Pandemi Covid 19 di indonesia sangat berdampak bagi UMKM dan UMKM mengalamai penurunan ekonomi yang cukup signifikan. Penjualan semakin menurun dan UMKM harus melakukan inovasi dan merubah cara berjualan yang awal di jual secara offline dan kini menjadi penjualan online.Â
Salah satu UMKM yang terdampak yaitu STREPMASK. Usaha Strepmask milik Ibu Uswatun Warga RT 06 RW 03 Kel. Manyar Sabrangan Kec. Mulyorejo ini mengalami dampak signifikan terhadap penjualan strepmask di masa COVID 19.Â
Maka dari itu saya Maulana Aslam A Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya dan dibawah bimbingan Dosen Bpk. Dr. Jaka Purnama,ST., MT. melakukan Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan program Pendampingan dan Peningkatan Usaha Strepmask Di Wilayah Warga RT 06 RW 03
Salah satu upaya untuk meningkatkan Penjualan yaitu dengan melakukan inovasi. Inovasi yang dilakukan meliputi Varian Produk, Logo/Branding, Kemasan yang menarik. Serta media promosi yang mendukung dengan memanfaatkan media sosial sebagai wadah promosi.Â
Media yang digunakan yaitu Instagram, dan Whatsapp. Dengan membuat foto dan varian produk, pembuatan logo serta kemasan produk yang menarik diharapkan dapat meningkatkan penjualan pada usaha Strepmask.Â
#UntagSurabayaKeren
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H