Mohon tunggu...
Maulida
Maulida Mohon Tunggu... Novelis - Admin di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA)

Ibu rumah tangga yang mengabdikan diri di yayasan sosial. Menyukai jurnalistik dan sastra. Memiliki nama pena Pelo Lope dan aktif menulis sejak duduk di bangku SMP tetapi tak pernah publikasi. Sejak 2022 mulai menulis buku antologi melalui beasiswa kepenulisan.

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Konsep Universe Denny Santoso, Digital Marketer Wajib Tahu!

7 Juli 2022   18:00 Diperbarui: 7 Juli 2022   18:04 1137
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Digital Marketing/Sumber: Pixabay.com

Berkembangnya penggunaan internet di dunia termasuk di Indonesia semakin pesat. Hal tersebut mengakibatkan pergeseran gaya hidup masyarakat di banyak lini kehidupan. Masyarakat kemudian memilih sesuatu yang lebih efisien dan praktis. 

Dahulu, penjualan barang dilakukan di pasar atau toko. Kini, beberapa masyarakat lebih memilih membeli barang online lewat e-commerce ataupun sosial media. Pergeseran ini memunculkan para pelaku usaha yang aktif mengaplikasikan digital marketing. 

Digital Marketing Indonesia

Digital marketing merupakan suatu aktivitas pemasaran atau promosi suatu produk dengan memanfaatkan media digital atau internet. Pelaku digital marketing disebut digital marketer. 

Digital marketing dewasa ini semakin mempermudah para pelaku bisnis di Indonesia. Pergeseran gaya hidup konsumen yang diyakini menjadi pemicunya. Semakin banyak konsumen yang lebih suka berbelanja online menjadikan banyak pelaku usaha mempelajari konsep digital marketing. 

Pendapatan dari membentuk sebuah 'Tribe'

Salah satu tokoh digital marketing Indonesia yang terkenal adalah Denny Santoso. Kiprahnya di industri digital telah berlangsung sejak 14 tahun silam. Dari pengalamannya menggeluti dunia digital, dia kemudian menemukan konsep praktis yang bermanfaat bagi para pelaku bisnis. 

Social Marketing/Sumber: Pixabay.com
Social Marketing/Sumber: Pixabay.com

Tribe yang secara bahasa berarti suku adalah konsep yang berusaha dia usung agar para pelaku usaha dapat meraup keuntungan maksimal. Dengan mengandalkan story dari sebuah brand seseorang bisa lebih mudah memasarkan produknya. Dari story tersebut, konsumen akan tertarik kemudian terbentuklah komunitas atau dalam hal ini tribe. 

Brand akan semakin meningkat penjualannya, ketika ada komunitasnya. Komunitas tersebut menjadi hot market dari suatu produk, ujar penulis content creator black book ini. 

Tribelio Page

Tribelio adalah platform yang digunakan untuk menjual suatu produk melalui komunitas. Tribelio adalah all in one community untuk membantu orang membentuk dan mengelola suatu komunitas sehingga meraih pendapatan dari komunitas tersebut. Tribelio adalah branding pengenalan sebuah produk dalam bentuk lebih praktis. 

Dalam tribelio, seseorang dapat membuat landing page produknya sendiri yang disebut tribelio page. 

Denny Santoso, CEO & Founder Tribelio ini juga mengatakan, sederhananya, ada yang berbelanja produk kita, di marketplace kita, tapi kita tidak bisa follow up, tidak punya datanya, lalu untuk apa content iklan kita buat. Nah di sini tribelio berperan. 

Hook - Story - Offer

Konsep hook - story - offer ini adalah konsep universe yang digunakan Business Coach Denny Santoso. Dia mengungkapkan, seseorang harus punya komunitas atau dalam hal ini adalah hook atau keterkaitan. Komunitas ini merupakan target market. Target market kita siapa harus ditentukan terlebih dahulu.

Digital Marketing/Sumber: Pixabay.com
Digital Marketing/Sumber: Pixabay.com

Baru setelah menentukan target market kita akan membuat story dari sebuah produk. Story inilah yang menjadi image branding produk kita. Story ini juga akan membangun trust dengan konsumen. 

Step selanjutnya adalah offer atau penawaran. Jika komunitas telah terbangun, ada story dari produk yang kita jual, lalu timbul trust. Maka selanjutnya kita dapat melakukan penawaran. Penawaran ini adalah selling, atau penjualan. 

Dari sini akan diperoleh market yang lebih besar dibandingkan ketika menawarkan produk saja tanpa ada basic story dan komunitas di baliknya. 

Konsep universe ini adalah konsep saling keterkaitan antara penjual dan konsumen satu dengan konsumen lainnya dari suatu produk. Jika konsep universe ini diterapkan, tak diragukan lagi dapat meningkatkan penjualan karena pembeli akan cenderung membeli produk dari penjual yang mereka percaya. 

Dengan sendirinya, penjual akan membangun universenya sendiri, yang didalamnya dia dapat menjual produk lain lagi. 

 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun