Mulai Dari Diri : Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?
JawabÂ
- Yang saya pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran yaitu saya pikir pembelajaran ini menarik karena mengajarkan bagaimana materi sosiokultural yang akan diperoleh nanti akan diimplementasikan di kelas. Sebelum proses pembelajaran ini saya sudah tertarik dan semangat. Hal ini dikarenakan semangat untuk mempelajari bagaimana menjadi pendidik yang memperhatikan karakteristik peserta didik dengan berlatar belakang sosial, budaya, ekonomi yang berbeda-beda. Saya sangat antusias ketika mengetahui akan mempelajari mengenai SES akan berguna untuk saya sebagai pendidik dapat diterapkan di kelas.
Eksplorasi Konsep : Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini?
 Jawab :Â
- Yang saya pelajari dari konsep pada topik satu ini mengenai SES (Status Ekonomi Sosial). SES merupakan cara yang dapat dilakukan untuk bisa mengelompokan individu ataupun keluarga yang berasal dari kemampuan ekonomi dan masing-masing statu sosialnya. Menjadi pembelajaran yang penting bagi saya sebagai calon pendidik yaitu bagaimana dapat menunjukkan perilaku kepada peserta didik secara adil dan merata. Sehingga dengan SES, saya sebagai calon pendidik dapat menerapkan metode gaya belajar kepada peserta didik yang harus disesuaikan dengan kebutuhan. Pentingnya sebagai calon pendidik untuk dapat menerapkan pemahaman yang sudah didapatkan kepada peserta didik di kelas. Perbedaan sosiokultural yang dimiliki oleh peserta didik dapat mempengaruhi pelaksanaan pembelajaran di kelas.
Ruang Kolaborasi : Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi?
Jawab :
- Yang saya pelajari lebih lanjut bersama teman-teman dalam ruang kolaborasi yaitu menganalisis buku yang  berjudul Melawan Setan Bermata Runcing. Yang dipelajari yaitu bagaimana faktor sosial, budaya, ekonomu dan politik sangat penting dalam cerita tersebut serta bagaimana guru atau pengajar dalam mempertimbangkan perspektif sosiokultural dalam caranya mengajar pada orang-orang Rimba. Guru mempertimbangkan perspektif sosiokultural dalam mengajar dengan cara menekankan pentingnya konteks budaya dalam dunia pendidikan. Dengan memperhatikan ragam budaya dan latar belakang pendidikan dapat memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi semua peserta didik.
Demonstrasi Kontekstual : Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?
Jawab :
- Hal penting yang saya pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang saya jalani bersama kelompok maupun pembelajaran dari rekan yaitu dengan mempelajari faktor sosial, budaya, ekonomi dan politik dapat mempengaruhi saya sebagai calon pendidik di masa depan untuk menjadi pendidik yang baik.
- Tidak hanya itu saja, hal penting yang saya pelajari mengenai kaitan dari berbagai mata kuliah dengan mata kuliah perspektif sosiokultural. Misalnya pada Mata Kuliah Filosofi Pendidikan Indonesia dalam buku tersebut menjadi refleksi bagi pendidik untuk memberikan pendidikan dan pengajaran yang sesuai dengan Kodrat Alam dan Kodrat Zaman. Tidak hanya itu saja sesuai dengan pemikiran Ki Hadjar Dewantara yaitu Pendidikan Yang Memerdekakan Peserta Didik. Pelajaran penting bahwa dengan ilmu pengetahuan baca tulis tidak untuk menggantikan semua ilmu pengetahuan namun sebagai upaya untuk mempertahankan hak bagi masyarakat adat.Â
- Selain itu, dalam mata kuliah Pemahaman Tentang Peserta Didik serta Prinsip Pengajaran Dan Asesmen juga memerikan pembelajaran penting bahwa dalam memberikan pendidikan hendaknya memperhatikan karakteristik peserta didik. Sehingga, jika sudah memperhatikan karakteistik, kemampuan dan kebutuhannya maka akan menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi peserta didik.
- Kaitan lainnya yaitu dengan Mata Kuliah Pembelajaran Sosial Emosional dengan Mata Kuliah Perspeltif Sosiokultura yaitu pentingnya pembelajaran sosial emosional menjadi catatan penting bagi seorang pendidik yaitu dengan empathy, compassion, mindfulness dan critical inquiry. Pembelajaran sosial emosional sangat diperlukan dalam hal ini, menjadi pendekatan yang unik untuk memberikan pemahaman peserta didik ataupun  untuk masyarakat adat.
Elaborasi Pemahaman : Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini?Â
Jawab :Â
- Sejauh ini yang sudah saya pahami terkait topik ini yaitu dalam mempelajari SES terdapat tantangan yang akan dihadapi. Status sosial ekonomi orangtua menjadi penentu prestasi belajar di Sekolah. Ketika misalnya status sosial ekonomi orangtuanya rendah, menjadi kenyataan tidak dapat disangkal da dapat berpengaruh negatif kepada pembelajaran peserta didik. Dengan peserta didik yang mempunyai status sosial ekonomi rendah, maka menjadi tantangan yang lebih baik bagi saya sebagai pendidik. Yang dapat dilakukan sebagai pendidik yaitu memberikan strategi pembelajaran yang tepat.
Apa hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai ?
Jawab :
- Pemahaman awal saya yaitu sebelum mempelajari topik ini bahwa dalam pembelajaran di kelas status sosio ekonomi tidak begitu menjadi penentu prestasi belajar di sekolah. Tetapi, setelah saya mempelajari status sosio ekonomi ternyata SES itu sendiri sangat menjadi penentu prestasi belajar peserta didik. Misalnya di kelas terdapat peserta didik yang status sosio ekonominya rendah, maka akan menjadi tantangan yang lebih bagi saya sebagai pendidik. Sebagai pendidik penting sekali untuk mengenali latar belakang status sosio ekonomi peserta didik.