Mohon tunggu...
Mazaya Talitha Shada
Mazaya Talitha Shada Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Universitas Negeri Semarang

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Modul Ajar PKWU Materi Eco Enzyme Kelas XI

31 Oktober 2024   14:50 Diperbarui: 31 Oktober 2024   14:58 128
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Informasi Umum

Mata Pelajaran 

Prakarya dan Kewirausahaan

Jenjang /Kelas/Fase

SMA/XI

Tahun Pelajaran

2023 / 2024

Semester

Ganjil

Materi Pokok

Eco Enzyme

Penyusun

  Mazaya Talitha Shada

 

Kompetensi Awal

Peserta didik sudah memahami pengertian eco enzyme

Peserta didik sudah memahami jenis -- jenis produk eco enzyme

Peserta didik sudah memahami rencana produk eco eco enzyme

 

 

Profil Pelajar Pancasila

Melalui pengembangan sejumlah pengetahuan dan keterampilan, peserta didik menjadi pribadi yang memiliki profil pelajar Pancasila sebagai berikut:

Beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia

Berpikir kritis

Mandiri

Gotong royong

Kata Kunci

Eco enzyme

Rencana Usaha

Produk Non Pangan

 

 

 

Sarana dan Prasarana

Fasilitas:

Laptop/komputer/smartphone

Koneksi internet/wifi

Papan tulis

Alat tulis

Media:

Ms power point

Alokasi Waktu

2 x 45 menit

Model Pembelajaran

Project Based Learning

KOMPETENSI INTI

1. Capaian Pembelajaran

                            Pada akhir fase F, peserta didik mampu memahami terkait produk pangan higienis dan/atau produk nonpangan yang bernilai ekonomis dari berbagai sumber serta mampu merencanakan usaha produk pangan maupun nonpangan.

2. Tujuan Pembelajaran

  • Peserta didik mampu mengeksplorasi produk pangan higienis Nusantara dan/atau mancanegara atau produk nonpangan yang bernilai ekonomis dari berbagai sumber
  • Peserta didik mampu menganalisis produk pangan higienis Nusantara dan/atau mancanegara atau produk nonpangan berdasrkan analisis ekonomi , teknologi, penyajian, dan pemasaran.
  • Peserta didik mampu menyusun rencana produk pangan higienis Nusantara dan/atau mancanegara atau produk nonpangan secara sederhana.

3. Pemahaman Bermakna

Mengeksplorasi produk pangan higienis Nusantara dan/atau mancanegara atau produk nonpangan

Menganalisis produk pangan higienis Nusantara dan/atau mancanegara atau produk nonpangan berdasarkan analisis ekonomi, teknologi, penyajian, dan pemasaran.

Menyusun produk pangan atau nonpangan secara sederhana

4. Pertanyaan Pemantik

- Apa itu eco enzyme?

- Apa saja produk eco enzyme?

- Bagaimana rencana produk nonpangan eco enzyme?

5. Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan ke-1 (90 menit)

Kegiatan 

Deskripsi

Alokasi Waktu (menit)

Pendahuluan

Guru melakukan pengkondisian kegiatan pembelajaran dan membuka kegiatan pembelajaran dengan melakukan :

Guru memberikan salam dan mengajak peserta didik berdoa sebelum memulai kegiatan pembelajaran

Guru melakukan presensi

Guru menanyakan kabar serta perasaan peserta didik

Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran mengenai topik yang akan diajarkan

10 menit

Kegiatan Inti

  1. Guru memberikan pertanyaan pemantik kepada peserta didik : "Apa itu eco enzyme?"

"Apa saja produk dari eco encyme?"

  1. Guru menyampaikan materi pengantar pembelajaran
  2. Guru menayangkan video mengenai produk olahan nonpangan
  3. Proses bertanya :

Peserta didik mendengarkan penjelasan materi yang disampaikan guru

Peserta didik mencatat materi yang dijelaskan oleh guru

  1. Proses asosiasi :

Guru menyampaikan tugas secara berkelompok kepada peserta didik

Guru memberikan tugas / LKPD pada setiap kelompok

Guru memantau dan membantu peserta didik yang kesulitan

  1. Proses mengkomunikasikan

Guru memberikan penguatan materi terkait tugas yang dikerjakan peserta didik

70 menit

Penutup

Peserta didik bersama guru melakukan evaluasi mengenai proses pembelajaran

Guru menutup pembelajaran dengan berdoa dan mengucapkan salam

     10 menit 

 

 

Pertemuan ke-2 (90 menit)

Kegiatan 

Deskripsi

Alokasi Waktu (menit)

Pendahuluan

Guru melakukan pengkondisian kegiatan pembelajaran dan membuka kegiatan pembelajaran dengan melakukan : 

Guru memberikan salam dan mengajak peserta didik berdoa sebelum memulai kegiatan pembelajaran

Guru melakukan presensi

Guru menanyakan kabar serta perasaan peserta didik

Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran mengenai topik yang akan diajarkan

10 menit

Kegiatan Inti

  1. Guru memberikan pertanyaan pemantik kepada peserta didik : "Bagaimana rencana produk nonpangan"
  2. Guru menyampaikan materi pengantar pembelajaran
  3. Proses bertanya :

Peserta didik mendengarkan penjelasan materi yang disampaikan guru

Peserta didik mencatat materi yang dijelaskan oleh guru

  1. Proses asosiasi :

Guru melakukan pembentukan kelompok

Guru memberikan tugas / LKPD pada setiap kelompok

Guru memantau dan membantu kelompok yang kesulitan

  1. Proses mengkomunikasikan

Peserta didik mempresentasikan hasil pekerjaannya bersama kelompoknya

Peserta didik yang lain menanggapi peserta didik yang sedang presentasi

Guru memberikan penguatan materi yang telah dipresentasikan

70 menit

Penutup

Peserta didik bersama guru melakukan evaluasi mengenai proses pembelajaran

Guru menutup pembelajaran dengan berdoa dan mengucapkan salam

10 menit 

 

 

C. Assesmen Pembelajaran

Asesmen Diagnostik

Non Kognitif

 

Informasi yang ingin diketahui

Pertanyaan

Jawaban

Mengetahui kesejahteraan, psikologi, dan emosi peserta didik

1. Apa yang sedang kamu rasakan saat ini?

2. Bagaimana perasaanmu saat belajar di sekolah?

3. Apa cita-citamu?

Mengetahui aktivitas

belajar peserta didik

1. Apa saja kegiatanmu sepanjang hari selama di sekolah?

2. Apa saja yang dapat kamu lakukan untuk menciptakan kenyamanan lingkungan belajarmu?

3. Apa harapanmu untuk kedepannya?

Mengetahui gaya belajar dan karakteristik belajar

peserta didik

1. Apakah kamu senang mengerjakan soal hitungan?

2. Apakah kamu senang belajar secara berkelompok?

3. Apakah kamu suka belajar dengan mendengarkan musik?

4. Apakah kamu akan lebih fokus jika belajar sambil memperagakan sesuatu?

5. Apakah kamu lebih cepat paham jika pembelajaran dilakukan dengan praktik

langsung?

 

Asesmen Kognitif

Pertanyaan

Jawaban

1. Apa yang kamu ketahui tentang eco enzyme?

2. Apa saja jenis jenis produk nonpangan eco enzyme?

3. Bagaimana menyusun rencana produk eco enzyme?

Asesmen Formatif

Jelaskan apa aitu eco enzyme!

 Sebutkan macam -- macam produk eco enzyme!

 Jelaskan penyusunan rencana produk eco enzyme!

Asesmen Sumatif

Berikut manfaat dari eco enzyme, kecuali...

Mengurangi polusi udara

Menghemat kebutuhan hidup

Mengurangi polusi udara

Mengurangi pencemaran suara

Dapat dijadikan pupuk

Jawaban : d. Mengurangi pencemaran susra

Pengayaan 

Kegiatan Pengayaan dapat dilaksanakan bagi peserta didik yang telah menyelesaikan unit ini dengan hasil yang baik. Kegiatan pengayaan dapat berupa pendalaman konsep produk nonpangan eco enzyme, yaitu dengan meminta peserta didik untuk memanfaatkan teknik dan bahan yang lebih rumit dalam membuat produknya.

Lampiran

Bahan Bacaan

Produk Nonpangan Eco enzyme 

Eco enzyme adalah salah satu produk yang mudah dibuat dan merupakan produk yang ramah lingkungan (Febriani, dkk., 2022). Prosesnya yang mudah serta alat dan bahan yang dibutuhkan juga relatif cukup banyak dan mudah didapatkan. Bahan yang digunakan ialah air, gula sebagai sumber dari karbon, serta buah dan sayuran atau dapat menggunakan sisa buah dan sayuran. Eco enzyme merupakan produk hasil dari fermentasi bahan pangan organik (sayuran dan buah), gula dan air dengan jumlah perbandingan 3:1:10 (Rahmayanti, 2021).

Proses kerja eco enzyme pada dasarnya ialah percepatan reaksi biokimia untuk menghasilkan enzim yang berguna dalam pemanfaatan buah dan sayuran (Kurniawan, dkk., 2021; Febriani, dkk., 2022). Proses fermentasi berlangsung selama 3 bulan. Cairan yang dihasilkan dari proses fermentasi memiliki warna yang cokelat gelap dan aroma yang kuat, yaitu asam dan manis. Jika produk sudah memiliki aroma dan ciri isik tersebut, berarti produk tersebut sudah dapat digunakan. Eco enzyme dapat dimanfaat untuk berbagai keperluan seharihari: pupuk cair organik tanaman, sebagai campuran detergen untuk mencuci baju, pembersih lantai, pembersih sisa pestisida pada produk pangan, pembersih kerak dan kotoran yang cukup sulit dibersihkan. Selain itu, produk eco enzyme ini dapat digunakan sebagai bahan spa untuk membantu melancarkan peredaran darah (Kurniawan, dkk., 2021; Pratiwi, 2022).

Proposal (Business Plan) Produk Nonpangan 

 

Proposal usaha (business plan) dirancang sebagai rencana mengenai produksi produk dan promosi mengenai produk yang dikembangkan. Business plan berisi mengenai pernyataan formal atas tujuan produksi dan promosi produk, serta alasan mengapa pendirinya yakin bahwa tujuan tersebut dapat dicapai, serta strategi atau rencana-rencana apa yang akan dijalankan untuk mencapai tujuan tersebut (Ayodya, 2016). Proposal usaha dapat membantu peserta didik dalam merancang produksi dan promosi terhadap produk yang dipilih.

Format standar yang bisa digunakan oleh peserta didik dalam menyusun proposal seperti berikut.

A. Profil dan Tujuan

1. Profil

2. Tujuan

B. Aspek Pasar dan Pemasaran 

1. Aspek Pasar

a) Gambaran Umum Pasar dan Sasaran

b) Jenis Produk yang dipasarkan

c) Target Pasar

d) Pesaing

e) Sasaran Pembeli

2. Aspek Pemasaran

a) Promosi

b) Pengembangan Produk

c) Langkah-Langkah Promosi dengan Menggunakan Media Visual dan Virtual

C. Analisis SWOT 

1. Strength

2. Weakness

3. Opportunity

4. Threat

D. Aspek Produksi 

1. Deskripsi Produk

2. Jenis Produk

3. Kualitas Produk

4. Komposisi Produk

5. Proses Pembuatan Produk

6. Label dan Pengemasan Produk

 

E. Aspek Organisasi dan Manajemen 

1. Estimasi Pengeluaran

2. Menetapkan Harga Jual

3. Harga Jual

4. Estimasi Laba

F. Penutup 

1. Kesimpulan

2. Saran

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
  12. 12
  13. 13
  14. 14
  15. 15
  16. 16
  17. 17
  18. 18
  19. 19
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun