Pandemi Covid 19 masa pandemi yang tidak terduga dimana situasi dan kondisi mengalami kendala yang menyebabkan para siswa ,guru dan orang tua ketidaksiapan dalam melakukan sistem yang diterapkan yaitu melakukan sistem pembelajaran jarak jauh yang telah dirasakan oleh seorang siswa Fulanah siswa yang menduduki kelas 1 Smp.
Fulanah adalah siswa yang menjadi salah satu dari jutaan siswa di lingkungan sekolah dituntut untuk tetap bersekolah di tengah berbagai keterbatasan selama Pandemi , Fulanah mengalami keresahan yang dialaminya dalam melakukan kegiatan pembelajaran  yang sebagai mana Fulanah sulit untuk mengerti pembelajaran sebagai mana Fulanah tidak dapat berinteraksi secara langsung dan aktif dengan guru.
Fulanah dikatakan oleh guru - guru di lingkungan sekolah sebagai murid yang berprestasi dan aktif dalam pembelajaran berlangsung di ruangan kelas ,setiap adanya pertanyaan yang di berikan  oleh bapak / ibu guru Fulanah sangat aktif dalam menjawab pertanyaan yang telah diberikan.Fulanah selama masa pandemi melakukan pembelajaran daring melalui media pembelajaran online yang telah di sepakati oleh bapak / ibu guru di lingkungan sekolah yaitu seperti aplikasi ;
1.goggleclassroom
2.zoom
3.ruang guru
Seluruh pembelajaran menggunakan gawai sehingga Fulanah merasa ke tidakpuasan dalam pembelajaran dan permasalahan yang dirasakan oleh Fulanah jenuh . Fulanah  dalam memegang Hp dalam keadaan waktu lama dan pembelajaran sedang dimulai Fulanah mengalami sakit mata apabila terlalu berhadapan dan memegang Hp saat terlalu lama guru memberikan pembelajaran sekolah daring.
Orang tua Fulanah mengalami berbagai kendala melihat kondisi pembelajaran anaknya yang sangat tidak memungkinkan dalam waktu lama ,sebagaimana orang tua Fulanah memikirkan strategi bagaimana kondisi anaknya yang melakukan pembelajaran online daring yang menjadi hambatan dalam materi menjadi sulit dipahami dan banyaknya tugas yang diberikan melalui daring bisa menumpuk dan Fulanah sulit untuk membagi waktu untuk mengerjakan nya dan merasa kewalahan yang dialami nya pada saat itu, ketidakseimbangan waktu belajar yang minim karena dimana sulit untuk mencari alternatif pembelajaran yang ingin digunakan oleh Fulanah.
Para bapak ibu guru di lingkungan sekolah Fulanah berkata melakukan pembelajaran yang ditetapkan dalam kendala dan kondisi pandemi yang sedang berlangsung perubahan interaksi di saat pembelajaran daring merupakan dampak yang sejumlah siswa mengalami kesulitan dalam pembelajaran langsung.Para siswa dituntut harus melaksanakan pembelajaran secara individu dari rumah ,segala interaksi baik dengan guru dan juga teman-teman di ruangan kelas media pembelajaran dilakukan secara tidak langsung atau secara online daring .
Fulanah sebagai siswa kelas 1 Smp yang baru masuk ke pendidikan menengah pertama sebagai mana Fulanah memikirkan perubahan lingkungan oleh teman sebayanya ,Fulanah belum pernah bertemu dengan teman nya dan kenalan pun belum pernah dan tidak dapat belajar serta berdiskusi bersama sama .Â
Fulanah juga mengalami kesulitan akses melalui jaringan internet yang buruk  di dalam rumahnya,sebagaimana Fulanah harus segera keluar rumah disaat mau mengumpulkan tugas online daring nya.Â
Fulanah merasa kurang efektif dalam mengumpulkan tugas karena dalam pembelajaran daring banyak hambatan seperti terbatas nya perangkat pendukung pembelajaran daring buruknya kualitas internet dan tidak mampu membeli kuota internet  ,kesulitan beradaptasi pada pembelajaran sebelumnya siswa tidak terbiasa melakukan belajar mandiri di rumah.Fulanah mengungkapkan kepada bapak maupun ibu guru kesulitan belajar yang dialaminya adalah suatu gangguan yang dalam satu atau lebih dari proses psikologi dasar yang mencangkup pemahaman .
Gangguan ini dapat menampakkan diri dalam bentuk kesulitan berpikir ,berbicara ,mendengarkan secara langsung dan kemampuan terbatas dalam melakukan  penalaran yang dimiliki oleh siswa Fulanah.Fulanah kesulitan untuk memahami materi matematika yang sebagaimana yang diberikan oleh guru kurangnya penjelasan yang diberikan,banyak rumus yang harus dipelajari akan tetapi guru tidak menjelaskan secara rinci yang mengenai materi  bahkan hanya dengan cara mudah hanya sekedar memberi materi dan soal tanpa adanya memberikan penjelasan materi yang di berikan.
Dengan kesulitan pembelajaran daring matematika Fulanah menyajikan  berbagai media pembelajaran yang menarik yaitu menggunakan media pembelajaran yang kreatif dan me manfaatkan aplikasi sumber  internet lainnya.
Faktok - Faktor yang dialami Fulanah  yaitu dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dapat mencangkup faktor psikologi yang kedua faktor eksternal yang adanya faktor fisiologis siswa,guru dan orang tau
Kurangnya interaksi Fulanah dengan guru selama masa pandemi memperlambat  terbentuknya penilaian serta penalaran,adanya pandemi covid 19 mengakibatkan menurunya kualitas dari berbagai dalam bidang pendidikan,pembelajaran  daring atau online dapat dikatakan kurang efektif untuk mencapai  tujuan pendidikan sehingga kualitas pendidikan dalam pembelajaran pun menurun,Baik siswa guru dan orang tua memiliki kesulitan tersendiri dalam mengatasi nya.
Selain itu orang tua juga harus memberikan motivasi dalam belajar masa pandemi covid 19 ,sayang sekali tidak semua orang tua dapat mendampingi dan memberikan motivasi kepada anaknya dalam pembelajaran daring dengan disebabkan adanya kesibukan tersendiri dan kurangnya pengetahuan orang tua dalam  teknologi pembelajaran yang digunakan anaknya tersebut.
Fulanah memotivasi kan dirinya  dan berharap  dapat memahami pembelajaran dan dapat meningkatkan kompetensi  pembelajaran dalam kegiatan daring yang telah berlangsung
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H