Mohon tunggu...
MAWAR FAHIRA
MAWAR FAHIRA Mohon Tunggu... Guru - Mahasiswa PPG Prajabatan Gel.1 Tahun 2023

Mawar Fahira., S.Pd.Gr

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Aksi Nyata Topik 2 - Perspektif Sosio Kultural dalam Pendidikan

11 Maret 2024   13:50 Diperbarui: 11 Maret 2024   13:54 120
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Mulai Dari Diri : Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?
Jawab 

  • Yang saya pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran yaitu saya pikir pembelajaran ini menarik karena mengajarkan bagaimana materi sosiokultural yang akan diperoleh nanti akan diimplementasikan di kelas. Sebelum proses pembelajaran ini saya sudah tertarik dan semangat. Hal ini dikarenakan semangat untuk mempelajari bagaimana menjadi pendidik yang memperhatikan karakteristik peserta didik dengan berlatar belakang sosial, budaya, ekonomi yang berbeda-beda. Saya sangat antusias ketika mengetahui akan mempelajari mengenai SES akan berguna untuk saya sebagai pendidik dapat diterapkan di kelas.

Eksplorasi Konsep : Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini?

 Jawab : 

  • Yang saya pelajari dari konsep pada topik satu ini mengenai SES (Status Ekonomi Sosial). SES merupakan cara yang dapat dilakukan untuk bisa mengelompokan individu ataupun keluarga yang berasal dari kemampuan ekonomi dan masing-masing statu sosialnya. Menjadi pembelajaran yang penting bagi saya sebagai calon pendidik yaitu bagaimana dapat menunjukkan perilaku kepada peserta didik secara adil dan merata. Sehingga dengan SES, saya sebagai calon pendidik dapat menerapkan metode gaya belajar kepada peserta didik yang harus disesuaikan dengan kebutuhan. Pentingnya sebagai calon pendidik untuk dapat menerapkan pemahaman yang sudah didapatkan kepada peserta didik di kelas. Perbedaan sosiokultural yang dimiliki oleh peserta didik dapat mempengaruhi pelaksanaan pembelajaran di kelas.

Ruang Kolaborasi : Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi?

Jawab :

  • Yang saya pelajari lebih lanjut bersama teman-teman dalam ruang kolaborasi yaitu menganalisis buku yang  berjudul Melawan Setan Bermata Runcing. Yang dipelajari yaitu bagaimana faktor sosial, budaya, ekonomu dan politik sangat penting dalam cerita tersebut serta bagaimana guru atau pengajar dalam mempertimbangkan perspektif sosiokultural dalam caranya mengajar pada orang-orang Rimba. Guru mempertimbangkan perspektif sosiokultural dalam mengajar dengan cara menekankan pentingnya konteks budaya dalam dunia pendidikan. Dengan memperhatikan ragam budaya dan latar belakang pendidikan dapat memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi semua peserta didik.

Demonstrasi Kontekstual : Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?

Jawab :

  • Hal penting yang saya pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang saya jalani bersama kelompok maupun pembelajaran dari rekan yaitu dengan mempelajari faktor sosial, budaya, ekonomi dan politik dapat mempengaruhi saya sebagai calon pendidik di masa depan untuk menjadi pendidik yang baik.
  • Tidak hanya itu saja, hal penting yang saya pelajari mengenai kaitan dari berbagai mata kuliah dengan mata kuliah perspektif sosiokultural. Misalnya pada Mata Kuliah Filosofi Pendidikan Indonesia dalam buku tersebut menjadi refleksi bagi pendidik untuk memberikan pendidikan dan pengajaran yang sesuai dengan Kodrat Alam dan Kodrat Zaman. Tidak hanya itu saja sesuai dengan pemikiran Ki Hadjar Dewantara yaitu Pendidikan Yang Memerdekakan Peserta Didik. Pelajaran penting bahwa dengan ilmu pengetahuan baca tulis tidak untuk menggantikan semua ilmu pengetahuan namun sebagai upaya untuk mempertahankan hak bagi masyarakat adat. 
  • Selain itu, dalam mata kuliah Pemahaman Tentang Peserta Didik serta Prinsip Pengajaran Dan Asesmen juga memerikan pembelajaran penting bahwa dalam memberikan pendidikan hendaknya memperhatikan karakteristik peserta didik. Sehingga, jika sudah memperhatikan karakteistik, kemampuan dan kebutuhannya maka akan menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi peserta didik.
  • Kaitan lainnya yaitu dengan Mata Kuliah Pembelajaran Sosial Emosional dengan Mata Kuliah Perspeltif Sosiokultura yaitu pentingnya pembelajaran sosial emosional menjadi catatan penting bagi seorang pendidik yaitu dengan empathy, compassion, mindfulness dan critical inquiry. Pembelajaran sosial emosional sangat diperlukan dalam hal ini, menjadi pendekatan yang unik untuk memberikan pemahaman peserta didik ataupun  untuk masyarakat adat.

Elaborasi Pemahaman : Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini? 

Jawab : 

  • Sejauh ini yang sudah saya pahami terkait topik ini yaitu dalam mempelajari SES terdapat tantangan yang akan dihadapi. Status sosial ekonomi orangtua menjadi penentu prestasi belajar di Sekolah. Ketika misalnya status sosial ekonomi orangtuanya rendah, menjadi kenyataan tidak dapat disangkal da dapat berpengaruh negatif kepada pembelajaran peserta didik. Dengan peserta didik yang mempunyai status sosial ekonomi rendah, maka menjadi tantangan yang lebih baik bagi saya sebagai pendidik. Yang dapat dilakukan sebagai pendidik yaitu memberikan strategi pembelajaran yang tepat.

Apa hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai ?

Jawab :

  • Pemahaman awal saya yaitu sebelum mempelajari topik ini bahwa dalam pembelajaran di kelas status sosio ekonomi tidak begitu menjadi penentu prestasi belajar di sekolah. Tetapi, setelah saya mempelajari status sosio ekonomi ternyata SES itu sendiri sangat menjadi penentu prestasi belajar peserta didik. Misalnya di kelas terdapat peserta didik yang status sosio ekonominya rendah, maka akan menjadi tantangan yang lebih bagi saya sebagai pendidik. Sebagai pendidik penting sekali untuk mengenali latar belakang status sosio ekonomi peserta didik.

Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut?

  • Jawab :
    Hal yang ingin dipelajari lebih lanjut yaitu bagaimana caranya menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi peserta didik di tengah keberagaman latar belakang status sosio ekonomi peserta didik yang beragam. Serta ingin mempelajari lebih lanjut bagaimana saya sebagai seorang pendidik nantinya di masa depan dapat memberikan pemahaman kepada peserta didik untuk tidak melakukan tindakan diskriminasi di tengah maraknya kasus bullying yang dilakukan antar teman sebaya yang berdampak pada ketidaknyamanan proses pembelajaran di sekolah. 

Koneksi Antar Materi : Apa yang Anda pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah lain?

Jawab :

Apa yang Anda pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah lain?
Jawab :
Yang saya pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah yang lain yaitu diantaranya :
Mata Kuliah Filosofi Pendidikan Indonesia 
Yang sudah saya pelajari adanya keterkaitan antara mata kuliah Perspektif Sosiokultural dengan Mata Kuliah Filosofi Pendidikan yaitu adanya mempelajari SES menjadi refleksi untuk dapat menerapkan pembelajaran yang tetap memperhatikan sosial, budaya bahkan status sosial ekonominya. Walaupun SES yang beragam namun tetap memberikan pendidikan yang memerdekakan peserta didik sesuai dengan pemikiran KHD. Sebagai calon pendidik juga harus memahami terlebih dahulu latar belakang status ekonomi Sehingga dapat memberikan sikap dan perlakuan yang adil kepada peserta didik tanpa memandang dan membedakan status ekonomi atau latar belakangnya.
Mata Kuliah Prinsip Pengajaran Dan Asesmen 
Yang sudah saya pelajari adanya keterkaitan antara mata kuliah Perspektif Sosikultural dengan Mata Kuliah memberikan pembelajaran hendaknya memperhatikan karakteristik peserta didiknya telebih dahulu. Sehingga, jika sudah memperhatikan karakteristik, kemampuan dan kebutuhannya maka akan menciptakan lingkungan pembelajaran yang aman dan nyaman bagi peserta didik. sebagai calon pendidik dapat menerapkan metode gaya belajar kepada peserta didik yang harus disesuaikan dengan kebutuhan. Pentingnya sebagai calon pendidik untuk dapat menerapkan pemahaman yang sudah didapatkan kepada peserta didik di kelas. Perbedaan sosiokultural yang dimiliki oleh peserta didik dapat mempengaruhi pelaksanaan pembelajaran di kelas.
Mata Kuliah Pemahaman Peserta Didik 
Yang sudah saya pelajari adanya keterkaitan antara Mata Kuliah Pemahaman Peserta Didik kaitannya yaitu antara mata kuliah pemahaman peserta didik dengan mata kuliah perspektif sosiokultural dapat saling berkolaborasi bagi pendidik untuk merancang pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Sehingga dapa menciptakan pembelajaran yang efektif dan memahami keragaman peserta didik.
 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun