Mohon tunggu...
Dwi Anggraeni
Dwi Anggraeni Mohon Tunggu... pegawai negeri -

I am teacher in SMKN 3 Probolinggo Mathematich is the best

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Tandur Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMK

29 Maret 2016   11:17 Diperbarui: 29 Maret 2016   11:33 135
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

MODEL PEMBELAJARAN TANDUR MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA SMK

BAB I

PENDAHULUAN

 

1.1. Latar Belakang

Tujuan penyelenggaraan SMK berdasarkan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (UUSPN) No. 20 Tahun 2003 pasal 15 adalah menghasilkan siswa untuk mampu dan siap bekerja, artinya semua mata pelajaran yang ada pada satuan pendidikan termasuk mata pelajaran di luar produktif harus mendukung keberhasilan tujuan pendidikan tersebut. Matematika sebagai salah satu mata pelajaran wajib yang tertera pada Struktur Kurikulum SMK (Pusdiknakes, 2010 dalam Dwi Anggraeni 2012) diberikan agar siswa memahami dan menguasai mengapa suatu pekerjaan dilakukan. Dengan kata lain bahwa pelajaran matematika harus mampu menopang program keahlian produktif, dimana pada proses pembelajarannya lebih menitikberatkan pada pemahaman dan penguasaan konsep dan prinsip dasar matematika yang mampu melandasi kompetensi keahliannya sehingga mampu menerapkan dalam kehidupan sehari-hari termasuk dalam dunia kerja.

Matematika merupakan ilmu universal yang mendasari perkembangan teknologi modern, mempunyai peran penting dalam berbagai disiplin dan mengembangkan daya pikir manusia. Perkembangan pesat di bidang teknologi informasi dan komunikasi dewasa ini dilandasi oleh perkembangan matematika di bidang teori bilangan, aljabar, analisis, teori peluang dan matematika diskrit. Untuk menguasai dan mencipta teknologi di masa depan diperlukan penguasaan matematika yang kuat sejak dini.

Penguasaan Matematika memudahkan siswa untuk melatih berfikir logis, analitis, sistematis, kritis, kreatif dan inovatif yang difungsikan untuk mendukung pembentukan kompetensi program keahlian. Dengan mengajarkan Matematika diharapkan peserta didik dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari dan mengembangkan diri di bidang keahlian dan pendidikan pada tingkat yang lebih tinggi. Sebagaimana dinyatakan dalam Permendiknas No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi yang memuat tujuan pelajaran Matematika SMK sebagai berikut:

1.        Memahami konsep Matematika, menjelaskan keterkaitan antara konsep dan mengaplikasikan konsep algoritma secara luwes, akurat, efisien, dan tepat dalam pemecahan masalah.

2.        Menggunakan penalaran pada pola dan sifat, melakukan manipulasi matematika dalam membuat generalisasi, menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan dan pernyataan matematika.

3.        Memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun