Mohon tunggu...
Inovasi

Ketrampilan Dasar Menulis untuk SD/MI

6 Mei 2016   12:39 Diperbarui: 6 Mei 2016   13:37 889
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Nama : Mauliya Akhsanah

NIM : 2015030053

Kelas : PGMI 2B

Makul : Ketrampilan Dasar Menulis SD/MI

UNIVERSITAS SAINS AL-QUR’AN

Ketrampilan Dasar Menulis untuk SD/MI

Menulis dapat didefinisikan sebagai suatu kegiatan penyampain pesan (komunikasi) dengan menggunakan bahasa tulis sebagai alat atau medianya. Di dalam dunia pendidikan dasar SD/MI keterampilan menulis merupakan susunan ketrampilan yang paling terakhir didalam proses kegiatan belajar ketrampilan berbahasa setelah keterampilan menyimak, berbicara, membaca dan menulis. Dari keempat ketrampilan berbahasa yang harus dikuasai oleh siswa, yang paling sulit untuk dikuasai adalah ketrampilan menulis.

Biasanya dalam proses pembelajaran ketrampilan menulis SD/MI perjuangan siswa yang harus diasah adalah kemampuan menulis siswa agar tulisannya bagus dan jelas dibaca. Sebenarnya tulisan yang baik itu bukan tulisan yang bagus , tetapi tulisan yang baik adalah tulisan yang rapih , karena tulisan yang rapih akan terlihat indah serta enak dibaca. Untuk anak yang terbiasa menulis rapih akan mendapatkan manfaatnya kelak , karena kebiasaanya menulis dengan rapih akan memudahkan dia mengembangkan atau mengekspresikan pikiran atau imajinasinya dalam bentuk tulisan. Dengan demikian siswa dapat dengan mudah meningkatkan kemampuan menulisnya.

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam meningkatkan ketrampilan menulis yaitu :

  • Ajarkan cara memeganng pensil yang benar.

Posisi yang benar dalam memeganag pensil akan membuat anak nyaman dalam menulis dan tidak cepat merasa pegal.

.

  • Jangan memberi target.
  • Biarkan anak menuliskan apa yang ingin ditulisnya, orangtua/guru hanya membimbing agar anak dapat menulis dengan baik. Misalnya anak harus membuat sebuah kalimat atau cerita. Biarkan anak menulis sesuai dengan kemampuanya atau imajinasinya.
  • Jangan lihat hasilnya tetapi lihat usahanya.

Orang tua ataupun guru harus memuji anak yang tulisannya sudah bagus maupun yang belum tetap harus diberi penghargaan yang sama. Bukankah anak yang tulisannya “jelek” pun sudah berusaha untuk bisa menghasilkan tulisan.

Agar kemampuan menulis siswa dapat terlatih dengan baik, maka baik orang tua ataupun guru harus senantiasa melatih siswa secara terus-menerus agar ketrampilan menulis dapat tercapai dengan baik. Dalam melatih ketrampilan menulis siswa orang tua bisa melatih anak untuk menulis kegiatan sehari-hari atau pengalaman sang anak ke dalam buku harian atau meminta anak untuk menuliskan apa yang sedang anak itu pikirkan dalam imajinasinya. Biasanya anak suka menuangkan imajinasinya dalam bentuk gambar lalu ia menulis kata-kata disamping gambar itu. Jika anak sudah mampu menuangkan imajinasinya dengan baik, maka ia akan mudah dalam membuat karangan.

DAFTAR PUSTAKA

http://www.parenting.com (diambil Minggu, 1 Mei 2016 Pukul 18.00)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun