Mohon tunggu...
Mayra Kelen
Mayra Kelen Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Hallo,Salam kenal.Saya seorang mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan S1 PGSD di Universitas Pamulang.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Bagaimana Dunia Digital Mempengaruhi Belajar Bahasa Untuk Siswa SD

1 Januari 2025   01:03 Diperbarui: 1 Januari 2025   00:59 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Bagaimana Dunia Digital Mempengaruhi Belajar Bahasa untuk Siswa SD

Dunia digital telah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari, termasuk dalam pembelajaran di sekolah dasar. Dengan teknologi seperti internet, aplikasi belajar, dan media sosial, cara siswa belajar bahasa kini berubah menjadi lebih interaktif dan menarik. Namun, apa saja dampak dunia digital terhadap pembelajaran bahasa siswa SD? Yuk, kita bahas bersama!

1. Kemudahan Belajar Kosakata Baru

Melalui aplikasi dan game edukasi, siswa SD dapat belajar kosakata baru dengan cara yang menyenangkan. Aplikasi seperti Duolingo Kids atau game edukasi lain menyediakan gambar, suara, dan animasi yang membantu siswa memahami kata-kata baru dengan lebih mudah.

Keuntungan:
*Siswa lebih cepat menghafal kata-kata.
*Visual dan audio membantu pemahaman.
Tantangan:
*Siswa bisa bosan jika terlalu sering belajar dengan aplikasi yang sama.

2. Akses ke Materi Bahasa yang Beragam

Internet menyediakan berbagai sumber belajar bahasa, seperti video cerita, lagu, atau bahkan film anak-anak. Siswa bisa belajar pelafalan, intonasi, dan cara penggunaan kata dalam konteks sehari-hari.

Keuntungan:
*Siswa dapat belajar bahasa secara alami melalui mendengarkan dan menonton.
Tantangan:
*Tidak semua konten sesuai untuk anak-anak, sehingga perlu bimbingan orang dewasa.

3. Belajar Bahasa dengan Bermain Game

Game edukasi berbasis bahasa membuat siswa SD lebih semangat belajar. Misalnya, game yang meminta siswa mencocokkan kata dengan gambar atau menyusun kalimat dari kata acak.

Keuntungan:
*Pembelajaran terasa seperti bermain, sehingga siswa lebih antusias.
Tantangan:
*Siswa bisa lebih fokus pada gamenya daripada materinya jika tidak diawasi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun