Mahasiswa KKN Tematik Asistensi Mengajar Universitas Negeri Surabaya mengembangkan media pembelajaran di SD Negeri Gondang, Desa Gondang, Kecamatan Karangrejo, Kabupaten Magetan. Program ini dilaksanakan pada hari Selasa, 27 November 2023.
Media pembelajaran yang dikembangkan ada dua, yaitu BSM "Breathing System Monopoly Games" untuk mata pelajaran IPAS dan "Slide & Ladder" untuk mata pelajaran Matematika. Â Pembuatan media pembelajaran ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar dan peningkatan hasil belajar siswa di mata pelajaran IPAS dan Matematika.
Media pembelajaran ini dipilih berdasarkan hasil observasi terkait cara dan sikap belajar siswa di SD Negeri Gondang. Siswa disana lebih tertarik dan semangat apabila pembelajaran disertai permainan. Selain itu siswa sangat tertarik akan adanya reward  atau penghargaan atau hadiah disetiap pembelajaran.
BSM "Breathing System Monopoly Games"
Merupakan media pembelajaran yang diadaptasi dari permainan monopoli. Monopoli merupakan permainan papan klasik yang telah menjadi favorit banyak orang, sehingga dapat menjadi alat yang efektif dalam pembelajaran. Â Berikut bahan pembelajaran dan peraturan pada pembelajaran dengan menggunakan permainan BSM :
Bahan Pembelajaran
- Tempat: papan monopoli disesuaikan dengan organ organ dan penyakit pada sistem pernapasan manusia, seperti hidung, faring, bronkus, paru-paru, flu, dan asma.
- Kartu Pertanyaan: Kartu berisi pertanyaan seputar organ organ sistem pernapasan dan informasi penting terkait
- Kartu Kesempatan dan Dana Umum: kartu yang memberikan petunjuk-petunjuk yang harus diikuti selama permainan
- Uang monopoli : digunakan untuk memberikan insentif dan membuat permainan lebih menarik
Aturan Permainan
- Setiap pemain melempar dadu untuk maju dan selanjutnya mereka mengikuti petunjuk di papan yang berkaitan dengan organ sistem pernapasan
- Jika seseorang pemain mendarat di "paru-paru" mereka harus mejawab pertanyaan terkait organ tersebut untuk maju. Jika orang tersebut menjawab dengan benar makan diberikan uang monopoli 1 koin.
- Jika seseorang mendarat di "penjara" maka harus membayar sebesar 1 koin di bank monopoli.
- Jika seseorang mendarat di kotak "kesempatan" maka dia mengambil 1 kartu kesempatan dan mengikuti perintah yang ada pada kartu tersebut.
- Jika seseorang mendarat di kotak "dana umum" maka dia mengambil 1 kartu dana umum  dan mengikuti perintah yang ada pada kartu tersebut.
Slide and Ladder
Merupakan media pembelajaran yang diadaptasi dari permainan ular tangga. Ular tangga merupakan permainan yang cukup populer pada anak anak. Â Media pembelajaran ular tangga ini memberikan pendekatan yang menyenangkan dan efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa. Dengan menggunakan konsep yang interaktif dan visual, pembelajaran matematika tidak hanya menjadi lebih mudah dipahami tetapi juga lebih menarik bagi para siswa. Berikut merupakan bahan dan peraturan yang ada pada pembelajaran dengan menggunakan permainan Slide & Ladder.
Bahan Pembelajaran
- Tempat : papan slide & ladder menggunakan papan dari benner. Dimana setiap kotak terdapat perkalian dan pembagian
- Kartu soal : kartu yang berisi soal soal  terkait perkalian atau pembagian.
Aturan Permainan
- Pemain menentukan urutan antar pemain terlebih dahulu
- Pemain pertama memulai dari kotak paling kiri bawah
- Permainan ini menggunakan dadu untuk menentukan kotak mana yang akan dituju
- Pemain wajib menjawab soal-soal yang ada pada setiap kotak, jika pemain gagal menjawab, maka Ia harus mundur ke tempat sebelumnya
- Jika terdapat seluncuran dan tangga, maka pemain wajib menjawab soal yang disediakan terlebih dahulu. Jika berhasil menjawab, maka Ia berhak naik tangga atau tidak turun seluncuran. Jika pemain tidak bisa menjawab maka berlaku sebaliknya.
- Pemain wajib melakukan perintah pada setiap kotak yang ada.
- Pemain yang terlebih dahulu mencapai kotak terakhir dan menjawab benar, maka Ia yang menjadi pemenangnya
Kedua permainan ini cukup efektif dalam mengembangkan kemampuan, pemahaman, dan hasil belajar siswa. Pernyataan ini didukung oleh Suciati (2021), bahwa media pembelajaran menggunakan permainan ular tangga terbukti dapat meningkatkan hasil belajar, keaktifan belajar siswa, kemampuan matematis, dan motivasi siswa. Selain itu, permainan monopoli menurut penelitian yang telah disadur dapat  membuat suasana lebih aktif dan menyenangkan. Menurut Ardhani (2021), media pembelajaran berupa permainan monopoli dapat dikatakan layak dalam suatu pembelajaran.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H