Oleh: Syamsul Yakin dan Maulidya Dian Nugraha
Dosen dan Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Ada tiga unsur dalam beretorika yang memiliki peran yang sangat penting, ketiga unsur penting ini dikemukakan oleh Aristoteles, yaitu:
1. Phatos
Makna pathos berati bahwa seorang komunikator harus memiliki kemampuan emosional yang baik dalam mengelola emosi, empati, dan persuasi. Melalui kadar empati dan persuasi tersebut akan terbangun komunikasi yang produktif
Dalam konteks komunikasi, pathos mengacu pada kemampuan seorang komunikator untuk mengelola emosi, menunjukkan empati, dan membangun persuasi melalui pesan yang disampaikan.
2. Logos
Menurut retorika klasik , logos merupakan sarana persuasi dengan menunjukkan bukti logis, nyata.
Logos merupakan salah satu konsep penting dalam retorika dan komunikasi. Dengan menggunakan logos, pembicara dapat membangun argumen yang kuat dan meyakinkan. Oleh karena itu, logos menjadi alat yang efektif dalam persuasi dan komunikasi.
3. Ethos
Ethos adalah kekuatan yang dimiliki komunikator (pembicara) dari karakter pribadinya, sehingga ucapan-ucapannya dapat dipercaya.
Ethos merupakan salah satu unsur penting dalam retorika yang berfungsi untuk membangun kredibilitas dan etika seorang pembicara, dengan memahami dan memperkuat ethos, seorang pembicara dapat membangun kepercayaan dan memengaruhi audiens dengan lebih efektif.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H