Mohon tunggu...
M azhar
M azhar Mohon Tunggu... Editor - Normal

keterbelakangan adalah pemicu untuk menjadi yang terdepan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Serba-serbi Media Sosial

11 Juli 2021   11:52 Diperbarui: 11 Juli 2021   12:20 612
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Pada tulisan kali ini saya sebagai mahasiswa ilmu komunikasi Akan sedikit memperlihatkan bagaimana awal dan apa yang terjadi tentang seputaran media sosial.

Perkembangan teknologi pada era sekarang kian datang dan bertumbuh secara pesat. Pertumbuhan tersebut dilandasi oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu adanya sebuah sistem canggih yang bernama internet. Internet (interconnection-networking merupakan sebuah sistem global jaringan komputer yang saling menghubungkan antara satu dengan yang lain hingga ke seluruh penjuru dunia dengan menggunakan standart internet protocol suite. Kehadiran internet berhasil membuka mata dunia akan sebuah dunia baru. Dunia baru yang dimaksud itu adalah dimana interaksi, market place, dan sebuah jaringan dunia bisnis yang tanpa batas ruang dan waktu.

Adanya internet sebagai suatu sistem yang sangat canggih tentunya akan menunjang banyak sekali aktivitas manusia baik dibidang informasi, komunikasi, dan beragama aspek lainnya. Informasi yang disajikan dalam internet umunya disebarkan melalui suatu halaman yang diberi nama ataupun disebut dengan istilah situs jaringan (website) yang dibuat dengan format Bahasa pemograman HTML (Hypertext Markup Languange).

Pada umumnya internet biasa digunakan untuk bisa terhubung dengan semua jaringan kompuer yang ada di seluruh dunia. Dengan begitu dapat kita lihat secara jelas bahwa internet mempunyai banyak kegunaan yang akan menguntungkan manusia. Adapun beberapa keuntungan dari adanya internet yaitu:

  • Informasi yang kita dapatkan lebih cepat dan tentunya kita tidak terlalu mengeluarkan tenaga ataupun biaya yang sangat banyak. hal tersebut karena internet terdapat dalam sebuah jaringan dan tidak mempunyai batas ruang dan waktu.
  • Adanya internet dapat mengurangi penggunaan kertas. Dengan begitu secara tak langsung, hadirnya internet membantu manusia sekaligus menjaga ekosistem (lingkungan) pada kehidupan di bumi ini.
  • Sebagai media promosi secara individu. Melihat ataupun mendengar kata promosi, tentunya pasti mengarahkan pada aspek yang namnya ekonomi dan bisnis. Yap, betul sekali, hadirnya internet membuat penguasaha mudah dalam memasarkan produk ataupun jasa yang mereka jual.
  • Sebagai alat research dan pertukaran data. Yang kita akses setiap harinya dalam melihat berbagai data untuk memudahkan kita mengetahuinya kini sudah mudah. Yap itu adalah akibat dari adanya internet
  • Komunikasi yang interaktif. Dalam hal ini kita disuguhkan bahwa kita bisa berinteraksi dengan mengirimkan feedback secara langsung dan bahkan kini telah berkembang juga panggilan video baik itu 2 orang ataupun lebih.

Awal Mula Datangnya Media Sosial Dan Reaksi Masyarakat

Seiring dengan perkembangan internet, orang orang di tahun 1844 berpendapat bahwa telegraf bukanlah terminology media sosial karena sifatnya yang tidak online, karena media sosial itu sendiri adalah teknologi komunikasi yang berbasis internet. Oleh karena hal tersebut, pertumbuhan internet di tahun 1970-an menjadi awal mulai dari peradaban media sosial. 

Kemudian pada tahun 1978, media sosial pertama kali tercipta. Di tahun tersebut bentuk dari media sosial pertama adalah sebuah Bulletin Board System (BBS). Bulletin Board System ini adalah sebuah platform yang mengumumkan pertemuan dan berbagi suatu informasi dengan mengunggahnya pada laman BBS ini.

Selanjutnya, pada tahun 1979, akibat dari kemunculan UserNet, membuat orang orang perlahan menggunakan beberapa komunikasi virtual dari bulletin, artikel, atau newsgroup online. Hingga akhirnya di tahun 1955, orang orang mulai membuat situs web milik mereka senidri. 

Situs pribadi tersebut memungkinkan penggunanya untuk berbagi dan berkomunikasi menggunakan internet yang tentunya milik mereka sendiri. pada masa tersebut, media sosial hanya digunakan untuk berbagi saja Karena belum ada jejaring pertemanan virtual. Jejaring pertemanan virtual ini pertama kali muncul pada tahun 1977 dengan layanan Six Degrees. Adanya perkembangan tersebut membuat platform ini memungkinkan pemakai ataupun penggunanya untuk bisa membuat profil dan daftar teman.

Lalu, pada tahun 1999 media sosial untuk blogging mulai bermunculan. Platform Blogging yang bermunculan pada saat itu yakni Blogger dan Livejournal. Seperti yang kita ketahui bahwa platform blogging adalah sebuah platform yang memungkinkan kita untuk membagikan tulisan dan berkomunikasi yang tentunya milik pribadi. 

Sedangkan platform jejaring sosial mulai tumbuh dan muncul pertama kali pada tahun 2002. Pada tahun tersebut, platform yang menandakan munculnya jejaring sosial bernama Friendster. Platform ini memungkinkan pra penggunannya untuk bisa membuat profil dan bisa terkoneksi secara virtual kepada seluruh orang di seluruh dunia, tanpa ada batasan ruang dan waktu.

Kemunculan platform jejaring sosial terbaru itu yakni Friendster membuat platform tersebut disukai dan digandrungi oleh anak muda pada masanya. Akibat dari kesuksesan platform tersebut memicu platform jejaring sosial lainnya bermunculan juga namun dengan spesifikasi yang berbeda, contohnya yaitu kemunculan platform yang bernama MySpace untuk musik dan LinkedIn untuk bisnis dan perkerjaan.

Hingga pada tahun 2004, seorang pria hebat yang bernama Mark Zuckerberg memunculkan jejaring pertemanan baru yang bernama Facebook. Pada awal mula peluncurannya platform ini digunakan sebagai jejaring sosial bagi para mahasiswa. 

Namun. Seiring berkembang dan perjalanan waktu, Facebook kini diakses oleh berbagai kalangan dan kegunaannya tak hanya sebagi jejaring pertemanan, melainkan untuk berbagai macam hal seperti, berdagang, livestreaming, share informasi penting, dan berbagai kegunaan yang lainya dan tentunya dapat kita ketahui sendiri.

Berkembangnya platform tersebut membuat para pekerja kreatif terus mengembangkan dan memunculkan media sosial jenis lain, hingga pada tahun 2005, platform jejaring sosial yang sangat luar bisa muncul, yakni platform yang bernama youtube. 

Seperti yang kita ketahui, youtube adalah sebuah platform ataupun situs web yang memungkinkan para penggunannya untuk mengunggah,menonton dan berbagai video. Dengan begitu, youtube menjadi salah satu media sosial yang berbeda dengan media sosial lainnya pada masa itu.

Selang dua tahun diluncurkan platform youtube, muncul juga platform blogging yang lebih inovatif yaitu twitter. Twitter menyebut dirinya sebagai microblogging, hal tersebut dikarenakan pada platform twitter tulisan yang diunggah akan ada pembatasannya. Hal itu dilakukan oleh twitter karena, twitter menawarkan cara berkomunikasi yang singkat dan padat kepada para penggunannya. Dengan begitu pengguna twitter akan merasa terntantang akan sajian tersebut.

Kemudian pada tahun 2010, sebuah platform media sosial yang makin berinovasi adalah platform media sosial yang bernama instagram. Instagram datang dengan membawa sebuah inovasi baru yaitu memungkinkan penggunannya untuk bisa berbagi foto dan video secara langsung. Dari pertama munculnya, instagram mampu menarik khalayak terutama remaja untuk menggunakannya dan terbukti hingga kini media sosial instagram tak hanya remaja yang menggunakannya, melainkan dari berbagai kalangan bahkan organisasi maupun perusahaan ikut menggunakannya.

Dampak positif dari media sosial

Tak dapat kita pungkiri lagi, kemajuan media sosial dari awal munculny hingga sekarang dapat kita lihat bahwa media sosial mampu membantu kehidupan dari khalayak diseluruh penjuru dunia. Ada beberapa dampak positif yang sangat kentara kita rasakan akan muncul dan berkembangnya media sosial ini yaitu:

  • Media sosial memberikan kita akses informasi yang mudah. Seperti yang kita ketahui internet dapat membuat kita mengakses sebuah informasi dimanapun dan kapanpun. Namun jika media yang digunakan hanya sebatas media konvensional saja, maka kehadiran internet akan percuma saja. Maka dari itu dengan adanya media sosial, kita akan mudah menerima dan membagikan sebuah informasi dengan cepat tanpa ada batasan ruang dan waktu. salah satu contohnya yaitu, jika kita ingin melihat informasi mengenai kemacetan, maka cukup dengan membuka twitter ataupun facebook kita langsung bisa mengetahui informasi tersebut.
  • Media sosial sebagai media hiburan. Seperti ynag kita ketahui bahwa media sosial merupakan media yang dapat kita kontrol secara pribadi. Maksudnya adalah, saat kita membutuhkan sebuah hiburan, dan pada saat itu kita membuka media konvensional seperti televisi, kita pasti akan melihat beberapa acara, namun terkadang acara yang disajikan tersebut tidak sesuai hiburan apa yang kita inginkan. Berbeda halnya jika kita membuka platform medai sosial, disitu kita dapat memilih tentang hiburan apa saja yang kita inginkan seperti video lucu, meme dan konten hiburan lainnya.
  • Memudahkan kita dalam menjalin silaturahmi ataupun hubungan lainnya. Jika kerabat ataupun salah satu dari keluarga kita berulang tahun ataupun peristiwa peristiwa penting lain dalam hidupnya, maka dengan adanya media sosial ktia akan cepat dan langsung menanggapi atas peristiwa yang dialami oleh keluarga ataupun kerabat kita.
  • Memudahkan untuk menjadi wirausahawan. Pada era sekarang sudah bukan rahasia lagi bahwa semua berkat media sosial, kita menjadi mudah dalam melakukan segala hal, salah satunya yaitu menjadi wirausahawan. Hal tersebut, karen sekarang media sosial selain menjadi sarana pertukaran informasi, media sosial juga dapat dijadikan sebagai lapak ataupun sebuah toko. Contohnya jika kita mempunyai sebuah produk yang ingin di jual dan tidak mempunyai lapak secara offline, maka buatlah sebuah akun media sosial dari apa yang akan kalian pasarkan.
  • Sebagai sarana untuk meningkatkan kreativitas. Adanya berbagai macam platform media sosial dan seiring bertambahnya pengguna membuat sebagian penggunanya menjadi seorang konten kreator (pembuat konten). Mereka mendedikasikan penggunaan media sosialnya sebagai user yang aktif dalam memberikan setiap kontenya.

Dampak negatif dari media sosial 

Kemudahan yang didapatkan dan semakin berkembangnya media sosial, kini membuat semua orang beralih ke media sosial. Namun, dibalik kemudahan dan akses yang cepat tersebut terdapat beberapa hal yang akan memberikan dampak negatif bagi para pengguna yang memainkannya. Karena sewajarnya, semua yang tercipta ataupun diciptakan pada dunia ini terdapat sisi positif dan sisi negatifnnya. Adapun sisi negatif dari media sosial adalah :

  • Membuat kita selalu merasa kurang. Kondisi ini merupakan sebuah proses di dalam tubuh kita, dimana timbulnya perasaan bahwa diri kita merasa kurang jika dibandingkan dengan orang lain. Hal tersebut terjadi karena kita biasa melihat postingan orang lain yang mewah, bergaya, atau serba cukup. Padahal kita menyadari bahwa orang memposting di media sosial cenderung memposting hal-hal yang penting dalam hidupnya. Namun tetap saja perasaan kurang puas pasti timbul, dan jika itu berlebihan akan membuat diri kita menjadi tidak percaya diri dan minder.
  • Munculnya fenomena Fear Of Missing Out (FOMO). Fenomena ini merupakan sebuah fenomena dimana seseorang merasa takut akan ketinggalan berbagai hal yang viral, populer yang sedang trending pada media sosial. Sebenarnya fenomena ini sudah ada sejak lama, namun perkembangan media sosial akhir-akhir ini membuat fenomena FOMO menjadi lebih berbahaya. Karena beberapa peneliti mengemukakan bahwa banyak orang-orang yang tidak bisa mengakses media sosial dalam jangka waktu tertentu dapat menimbulkan sesorang kesepian, kecemasan dan bahkan menimbulkan depresi. Banyak orang merasa bahwa jika dia tidak update tentang informasi terkini, maka itu akan menimbulkan perasaan bahwa dia ditinggalkan oleh orang-orang disekitarnya. Perasaan tersebutlah yang membuat pengguna media sosial akan masuk kedalam kecanduan media sosial.
  • Kecanduan media sosial. Efek kecanduan media sosial ini erat kaitan dan berhubungan dengan fenomena FOMO. Efek kecanduan media sosial ini jika berlebihan maka akan berimbang dengan orang yang ketercanduan alkohol ataupun narkoba dan tentunya akan berakibat fatal. Daria Kuss dan Mark Griffiths yang berasal dari Universitas Nottingham Tent di inggris telah melakukan analisa terhadap 43 penelitan tentang masalah ketercanduan media sosial ini. Dari hasil analisisnya, mereka menyimpulkan bahwa ketercanduan media sosial adalah suatu masalah pada kesehatan mental dan memungkinkan untuk memerlukan perawatan oleh profesional. Mereka juga menemukan bahwa ketercanduan media sosial memiliki keterkaitan dengan masalah yang berhubungan dengan prestasi akademis dan partisipasi dari kehidupan sosial yang akan berkurang bahkan akan lebih buruk.
  • Akan membuat seseorang susah dalam bersosialisasi. Kalian sering mendengar tidak akhir-akhir ini sering kita mendengar istilah No life. Istilah tersebut digaungkan kepada orang yang tidak memiliki kehidupan yang berpatisipasi pada kehidupan sosialnya. Biasanya mereka yang di cap No life akan sangat aktif dalam media sosial. Hal tersebut terjadi karena para pengguna media sosial yang sudah mencintai dunia onlinenya akan sedikit demi sedikit melupakan dunia nyatanya.
  •  Selain itu juga dalam bersosialisasi di kehidupan nyata, pernah tidak kalian disaat nongkrong bareng teman teman, kalian lebih sering memainkan dan sibuk dengan gadged kalian masing --masing. Sehingga esensi dari bercengkrama dan berbagi cerita secara face to face semakin berkurang. Ketauihilah bahwa kita adalah mahluk sosial.

Jika kita lihat lebih dalam, maka ada banyak sekali dampak negatif akibat dari kemunculan media sosial ini. Untuk itu agar dapat terhindar dari dampak dan masalah yang akan datang akibat dari hal tersebut, maka bijaklah dalam bermedia sosial.

Bagaimana sosial media bekerja 

1. bekerja tapi tidak terlihat

Mungkin sebagian besar dari kita berpikir bahwa Google hanya sebuah mesin pencarian, kemudian media sosial lain seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan yang lainnya adalah sebuah jejaring sosial yang hanya bisa melihat kabar terbaru dari teman-teman kita. 

Tanpa kita sadari bahwa platform-platform tersebut berlomba-lomba untuk menarik perhatian kita sebagai penggunannya. Mereka bertujuan supaya bagaimana kita rela menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk menggunakan platform mereka.

Mungkin sebagian dari kita menganggap bahwa media sosial yang kita pakai adalah gratis, Nyatanya tidak demikian. Semua layanan itu dibayar oleh pengiklan, kenapa bisa begitu ? agar iklan mereka bisa ditampilkan kepada kita, para pengguna. 

Untuk lebih mudah memahaminya, jadi perusahaan media sosial, menjual perhatian kita sebagai penggunanya kepada pengiklan. Jadi pada hakikatnya kita adalah sebuah produk yang diperjualkan oleh penyedia platform kepada pengiklan dan secara tak sadar kita bekerja untuk mereka.

2. Algoritma

Tanpa kita sadari lagi bahwa semua aktivitas kita pada media sosial tersebut diawasi kemudian direkam dan diukur. Mungkin kalian sudah melihat atau sering memakai insight yang tersedia pada media sosial kalian. Dengan insight tersebut kalian dapat melihat dan bisa mengukur tentang riwayat dan hal apa saja yang terjadi pada akun media sosial kalian. Kira-kira seperti itulah yang dilakukan oleh perusahaan dalam melihat data data penggunanya, namun mereka lebih detail dan lengkap. Lalu data tersebut mereka apakan? Jadi data tersebut akan mereka gunakan untuk memprediksi konten seperti apa yang akan disajikan kepada kita, sehingga kita akan betah terahadap sosial media mereka.

Data-data tersebut mereka kumpulkan kemudian secara sistem mereka membuat semacam boneka voodoo yang menyerupai diri kita. Semua like yang kita lakukan, semua tontonan yang kita tonton akan terus direkam dan dicatat hingga boneka voodoo tersebut berkembang hingga mendekati diri kita. 

Disaat kita bermain media sosial lebih singkat dari biasanya, maka boneka voodoo tersebut akan bertindak, dimana mereka akan merekomendasikan hal-hal menarik yang kita sukai dan pernah kita tonton untuk direkomendasikan. 

Selain itu juga hal yang mereka lakukan juga adalah memberikan kita sebuah notifikasi, dan secara tidak sadar kita akan langsung terpancing akan umpan yang mereka lakukan tersebut. Hal tersebut mereka lakukan agar kita tetap memainkan media sosial mereka, dengan begitu pengiklan akan merasa lebih senang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun