Hai, kompasianers! Anda salah satu pegiat digital marketing? Anda baru saja mulai belajar digital marketing? Digital marketing belakangan telah banyak memberikan kemudahan pada kita lho. Penjual lebih mudah memasarkan dagangannya dari rumah. Sedangkan konsumen juga diuntungkan dengan metode berbelanja yang lebih praktis dan lebih efisien.
Digital marketing Indonesia memiliki market yang besar dewasa ini. Digital marketing terjadi akibat pergeseran gaya hidup masyarakat kita yang mulai berubah pesat. Sedikit demi sedikit, penjualan konvensional mulai berkurang digantikan dengan penjualan digital. Baik bagi kalangan muda atau tua, digital marketing memberikan dampak besar.
Digital Marketing Indonesia
Siapa yang tidak tahu sosok satu ini? Kiprahnya dalam digital marketing Indonesia berlangsung sejak 15 tahun silam. Digital marketing kala itu masih dikenal dengan sebutan internet marketing dan hanya dikenal untuk kalangan tertentu saja. Semacam rahasia dan underground karena banyak masyarakat yang belum sepenuhnya paham internet.Â
Dia adalah Denny Santoso. Bermodal dari skill programmer dan komputer yang dia miliki, sejak 2007 dia mempelajari digital marketing. Setelah mengalami kerugian besar lewat trading saham online, dia tak patah semangat. Di tahun 2008 dia mendirikan DuniaFitnes.com, portal fitnes besar dengan pengunjung jutaan. Dia pun meluncurkan seri buku Rahasia Diet: The Concept, The Diet, The Workout.Â
Co-founder dari IdeaCloud ini telah mendirikan lebih dari 5 startup. Dia pernah mendirikan Supplier.id, StartupBisnis.com, DigitalMarketer.id, SixReps.com, BeautyTreats.co.id, dan masih banyak lagi. Kesemuanya tidak berjalan baik akan tetapi dia tetap belajar dan mengambil makna dari setiap kegagalan.Â
Dia yang termasuk visioner, di tahun 2012  juga mendirikan Storigraph, sebuah platform sosial media berbasis foto. Layaknya jurnalisme warga, platform ini memiliki fungsi hampir sama dengan Instagram. Waktu itu Instagram belum terbentuk. Namun sayangnya, respon masyarakat kurang baik. Menurutnya platform ini terlalu dini, masyarakat saat itu belum paham makna mengunggah foto aktivitas.
Komunitas Pengaruhi Penjualan dalam Digital Marketing IndonesiaÂ
Menurut Denny Santoso, komunitas sangat mempengaruhi penjualan suatu produk. Pengalamannya berjualan suplemen kesehatan melalui komunitas memberikan pengetahuan lain mengenai digital marketing. Dia juga menilik dari pengalamannya membentuk komunitas lewat startup seperti komunitas diet, kecantikan dan supplier hingga dia menjadi host sebuah TV Show di tahun 2012. Dia semakin memahami impact dari sebuah komunitas terhadap penjualan produk dan branding diri atau branding produk itu sendiri.Â
Pemahamannya mengenai komunitas ini lalu memunculkan konsep dimana berjualan harus memiliki story. Produk yang memiliki story akan memiliki nilai jual tersendiri. Dari komunitas pun akan terbentuk kepercayaan konsumen untuk membeli produknya. Konsumen lebih tertarik membeli produk yang terjamin kualitasnya daripada yang tidak.
TribelioÂ
Dari konsep komunitas tersebut di tahun 2019 Denny Santoso mulai mendirikan Tribelio.com. Tribelio adalah platform manajemen komunitas dalam satu wadah (all in one) yang disesuaikan dengan minat penggunanya. Tribelio diambil dari kata tribe yang berarti suku atau dalam hal ini komunitas. Di tribelio ini, penjual menjadi chief atau kepala suku sedangkan konsumen menjadi anggotanya. Chief juga dapat berinteraksi dengan anggotanya  melalui sejumlah fitur seperti broadcast email, chat, dan push notification.
Tribelio adalah kombinasi dari berbagai sistem grup Facebook, website, dan email marketing. Tribelio adalah tools yang mengintegrasikan ketiganya. Jadi penjual atau marketer tidak perlu menggunakan tools yang berbeda tetapi basis datanya sama.Â
Kemudahan dengan Tribelio
Tribelio ini digadang-gadang menjadi metode digital marketing paling praktis dan efisien untuk perkembangan teknologi saat ini. Banyak yang telah terbantu dengan adanya Tribelio. Dengan Tribelio, marketer atau penjual akan semakin mudah untuk branding produk dan melakukan pemasaran.Â
Harapannya, digital marketing Indonesia semakin super. Selain menjual produk yang telah launching, penjual juga dapat merencanakan strategi untuk produk-produk berikutnya karena telah memiliki database market dalam Tribelio. Pendapatan yang diperoleh pun maksimal.
Berikut ini beberapa kemudahan yang dapat diperoleh dengan menggunakan Tribelio:
1. Praktis
Dengan menggunakan Tribelio, marketer atau penjual dapat meminimalisir basa-basi saat penawaran produk. Tinggal satu klik terhubung langsung pada produk dan penjual. Tersimpan di dalam ponsel, Tribelio mudah dibuka di mana saja dan kapan saja.
2. Katalog Produk
Tribelio juga dapat digunakan sebagai katalog produk yang ditawarkan. Konsumen dapat saling mengetahui kelebihan produk dibandingkan produk yang lain. Bagi konsumen, ini sisi yang menguntungkan karena mempermudah pembelian.
3. Efisien
Menggunakan Tribelio menghemat waktu karena semua database konsumen tersimpan dalam satu tempat (all in one). Marketer dapat melakukan broadcast dan chat dalam satu tempat. Hal ini tentunya semakin menghemat waktu dan tenaga.
4. Branding Diri atau Produk
Dengan Tribelio penjual dapat membuat story suatu produk. Hal ini bertujuan untuk mengenalkan pada konsumen, sehingga konsumen semakin paham produk yang ditawarkan. Tribelio ini dapat digunakan juga sebagai branding diri untuk layanan jasa.
5. Membentuk Komunitas
Dengan menggunakan Tribelio kita dapat bergabung dengan komunitas yang memiliki minat sama. Tentunya ini bermanfaat untuk menemukan informasi mengenai hal yang kita minati.Â
Dengan kemudahan-kemudahan ini harapannya digital marketing Anda semakin super. Penjualan juga semakin super dan bisnis berkembang pesat. Inilah karya anak bangsa yang diharapkan dapat mendunia.Â
Penulis buku Content Creator Black Book ini juga mengatakan, doing is better than perfect. Dengan doing kita dapat tahu apakah ide kita ini berhasil atau tidak. Jika gagal, itu adalah pelajaran yang berharga, pungkas entrepreneur yang juga speaker  digital marketing hingga Amerika ini.(*)
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H