Mohon tunggu...
Miftahur Rohmah
Miftahur Rohmah Mohon Tunggu... Guru - Guru TK Kab. Blitar

Miftahur Rohmah. Saya adalah seorang guru TK yang sangat semangat untuk belajar dan mengimplementasikan pengetahuan yang saya dapatkan.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

2.2.A.9 Koneksi Antar Materi - Pembelajaran Sosial dan Emosional

28 Maret 2022   21:04 Diperbarui: 28 Maret 2022   21:05 7094
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Miftahur Rohmah, S.Pd

KONEKSI ANTAR MATERI- PEMBELAJARAN SOSIAL DAN EMOSIONAL

Oleh :

Miftahur Rohmah, S.Pd

CGP Angkatan 4 Kab. Blitar

Pembelajaran Sosial Emosional adalah proses mengembangkan keterampilan, sikap, dan nilai-nilai yang diperlukan untuk memperoleh kompetensi sosial dan emosional sebagai modal anak dalam berinteraksi dengan dirinya, orang lain dan lingkungan sekitar. Guru mendidik hati dan jiwa si anak untuk menjadi lebih baik dan nyaman dalam menerima pembelajaran yang diberikan guru, serta merasa terlindungi oleh guru dalam lingkungan pembelajaran maupun lingkungan sekolah.

Tujuan Pembelajaran Sosial Emosional

  1. Memberikan Pemahaman ,penghayatan dan Kemampuan untuk mengelola emosi
  2. Menetapkan dan mencapai tujuan positif
  3. Merasakan dan menunjukkan empati kepada orang lain
  4. Membangun dan mempertahankan hubungan yang positif
  5. Membuat keputusan yang bertanggung jawab ( Responsible Decision Making )

Kompetensi Pembelajaran Sosial Emosional

  1. Kesadaran Diri - Pengenalan Emosi
  2. Pengelolaan Diri - Mengelola Emosi dan Fokus
  3. Kesadaran Sosial - Keterampilan Berempati
  4. Keterampilan Berhubungan Sosial - Daya Lenting
  5. Pengambilan Keputusan yang bertanggung jawab

c3tzr1g81unaps7vznxhuew5zm76dshwey7onmflxck2ipjdyygnczmgpgpm8ctmxle8jetkvfcjdiunbwvntidhwwzdftdyeph3yb3u8sdy8zhpdp3cy2s-6241bf930bfeac65f46a4962.png
c3tzr1g81unaps7vznxhuew5zm76dshwey7onmflxck2ipjdyygnczmgpgpm8ctmxle8jetkvfcjdiunbwvntidhwwzdftdyeph3yb3u8sdy8zhpdp3cy2s-6241bf930bfeac65f46a4962.png
Bagaimana Penerapannya ?

Penerapan pembelajaran sosial emosional dilakukan melalui kegiatan:

  1. Rutin ( diluar waktu belajar sekolah )
  2. Terintegrasi dalam pembelajaran
  3. Protokol ( sesuai dengan budaya atau aturan sekolah )

Koneksi Antar Materi

Budaya Positif 

PSE dapat menjadi budaya positif di sekolahyang diterapkan guru dalam pembelajarannya agar murid memiliki kompetensi sosial emosional

Peran Guru Penggerak

Menciptakan well-being ekosistem di sekolah, menciptakan iklim belajar yang nyaman, sehat dan bahagia  dengan memperhatikan sosial emosional murid.

Pembelajaran Berdiferensiasi

Pembelajaran berdiferensiasi berorientasi pada murid, artinya guru  harus memperhatikan sosial emosional murid sesuai dengan kebutuhan belajarnya.

Apa Koneksinya?

Visi misi CGP sesuai dengan nilai dan peran yang ingin dicapai yaitu membangun profil pelajar Pancasila melalui budaya positif dalam ekosistem sekolah yang memenuhi kebutuhan belajar individu setiap murid hingga tercapai merdeka belajar sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zaman dalam filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan praktek pebelajaran yang berhamba pada anak melalui pembelajaran berdiferensiasi dan pembelajaran sosial emosional ( PSE ) yang tujuannya juga mencapai profil pelajar pancasila.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun