Mohon tunggu...
Maya Inggrid Christine Selat
Maya Inggrid Christine Selat Mohon Tunggu... Guru - Guru Bahasa Jepang, memiliki Hobi membaca.

Selalu ada alasan untuk Bersyukur

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Refleksi Aksi Nyata Pengelolaan Program yang berdampak pada Murid

13 April 2022   04:23 Diperbarui: 13 April 2022   05:25 1075
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Berkonsultasi dengan kepala sekolah

Nama Program: Program Menumbuh kembangkan kecintaan Murid Terhadap Budaya Daerah.

  • PERISTIWA (FACT)

Latar Belakang

Kesadaran Murid SMA N 2 Manado untuk melestarikan budaya lokal  masih sangat minim. Jika mencermati situasi saat ini,murid lebih memilih budaya asing yang menurut mereka lebih praktis dan sesuai dengan perkembangan zaman saat ini. Mereka berpikir bahwa sesuatu yang tradisional tidak cukup menarik karena itu mereka lebih tertarik dengan Budaya asing yang mereka lihat di TV,maupun media lainnya,bahkan mereka cenderung mengikuti gaya atau berprilaku meniru Budaya asing yang menurut mereka menarik.Salah satu Faktor yang menyebabkan minat murid terhadap Budaya Lokal menjadi berkurang adalah tidak adanya sumber informasi tentang kebudayaan daerah yang memadai,

Program Menumbuh kembangkan kecintaan murid terhadap Budaya Daerah dipersiapkan sebagai kegiatan  Ekstra kurikuler,yang dapat diikuti oleh semua murid dari jenjang kelas X sampai kelas XII untuk lebih mengenalkan dan menumbuhkan ketertarikan dan rasa cinta dari murid terhadap budaya dan kearifan Lokal,Program ini akan di dukung dengan berbagai media Digital yang biasanya akrab dengan murid SMA N 2 Manado,yang nantinya akan menjadi sumber Informasi tentang Budaya Lokal.

Program ini sesuai dengan 2 karakteristik Lingkungan yang menumbuh kembangkan kepemimpinan murid yaitu Lingkungan yang melatih murid untuk menerima dan memahami kekuatan diri, sesama, serta masyarakat dan lingkungan di sekitarnya. Dan Lingkungan yang menyediakan kesempatan untuk murid menggunakan pola pikir positif dan merasakan emosi yang positif, hingga berkemampuan dan berkeinginan untuk memberikan pengaruh positif kepada kehidupan orang lain dan sekelilingnya.

Hal-hal yang dilakukan pada Aksi Nyata, dan alasan melaksanakan Aksi.

Hal pertama yang dilakukan sebelum Memulai Program adalah berkonsultasi dengan kepala sekolah,para wakil kepala sekolah tentang latar belakang alasan melaksanakan program dan  bagaimana program  ini dapat berhasil.Selanjutnya melakukan Dialog dengan beberapa rekan kerja tentang cara mengimplementasikan program ini, kemudian Melakukan sesi dialog dengan OSIS,dan dilanjutkan dengan pertemuan bersama perwakilan kelas,selanjutnya curah pendapat bersama murid untuk mengetahui apa yang mereka ketahui tentang Budaya mereka,Selanjutnya membentuk Komunitas Ekstra Kurikuler Budaya.

Tujuan melaksanakan Program yaitu untuk menumbuh kembangkan kecintaan murid terhadap Budaya Lokal,dengan memberikan kesempatan kepada murid untuk memadukan Budaya lokal dengan media Digital sebagai media informasi yang dekat dengan murid untuk mengenalkan dan menumbuh kembangkan kecintaan  murid terhadap Budaya daerah.Tentu saja Program ini dapat terlaksana dengan baik karena adanya dukungan Aset sekolah yang boleh digunakan secara efektif.

Alasan Melaksanakan Aksi nyata adalah untuk menumbuh kembangkan kecintaan murid pada kebudayan Lokal.Murid yang saat ini lebih tertarik dengan kebudayaan asing yang mereka lihat di berbagai media yang menurut lebih menarik dan modern serta lebih cocok dengan gaya hidup mereka.oleh karena itu program kegiatan ini akan di lakukan dengan menggabungkan dua unsur yaitu Budaya dan media Digital, hal ini dilakukan dalam upaya memadukan antara kodrat alam dan kodrat Zaman dengan pemahaman bahwa murid tidak bisa dilepaskan dengan budaya atau kearifan Lokal dimana murid tumbuh dan berkembang akan tetapi juga tidak mengabaikan perkembangan zaman yang dekat dengan murid yaitu kecenderungan murid menggunakan berbagai macam media digital dalam hidup keseharian mereka.

Kegiatan ini mengangkat Budaya lokal sepertiT arian,Lagu,musik, Bahasa, pakaian, makanan, maupun hal-hal lainnya yang  berkaitan erat dengan budaya. Program ini selain melaksanakan kegiatan rutin 2 minggu sekali,menulis Quotes, Puisi,juga informasi tentang Budaya di media sosial, juga  menyelenggarakan ivent pada hari-hari besar Nasional seperti mengadakan perlombaan antar kelas yang memberikan kesempatan murid untuk memilih akan mengangkat Budaya apa untuk mewakili kelasnya(Choice),yang tentunya dalam proses memilih dilakukan musyawarah berdasarkan suara bersama(Voice),dan memberikan kesempatan kepada murid untuk mengatur dan memberi pendapat(kepemilikan) tentang apa yang sudah mereka pilih tentu tidak lepas sesuai dengan asal muasal diri sendiri maupun orangtua.

            Aksi nyata pelaksanaan Program ini menggunakan sumber daya sekolah yang ada secara efektif dan semaksimal mungkin, Program yang berdampak pada murid akan didapatkan dengan menyusun Program tersebut secara kolaboratif dan memanfaatkan kekuatan yang dimiliki. untuk melaksanakan langkah-langkah pengelolaan program yang berdampak pada murid yang menggunakan Model BAGJA yang dilakukan untuk memastikan bahwa program yang dilaksanakan merupakan program yang berdampak pada murid yang pada akhirnya akan mewujudkan Student wellbeing.       

Hasil Aksi Nyata yang dilakukan

            Dengan Terlaksananya Program menumbuh kembangkan kecintaan murid terhadap Budaya daerah, maka program ini merupakan kegiatan Ekstra kurikuler yang dirancang sebagai wadah yang dapat menarik minat murid untuk mencintai Budaya Daerah,dengan memanfaatkan berbagai media digital yang saat ini sangat dekat dengan keseharian murid. Murid perlu diperkenalkan Budaya apa saja yang ada di daerah mereka,dan betapa pentingnya menjaga dan melestarikan budaya sebagai cermin Bangsa.Program kegiatan ini dilaksanakan secara rutin dan berkelanjutan dengan harapan bahwa akan berdampak pada meningkatnya kecintaan murid terhadap budaya daerah.

Hasil Aksi nyata yang dilakukan Di SMA Negeri 2 Manado menunjukkan bahwa dengan terbentuknya Ekstra kurikuler sebagai wadah bagi murid untuk menyalurkan minat dan kecintaan mereka terhadap  budaya daerah atau budaya Lokal,sekaligus sebagai sumber informasi rutin tentang Budaya ,maka semakin banyak murid yang menyadari betapa pentingnya untuk menjaga dan melestarikan Budaya sebagai cermin bangsa.Aksi nyata ini dilakukan dengan dukungan penuh dari pimpinan sekolah dengan menyediakan Aset sekolah berupa musik kolintang,Baju Adat,baju tarian,dan tempat pelaksanaan latihan serta tempat pertemuan untuk kegiatan ekstra kurikuler,semua Fasilitas yang dimiliki oleh sekolah dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin  demi peningkatan kompetensi dari seluruh murid SMA N 2 Manado.

PERASAAN (FEELING)

          Dalam melaksanakan Aksi nyata Program yang berdampak pada murid  ini saya merasa tertantang karena Program ini akan bersentuhan langsung dengan setiap murid yang selama ini menganggap Budaya daerah/budaya lokal kurang menarik karena ada yang berpikir bahwa Budaya Daerah sudah ketinggalan jaman,dan tidak lagi cocok dengan gaya hidup zaman ini,itu sebabnya dalam rancangan awal program kegiatan ini telah dipikirkan bagaimana mengkombinasikan Budaya dan media digital yang sangat dekat dengan murid,sehingga membuat mereka lebih tertarik karena bersentuhan langsung dengan media digital yang dekat dengan mereka yang mereka gunakan sehari-hari.

          Setelah Program ini mulai dilaksanakan ada perasaan senang dan bahagia karena melihat banyaknya dukungan dari berbagai pihak seperti pimpinan sekolah,rekan sejawat bahkan dukungan dari para murid sendiri yang menyambut dengan antusias jalannya program ini.

PEMBELAJARAN ( FINDING) 

    Pembelajaran yang saya dapatkan selama pelaksanaan Aksi nyata ini adalah bagaimana membuat Suatu program yang berdampak pada murid,yang bisa menjadi wadah tempat mengembangkan minat dan bakat murid dan bisa mewujudkan kepemimpinan murid dalam mengembangkan Budaya Daerah.

          Dalam pelaksanaan aksi nyata ini juga saya belajar bagaimana menyusun dan mengelola sebuah Program dengan menggunakan BAGJA, dan bagaimana berkolaborasi bersama pimpinan sekolah,rekan sejawat dan juga para murid demi terwujudnya semua yang telah di Programkan

          Pada pelaksanaan kegiatan ini juga ada pemberian Apresiasi kepada murid atas setiap pencapaian mereka  baik secara pribadi maupun kelompok.setiap karya,tulisan dan pencapaian mereka mendapat pengakuan dan penghargaan dari pihak sekolah.

PENERAPAN KEDEPAN (FUTURE)

Sebagai rencana kedepan akan lebih dipotimalkan lagi untuk pelaksanaan latihan dan bimbingan dalam kegiatan ekstra kurikuler yang dilaksanakan dua minggu sekali dan akan diupayakan keterlibatan tenaga profesional seperti pelatih tari dan musik dari luar sekolah untuk melatih dan membimbing murid.Selain itu juga akan lebih dikembangkan kolaborasi antara guru kesenian dan pembina kegiatan ektra kurikuler Budaya agar Pelaksanaan Program kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan maksimal.

 

Dokumentasi

               

Berkoordinasi dengan para wakil dan kepala sekolah
Berkoordinasi dengan para wakil dan kepala sekolah

                                   

            

Sesi Dialog dengan pengurus OSIS dan perwakilan siswa
Sesi Dialog dengan pengurus OSIS dan perwakilan siswa

Pertemuan dengan pengurus Ekstra kurikuler Budaya
Pertemuan dengan pengurus Ekstra kurikuler Budaya

Contoh ajakan mencintai Budaya dalam media digital
Contoh ajakan mencintai Budaya dalam media digital

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun