Mohon tunggu...
maya sari
maya sari Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Money

Mudahkan Milenial Wujudkan Indonesia yang Lebih Maju dengan Digital KPR BTN

28 Februari 2019   22:03 Diperbarui: 28 Februari 2019   22:48 16
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Oleh : Maya Sari [SMA Unggulan CT Foundation]

Generasi milenial adalah generasi yang lahir setelah generasi X, generasi milenial menjadi populasi utama dimasa kini dan seiring berkembangnya zaman serta perkembangan dari berbagai aspek generasi ini tidak akan lepas dari dunia digital.

Karakteristik Milenial berbeda-beda berdasarkan wilayah dan kondisi sosial-ekonomi. Namun, generasi ini umumnya ditandai oleh peningkatan penggunaan dan keakraban dengan komunikasi, media, dan teknologi digital.

Indonesia merupakan salah satu negara yang masih berkembang. Dan Indonesia merupakan salah satu negara yang sangat membutuhkan kemajuan pembangunan agar dapat menyaingi negara -  negara maju di dunia. Kita sebagai warga negara indonesia pasti menginginkan indonesia menjadi negara maju.

Indonesia jika di bandingkan dengan negara maju, iIndonesia masih jauh tertinggal dari negara maju. Apalagi dilihat dari segi pembangunannya yang masih kurang. Untuk warga negara Indonesia sendiri masih banyak yang belum mempunya rumah, dikarenakan kurangnya biaya untuk melakukan pembangunan.

Maju adalah menjadi lebih baik. Menurut kamus besar bahasa indonesia (KBBI) maju adalah telah mencapai atau berada pada tingkat peradaban yang tinggi. Lebih berarti mendapatkan atau mencapai target lebih dari yang di harapkan. Lebih maju berarti mencapai tingkat peradaban yang tinggi.

Digital yang digunakan oleh bank Indonesia adalah digital Banking. Bank Tabungan Negara  (BTN) aktif mengembangkan digital banking untuk mendukung kemudahan nasabah dalam bertransaksi. Di Indonesia, Digital Banking yang disebut juga dengan istilah Layanan Perbankan Digital diartikan sebagai layanan / kegiatan perbankan melalui kantor bank dengan mempergunakan saranan elektronik / digital milik bank dan / atau melalui media digital yang dilakukan secara mandiri oleh nasabah yang memungkinkan calon nasabah dan / atau nasabah bank memperoleh informasi, melakukan komunikasi, registrasi, pembukaan rekening, transaksi perbankan dan penutupan rekening, termasuk memperoleh informasi lain dan transaksi di luar produk perbankan, antara lain financial advisory (saran dan pendapat keuangan), investasi, transaksi e-commerce dan kebutuhan lainnya. (Ref: OJK - Otoritas Jasa Keuangan). Dengan adanya digital milenial dapat melakukan pembayaran online di Internet Banking tanpa harus ke bank atau ATM.

BTN (Bank Tabungan Negara) adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dibidang Perbankan. BTN adalah satu-satunya bank yang ditunjuk pemerintah menyalurkan KPR (Kredit Pemilikan Rumah) bagi golongan masyarakat menengah kebawah untuk mewujudkan rumah idaman mereka. BTN berkomitmen menjadi Bank yang melayani dan mendukung pembiayaan sektor perumahan melalui tiga produk utama, perbankan perseorangan, bisnis dan Syariah. Salah satu produk utama BTN adalah KPR (Kredit Pemilikan Rumah) yang bertujuan untuk memudahkan milenial untuk melakukan pembangunan rumah.

Sesuai dengan visi dan misi BTN yaitu :

Visi Bank BTN

Terdepan dan terpercaya dalam memfasilitasi sektor perumahan dan jasa layanan keuangan keluarga.

Misi Bank BTN

  • Berperan aktif dalam mendukung sektor perumahan, baik dari sisi penawaran maupun dari sisi permintaan, yang terintegrasi dalam sektor perumahan di Indonesia
  • Memberikan layanan unggul dalam pembiayaan kepada sektor perumahan dan kebutuhan keuangan keluarga
  • Meningkatkan keunggulan kompetitif melalui inovasi pengembangan produk, jasa dan jaringan strategis berbasis digital
  • Menyiapkan dan mengembangkan human capital yang berkualitas, profesional, dan memiliki integritas tinggi
  • Meningkatkan shareholder value dengan fokus kepada peningkatan pertumbuhan profitabilitas sesuai dengan prinsip kehati-hatian dan good corporate governance
  • Memedulikan kepentingan masyarakat sosial dan lingkungan secara berkelanjutan

Melalui digital KPR BTN ini milenial Indonesia yang sudah akrab dengan digital dapat dengan mudah melakukan pembangunan rumah. Dan dengan bantuan digital KPR BTN, milenial tidak perlu susah payah datang ke kantor BTN untuk melakukan peminjaman dana. Syarat untuk mendapatkan KPR adalah milenial harus memiliki Tabungan BTN Perumahan.

Tabungan BTN Perumahan merupakan produk Tabungan dalam rangka membantu lebih banyak masyarakat di Indonesia untuk menabung dengan tujuan membeli rumah, khususnya rumah pertama. Segmen yang dituju adalah Nasabah yang baru menikah dan orang--orang muda (mereka yang pertama mendapatkan pekerjaan dan level manager menengah) yang telah menyadari kebutuhan akan kepemilikan rumah.

Tabungan BTN Perumahan diharapkan dapat mengatasi tantangan yang dihadapi oleh masyarakat ketika akan memutuskan untuk membeli rumah. Dimana nasabah secara rutin melakukan setoran wajib per bulan dalam rangka menyiapkan rencana memiliki rumah impian atau untuk mendapatkan uang muka rumah.

Jika uang muka telah mencukupi untuk membayar lunas pembelian rumah atau uang muka, nasabah dapat mengajukan KPR ke Kantor Cabang manapun di Indonesia dengan terlebih dahulu melengkapi dokumen persyaratan KPR.

Digital KPR Bank Tabungan Negara (BTN) sangat membantu milenial untuk memajukan negara indonesia ini. Yaitu dengan mendapatkan pinjaman dana dari Bank BTN, untuk melakukan pembangunan rumah. Semakin banyaknya milenial yang melakukan pembangunan rumah maka, semakin meningkatnya jumlah nasabah yang menggunakan digital KPR BTN. Hal ini akan sangat menguntungkan bank BTN.

Pembangunan rumah yang dilakukan milenial atau biasa disebut dengan generasi Y akan semakin meningkat seiring dengan berjalannya waktu dan banyaknya jumlah masyarakat milenial yang ada di Indonesia dan dengan bantuan Digital KPR BTN. Kemudian pembangunan rumah tersebut akan di lanjutkan oleh generasi Z, dan pembangunan rumah yang ada di Indonesia akan semakin pesat.

Generasi Z adalah generasi yang lahir setelah generasi Y atau Milenial. Dilihat dari perkembangan zaman, kemungkinan besar generasi Z jauh lebih akrab dengan teknologi digital dari pada generasi Y, dan kesehariannya akan lebih sering ditemani dengan yang namanya teknologi digital.

Pada generasi Z ini dapat di pastikan Indonesia bisa menjadi Negara yang tergolong lebih maju dari generasi Y (Milenial), jika Digital KPR BTN dapat mengimbangi kemajuan teknologi Digital pada masa generasi Z dan dapat menciptakan produk Pembangunan Rumah yang lebih berkualitas dan lebih mudah untuk di gunakan.

Diharapkan untuk Bank Tabungan Negara (BTN) untuk lebih mempermudah milenial atau generasi Y dan generasi Z dalam melakukan proses peminjaman dana untuk melakukan pembangunan rumah melalui Digital KPR BTN. Dengan di mudahkannya milenial dan generasi Z dalam melakukan proses peminjaman dana, maka pembangunan itu akan terus berlanjut sampai generasi Z.  kemungkinan besar Indonesia dapat dengan cepat berkembang menjadi Negara maju pada generasi Z.

Setelah Negara Indonesia menjadi Negara maju maka, hal itu akan sangat berpengaruh terhadap sistem perekonomian yang ada di Indonesia. Sistem perekonomian Indonesia akan semakin meningkat. Dan jika Indonesia menjadi Negara maju, salah satu faktor yang mendorongnya adalah Digital KPR BTN. Indonesia maju akan menjadikan milenial Indonesia lebih sejahtera.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun