Bismillahirrohmanirrohim...
A. FUNGSI DAN MANFAAT MEDIA PENDIDIKAN
Fungsi media pendidikan adalah untuk tujuan instruksi dimana informasi yang terdapat dalam media itu harus melibatkan peserta didik baik dalam benak, mental maupun dalam  bentuk aktifitas yang nyata sehingga pembelajaran dapat terjadi. Menurut "kemp dan Dayton (1985:28) ada tiga fungsi utama yaitu: memotivasi minat dan tindakan, menyajikan informasi dan memberi instruksi. Pada saat ini media pendidikan mempunyai fungsi sebagai berikut :
a. membantu memudahkan belajar bagi siswa/mahasiswa dan mengajar bagi guru/dosen
b. memberikan penglaman lebih nyata, yang abstrak dapat menjadi konkrit.
c. menarik perhatian siswa/mahasiswa, jalannnya pelajaran tidak membosankan.
d. semua indera siswa/mahasiswa dapat diaktifkan, kelemahan satu indera dapat diimbangi oleh kekuatan indera lainnya.
e. lebih menarik perhatian dan minta siswa/mahasiswa dalam belajarÂ
f. dapat membangkitkan dunia teori dengan realitanya.
karena begitu banyaknya manfaat media pendidikan yang diuraikan oleh beberapa ahli maka Dr. Azhar Arsyad, M.A. menarik kesimpulan dari penggunaan media pendidikan dalam proses belajar mengajar yaitu antara lain:
a. memperlancar dan meningkatkan proses dan hasil belajar, interaksi yang lebih langsung antara siswa/mahasiswa untuk belajar sendiri-sendiri sesuai dengan kemampuan dan minatnya.
b. dapat mengatasi keterbatasan indera, ruang dan waktuÂ
c. memberikan kesamaan pengalaman tentang peristiwa-peristiwa yang dialami siswa/mahasiswa dilingkungan mereka, serta memungkinkan terjadinya interaksi langsung dengan guru/dosen, masyarakat dan lingkungannya.Â
B. CIRI-CIRI MEDIA PENDIDIKAN
ada tiga ciri dari Gerlach Ely, 1971 yang merupakan petunjuk mengapa media digunakan dan apa saja yang dapat dilakukan media. berikut ciri-cirinya :.Â
1. ciri fiksatif, menggambarkan kemampuan media dalam merekam, menyimpan dan merekonstruksi suatu peristiwa atau obyek.
2. ciei manipulatif, kejadian yang berlangsung lama dapat disajikan dalam waktu dua atau tiga menit dengan teknik pengambilan gambar. ciri ini juga bisa memperlambat penayangan suatu hasil rekaman dan suatu kejadian itu juga bisa diputar mundur.Â
3. ciri distributif, memungkinkan suatu obyek atau kejadian ditransportasikan melalui ruang dan secara bersamaan kejadian tersebut disajikan kepada sejumlah besar siswa/mahasiswa dengan stimulasi pengalaman yang relatif sama mengenai kejadian itu.
sumber : promosi kesehatan sebuah pengantar proses belajar mengajar dalam pendidikanÂ
oleh : wahit Iqbal Mubarak, Nurul Khayatin, Khoirul Rozikin, Supradi.