Mohon tunggu...
Maulida
Maulida Mohon Tunggu... Novelis - Admin di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA)

Ibu rumah tangga yang mengabdikan diri di yayasan sosial. Menyukai jurnalistik dan sastra. Memiliki nama pena Pelo Lope dan aktif menulis sejak duduk di bangku SMP tetapi tak pernah publikasi. Sejak 2022 mulai menulis buku antologi melalui beasiswa kepenulisan.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Membuat Desain Bahan Promosi yang Efektif dan Efisien

3 September 2022   12:11 Diperbarui: 3 September 2022   12:21 934
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi Desain Bahan Promosi/Freepik.com

Sudah tidak asing lagi bagi perusahaan atau perseorangan yang melakukan marketing produknya secara online akan menganggap desain bahan promosi adalah item penting. Desain bahan promosi seperti carousel dan flyer ibarat daya tarik sebuah bisnis. Daya tarik ini yang kemudian memikat pelanggan sehingga datang mencari tahu produk yang ditawarkan.  

Desain Bahan Promosi 

Bagi pebisnis online yang melakukan promosi di Instagram pasti akan akrab dengan kata flyer dan carousel. Flyer adalah salah satu media promosi visual berupa kata dengan desain estetik yang memikat. Flyer biasanya dicetak dan digunakan sebagai media promosi yang disebarkan. Flyer juga dapat diartikan sebagai selebaran. Istilah flyer sering dipakai dalam pemasaran online di media sosial. Istilah flyer ini sering dipakai bagi mereka yang berjualan di Instagram, Whatsapp, Facebook dan sebagainya. 

Berbeda dengan flyer, carousel sebenarnya merupakan fitur di media sosial seperti Instagram yang memungkinkan seseorang mengunggah lebih dari satu foto dalam waktu bersamaan. Konten dalam carousel dibuat dengan sangat interaktif dan menarik sehingga pemirsanya tertarik untuk menggeser ke kiri menuju foto berikutnya. Dalam dunia marketing online, baik flyer maupun konten carousel membutuhkan skill desain yang mumpuni agar perpaduan tulisan, warna, serta gambar dan item seni lain terpadu dengan apik dan menarik minat pembeli. 

Membuat Desain Bahan Promosi Efektif dan Efisien

Sebenarnya, membuat desain bahan promosi sendiri sekarang tidak sulit. Ada berbagai macam aplikasi yang bisa diakses melalui ponsel pintar untuk membuat desain bahan promosi sendiri. Canva adalah satu aplikasi yang banyak digunakan oleh mereka yang melakoni marketing online. 

Membuat Desain Bahan Promosi yang Efektif dan Efisien sehingga tertangkap mata oleh pemirsanya hanya perlu memperhatikan 4 prinsip dasar. Prinsip dasar tersebut adalah sebagai berikut:

1. Balance

Contoh Balance Simetris/Dok. Pribadi
Contoh Balance Simetris/Dok. Pribadi

Balance atau keseimbangan dalam sebuah gambar promosi akan mempengaruhi fokus pembacanya. Balance dibagi dua yaitu Balance Simetris dan Balance Asimetris. Balance  simetris yakni peletakan kata dan gambar lurus saja atau rata tengah. Fokusnya ke tengah, seimbang antara kanan dan kiri. Sedangkan Balance asimetris desain promo dimulai dari headline berada di kiri atas lalu isi berada di tengah dan kemudian ke kanan bawah penutup. 

2. Emphasis

Contoh Penggunaan Emphasis dalam Balance Asimetris/Dok. Pribadi
Contoh Penggunaan Emphasis dalam Balance Asimetris/Dok. Pribadi

Emphasis adalah bagian-bagian dalam desain yang perlu diberikan penekanan. Emphasis dalam desain bahan promosi adalah bagian mana saja atau pesan apa yang harus di-highlight atau ditonjolkan. Biasanya bagian ini dipakai ketika diskon atau promo gratis ongkir. Emphasis pada desain bahan promosi dapat dilakukan dengan tiga cara yakni membedakan font, membedakan warna font serta memberikan latar shapes pada tulisan

3. Repetisi

Agar pembuatan desain bahan promosi efektif dan efisien lakukan juga repetisi atau pengulangan. Ganti bagian kata atau gambarnya saja akan tetapi warna dan struktur desainnya tetap sama dengan sebelumnya. Background juga dapat disamakan. 

4. Unity 

Contoh Unity/Dok. Indscript Creative
Contoh Unity/Dok. Indscript Creative

Desain flyer di Indscript Creative selalu menggunakan warna merah dan warna lain yang seirama dengan warna merah. Hal ini menunjukkan kesan kesatuan karena identitas Indscript Creative adalah warna merah. Dengan penggunaan warna merah ini desain lebih dikenali sebagai hak milik Indscript Creative.

Jasa Penulisan dan Desain Bahan Promosi Indscript Creative

Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang kepenulisan untuk bisnis, Indscript Creative membuka jasa penulisan dan desain bahan promosi. Penulisan untuk promosi atau sering dikenal dengan copywriting membutuhkan skill khusus agar menarik minat pelanggan. Indscript menyediakannya bagi Anda pebisnis online yang sibuk dan butuh asisten untuk mengelola promosi di Instagram atau media sosial lainnya.

Memadukan tulisan dan desain yang cantik, jasa penulisan dan desain bahan promosi Indscript Creative hadir untuk memenuhi kebutuhan bisnis Anda. Indscript telah meng-handle klien brand ternama sehingga terpercaya dan profesional. Perpaduan tulisan dan desain yang cantik sangat menentukan keberhasilan marketing suatu produk.

Sumber Terkait:

Webinar Sarapan IIDB bersama Dokter Canva, Syammas P. Syarbini. 

Salam, 

Maulida Fela

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun