Mohon tunggu...
Maulini Anggeriani
Maulini Anggeriani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Program Studi Manajemen Univ Trilogi

Artikel tentang Komunikasi Pemasaran yang Menarik.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Memanfaatkan Gadget di Era Pandemi Sekarang Menggunakan Strategi Pemasaran

11 Juli 2022   00:00 Diperbarui: 11 Juli 2022   17:23 183
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Tulisan ini dimuat "untuk memenuhi tugas UAS Mata Kuliah Komunikasi Pemasaran yang diberikan oleh Dosen Pengampu, Bapak Dr. Kabul Wahyu Utomo.

Semakin meningkatnya angka penularan virus Covid-19 di Indonesia membuat pemerintah mengambil kebijakan agar seluruh masyarakat Indonesia menerapkan untuk menjaga jarak sosial atau yang sering kita kenal social distancing. Kebijakan itu akhirnya membuat banyak perusahaan, sekolah dan kegiatan yang memerlukan interaksi secara langsung harus di hindari dan menerapkan work from home dan online-learning di setiap kegiatannya. 

Banyak pebisnis resah akibat pandemi. Pasalnya, hal ini tidak pernah terjadi sebelumnya. Pada masa ini, banyak orang merasa khawatir dan cemas dengan segala ketidak pastian yang ada. Beberapa orang terdampak langsung dengan pandemi ini. Persaingan usaha yang semakin ketat di era globalisasi harus disikapi oleh para pelaku bisnis/usaha dengan menerapkan langkah-langkah strategis bagi kelangsungan usahanya.

Kondisi pasar juga sebelum dan saat pandemi Covid-19 tentu saja mengalami perubahan yang signifikan dan hal inilah yang ditakutkan banyak pengusaha pengusaha  tentang stabilitas perusahaannya atau bisnis yang dijalaninya saat ini. Namun, hal yang terjadi saat ini bisa diatasi oleh perusahaan jika mereka memiliki strategi komunikasi marketing bisnis yang  modern dan mengikuti jaman. Lalu bagaimana caranya dan apa sajakah yang harus disiapkan untuk melanjutkan bisnisnya di era pandemi saat ini?

069168400-1531891140-bisnis-online-62cbe5611cc83d4f3933ba82.jpg
069168400-1531891140-bisnis-online-62cbe5611cc83d4f3933ba82.jpg
1. Manfaatkan Media Sosial

Saat masyarakat yang harus terpaksa menjaga jarak atau sosial distancing, media sosial mampu menjadi hiburan yang bisa mereka akses. Pemilihan media sosial juga mampu untuk mengembangkan bisnis yang saat ini masih buka dengan melakukan medium komunikasi marketing yang harus disesuaikan kebutuhannya. Jika dalam membuka usaha target pasar yang di tentukan ialah para remaja-dewasa muda, platform atau aplikasi yang sesuai adalah Instagram, Twitter, hingga Tiktok yang  saat ini sangat pesat pemasarannya.  dan jika usaha yang dibangun saat initertuju pada usia dewasa hingga lebih tua umur nya Aplikasi  Facebook lah yang tepat untuk mempromosikan nya.

2. Menggunakan Berbagai Media ataupun Website Sekaligus

Strategi komunikasi marketing bisnis akan lebih maksimal apabila Perusahaan memaksimalkan media ataupun website di internet.  website sangat berpengaruh dalam meraih brand awareness konsumen. Website yang berupa link mempermudah konsumen untuk dapat langsung tertuju kepada perusahaan untuk mempertanyakan hal hal yang berhubungan dalam penjualan.

3. Menambah dan Memperbarui Strategi Perusahaan 

Tren yang berkembang pesat dalam dunia  internet bergerak begitu cepat, sehingga dalam melakukan perubahan ataupun menambah  strategi harus sesuai dengan tren dan topik yang ada agar lebih update dan berkembangnya perusahaan dengan menggunakan berbagai info dari medsos perusahaan dapat mengetahui dengan cepat apa saja yang terbaru terjadi saat ini.

4. Melakukan empati perusahaan kepada Konsumen

Perusahaan harus bisa menunjukkan pada audience dan pelanggan bahwa sebagai sebuah bisnis, perusahaan peduli terhadap mereka. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar bisnis tetap jalan di masa pandemi ini diantaranya:

Menghormati dan menjaga hubungan perusahaan dengan pelanggan. Melakukan promosi penjualan yang tepat. Menentukan strategi penjualan yang kreatif. Tidak menanggapi secara berlebihan apalagi memutuskan stop selling.

5. Memastikan dan Meningkatkan Kesehatan dan Kerapian Toko

Di masa pandemi Covid-19  karyawan harus dipastikan dalam keadaan benar benar sehat dan rutin melakukan swab ataupun antigen dalam rangka ini untuk memastikan karyawan melakukan SOP sesuai dengan aturan dan ke Higienis an suatu produk atau barang yang akan diproduksi dan dipasarkan. Toko pun harus terlihat rapi dan paham produk ini adalah  kunci awal untuk pemasaran dalam produk yang akan dijual sehingga konsumen tertarik dan terus membeli kembali meskipun harga yang ditawarkan terlihat lebih mahal tetapi kebersihan dan kerapian yang utama dijaga akan membuat mereka mengingat selalu.

6. Melakukan Creativity tanpa batas

Yaitu tentang melakukan sesuatu agar orang lain mengetahui bisnis kita. Dengan melakukan kreativitas, dalam hal ini peusahaan bisa mengirimkan produk terlebih dahulu kepada rekan rekan terdekat atau  disebut tester(sample) dan bisa juga mengirimkan kepada influencer seperti selebgram,selebtiktok ataupun youtuber  yang tepat sesuai target pasar dan sesuai bidang mereka masing masing sehingga perusahaan dapat meminta mereka yang telah bekerjasama dengan perusahaan untuk mereview suatu produk atau jasa yang saat ini kita kelola. Cara ini pula dapat mempengaruhi nilai penjualan sehingga dapat dikenal lebih luas.

7. Menawarkan Produk Secara Gratis

Dengan Melakukan penawaran secara langsung terhadap masyarakat Adalah Salah Satu Contoh Strategi Pemasaran Yang Efektif. Cara ini dianggap efektif dalam menjaring konsumen karena sesuatu yang gratis akan sangat sulit dilewatkan begitu saja.

Sebuah perusahaan bisa saja memilih event atau langsung menawarakan sample dan contoh gratis secara door to door kepada calon konsumennya dan meminta data konsumen untuk di data kembali sehingga mempermudah untuk melakukan penawaran produk kembali. Dan Jika produk tersebut berupa jasa ataupun media digital maka perusahaan dapat menawarkan free trial atau mencoba gratis untuk menarik minat calon konsumen agar dapat mengetahui produk.

8. Melakukan Bauran Promosi di berbagai alat komunikasi

Advertising (Iklan), merupakan salah satu alat guna bentuk promo suatu produk yang sering digunakan.
Personal Selling, adalah alat komunikasi yang mempromosikan secara langsung lepada pembeli.
Sales Promotion, suatu usaha guna mempengaruhi konsumen.
Public Relations, suatu perusahaan yang beradaptasi dengan masyarakat.
Publicity, merupakan suatu kegiatan dalam permintaan, yang kegiatannya tidak dibiayai seseorang atau perusahaan.
Sponsorship

9. Melakukan Sponsorship di platfrom atau papan iklan

Mempromosikan suatu Produk dapat dilakukan menggunkan teknik ini agar suatu produk atau jasa yang dikelola diketahui oleh masyarakat luas.

Dengan melakukan berbagai Strategi-Strategi dan Teknik diatas dapat memperbarui nilai masyarakat terhadapat perusahaan agar dapat berkembang pesat sehingga produk atau jasa yang di kelola dapat dikembangkan dengan berbagai produk-produk atau jasa yang terbaru dan lebih update.

Demikian tulisan ini dimuat, semoga apa yang saya tulis dapat bermanfaat kepada para pembaca.

Terimakasih..

Maulini Anggeriani-19113034

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun