Ketika kita mendengar atau membaca kata marketing, pasti sebagian besar dari kita akan langsung terbayang salesman atau saleswoman (SPG atau SPB) yang sering kita temui sedang menawarkan produk atau jasa. Berapa banyak dari Anda yang pernah di telepon oleh seorang marketing dan menawarkan sebuah produk yang terkesan sedikit memaksa kita untuk membeli produk tersebut. Pelatihan karyawan untuk strategi penjualan juga sangatlah penting karena bisa meningkatkan hasil penjualan.
Marketing memang merupakan ujung tombak perusahaan yang akan menentukan apakah sebuah perusahaan tersebut akan berhasil mendapatkan keuntungan maupun mengalami kerugian. Seringkali kita lihat beberapa SPG/SPB tadi terlihat sangat mahir di dalam menjual sehingga karena cara dia menjual membuat kita tertarik untuk membeli.
Apapun cara yang digunakan mereka, kebanyakan dari mereka melakukan hal-hal yang di luar kebiasaan karena target yang ditetapkan oleh Perusahaannya. Lantas sebagai seorang Marketing Manager maupun staff perhatikanlah beberapa hal yang dilakukan dibalik layar sebelum sebuah target ditetapkan. Berikut ini adalah 4 strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan:
Kenalilah Pelanggan Anda
Pertanyaannya adalah, bagaimana kita bisa memberikan pelayanan baik dan mengenal pelanggan kita pada saat menjual? Masih ingatkah Anda pada slogan 'Pelanggan adalah Raja'. Setujukah Anda akan hal itu?
Apabila Anda menganggukkan kepala saat ini maka Anda akan setuju dengan saya bahwa pada akhirnya kita harus membuat sang Raja senang dengan pelayanan yang sangat memuaskan. Ibaratnya seorang Raja, pelanggan kita akan bahagia, jika para pelayannya tahu apa yang dia inginkan. Terlebih lagi, jika sang Raja belum mengutarakan keinginannya, para pelayan sudah menyediakannya.
Kenalilah Pelanggan Anda. Lihatlah para pelayan Raja yang sangat cermat dalam memperhatikan tingkah laku sang Raja. Mereka tahu ciri-ciri Raja jika mengantuk, gelagat Raja jika dia lapar, dan sebagainya, sehingga dia bisa melayani berdasarkan data hasil pengamatannya dan menghasilkan pelayanan yang lebih akrab.
Begitulah seharusnya seorang sales, mereka harus mampu membaca para pelanggan mereka untuk memberikan pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan mereka masing-masing.
Pilih Lokasi yang Strategis
Faktor penting dalam strategi pemasaran lainnya adalah masalah pemilihan tempat. Anda perhatikan outlet atau Alfamart maupun Indomaret selalu berada di jalan yang sibuk di mana traffic lalu lalang orang sangat tinggi. Itu merupakan strategi mereka dalam membidik pelanggan potensial. Maka, usahakan untuk memilih lokasi yang tepat, strategis, agar kesempatan bisnis Anda untuk dapat diakses oleh pelanggan lebih terbuka dan mempermudah untuk penjualan dilakukan.
Menjalin Hubungan dengan Pelanggan