Mohon tunggu...
Maya Dina
Maya Dina Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Maya dina fikria from garum

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mengenal Benda Sekitar Melalui Pembelajaran Kontekstual

10 Juni 2022   20:25 Diperbarui: 10 Juni 2022   20:51 310
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Nama Kelompok:

Maya Dina Fikria
Riska Dwi Bastian

Contextual Teaching and Learning (CTL) adalah suatu strategi pembelajaran yang menekankan pada proses keterlibatan siswa secara penuh untuk dapat menemukan materi yang dipelajari dan menghubungkannya dengan situasi kehidupan nyata, sehingga mendorong siswa untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan mereka".

Menurut Trianto (2010, hlm. 107) pengertian kontekstual yaitu: "Konsep belajar yang membantu guru mengkaitkan antara materi yang diajarkanya dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari, dengan melibatkan tujuh komponen utama pembelajaran kontekstual, yakni: kontruktivisme (Contructivisme), bertanya (questioning), inkuiri (inquiry), 

masyarakat belajar (learning Community), permodelan (modeling), dan penilaian autentik (authentic asesment)".  Kelebihan pendekatan kontesktual salah satunya pada pendekatan CTL akan menjadi lebih bermakna dan nyata, kemudian kekurangan pembelajaran kontekstual ini pendidik lebih berfokus untuk membimbing karena dalam metode CTL 

pendidik tidak lagi berperan sebagai pusat informasi. Problem yang dihadapi oleh guru dalam pembelajaran Kontekstual adalah: keterbatasan waktu yang dialami oleh guru untuk dapat memaksimalkan pendekatan dengan menggunakan Kontekstual. Solusi untuk mengantisipasi problem dari pendekatan 

Pembelajaran Kontekstual atau Contextual Teaching and Learning (CTL) adalah dengan cara mengelompokkan siswa secara heterogen.

Konsep belajar yang membantu guru mengkaitkan antara materi yang diajarkanya dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari, dengan melibatkan tujuh komponen utama pembelajaran kontekstual

DAFTAR PUSTKA

CINCINNATI, ANGGINI. PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA (Penelitian Quasi Eksperimen Pada Materi Pecahan di Kelas IV SD Negeri Sayuran 02 Kecamatan Dayeuhkolot Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2019/2020). Diss. FKIP UNPAS, 2019.

LATHIFAH, MUJAHIDAH. PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA KELAS VIIIA SMP NEGERI 2 PULUNG. Diss. Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 2018.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun