalah suatu laporan kepada manajemen yang berisi rekomendasi untuk perbaikan kelemahan-kelemahan yang diungkapkan akuntan publik setelah mempelajari dan mengevaluasi pengendalian intern perusahaan.

Hal yang perlu diperhatikan bahwa kelemahan dapat menyebabkan gangguan pada pengendalian internal dan sistem akuntansi perusahaan. Kekurangan/kelemahan mungkin bersifat material atau tidak material dalam kelangsungan hidup, dan pertumbuhan entitas, semua ini dikomunikasikan kepada manajemen melalui "Management Letter".

Pendapat auditor dalam hal ini, berguna bagi management ditujukan untuk mengungkapkan rekomendasi perbaikan sistem pengendalian internal perusahaan. Oleh karena itu, tidak cukup  bagi auditor hanya dengan memeriksa dokumentasi administrasi dan keuangan organisasi dan mengeluarkan laporan audit yang menyatakan kebenaran dan kewajaran laporan keuangan.

Maka dari itu, penting bagi seorang auditor untuk mengetahui hal apa saja yang perlu diperhatikan agar menghasilkan sebuah management letter yang baik dan efektif adalah sebagai berikut:

A. Tepat waktu.

Management letter harus diberikan kepada manajemen perusahaan secara tepat waktu agar perusahaan memiliki cukup waktu untuk melakukan perbaikan atas kelemahan pengendalian internal yang disampaikan oleh AP sebelum kelemahan tersebut mengakibatkan terjadinya kecurangan maupun kesalahan yang merugikan perusahaan.

B. Bermanfaat dan dapat diterapkan.

Management letter harus berisi rekomendasi dan saran perbaikan yang bermanfaat bagi perusahaan serta memungkinkan untuk segera diterapkan di dalam perusahaan.

C. Tidak ada unsur yang mengejutkan.

Konsep management letter dan temuan pengendalian internal harus didiskusikan terlebih dahulu dengan manajemen perusahaan agar tidak ada unsur yang mengejutkan di dalam management letter tersebut. Temuan audit harus dikomunikasikan dengan divisi terkait dan manajemen untuk dimintai keterangan serta komentar tentang temuan tersebut.

D. Penggunaan Bahasa yang benar

Bahasa yang digunakan di dalam management letter harus menggunakan bahasa yang baik, sopan, bijak dan tidak menyinggung perasaan karyawan maupun manajemen perusahaan.

E. Berurutan.

Kelemahan, saran dan rekomendari disusun berurutan sesuai dengan akun-akun terkait dalam laporan posisi keuangan dan laporan laba rugi komprehensif maupun disusun berdasarkan temuan audit yang paling penting yang perlu perhatian khusus dari manajemen perusahaan dan memiliki urgensi penanganan segera.

F. Saran yang sesuai.

Kantor Akuntan Publik (KAP) harus memberikan saran yang sesuai dengan kondisi perusahaan dan menunjukkan niat untuk membantu perbaikan dan perkembangan perusahaan.

G. Ucapan terima kasih kepada manajemen perusahaan.

Akuntan Publik harus mengucapkan terima kasih pada bagian akhir management letter kepada manajemen dan seluruh karyawan yang terlibat dalam proses audit atas bantuan dan kerjasama yang baik selama pemeriksaan berlangsung.
Itulah beberapa hal tentang manajement letter yang dilakukan oleh seorang auditing. Bagi seorang auditor tentunya hal tersebut menjadi hal yang perlu diketahui agar dapat membuat surat manajemen letter dengan baik dan efektif, seorang auditor diharapkan dapat mengungkap kelemahan atau celah  yang ada dalam pengendalian internal perusahaan sehingga auditor dapat mengambil keputusan dan tindakan-tindakan perbaikan untuk mengatasi kelemahan pada perusahaan. Maka manajer dalam pengambilan keputusan perusahaan dapat meminimalisir kerugian yang terjadi. Manajemen perusahaan klien diharapkan mampu memaksimalkan informasi dalam managemen letter dengan memahami betul surat yang direkomendasikan oleh Kantor Akuntan Publik.

Semoga artikel yang ditulis oleh penulis dapat memberikan informasi bagi kalian sebagai pembaca agar dapat mengetahui hal tentang manajement letter.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun