Saya akan sedikit membagi pengalaman saya tentang seroang penjual dipinggir pasar yang memiliki marketing yang bagus dan pemikiran yang hebat. Walaupun terkadang sebuah warung kopi berada dipinggir jalan atau ditempat yang ramai, itu belum dapat memastikan jaminan konsumen yang ramai akan hadir ke warkop itu.
 Mengenai warung kopi atau yang sering disingkap warkop kita akan selalu menghafalnya sebagai tempat untuk meminum segala jenis minuman berbentuk coffe dan dilengkapi sajian makanan teretentu. Namun, setiap warkop itu sendiri harus memiliki cara untuk menarik sebanyak mungkin konsumen. Lantas, cara seperti apa yang bisa digunakan untuk menarik seorang konsumen?
 Kali ini kita akan memulai memulai beberapa trik yang saya lihat ketika warkop Buk Mar menggunakan trik ini dipinggir pasar. Saya akan memberikan dan membocorkan beberapa triknya saja yang saya ketahui.
1). Â Menggunakan Nama di usahanya Sendiri
Â
 Penggunaan nama sendiri atau nama siapa saja pada usaha yang ingin kita bangun atau yang lagi berjalan. Itu dapat meningkatkan daya tarik bagi para konsumen yang melihatnya, ini merupakan cara daya tarik seorang pengusaha pada bidang penjualan untuk membuat para konsumennya penasaran, sebab inilah juga daya tarik yang membuat konsumen ingin singgah ke warkop ini.
2). Â Memiringkan Harga Padahal yang lain Naik
Â
 Yaps, sangat benar harga dan kualitas disini sangat mempengaruhi sekali. Ketika banyaknya usaha warkop yang bersaing dibanyaknya suatu tempat tidak dapat dipungkiri bahwa persaingan pun semakin ketat. Dengan cara memiringkan harga dengan posisi kualitas yang sama seperti lainnya, ini menarik cepat para konsumen. Dengan memiringkan harga sebenarnya ini tidak membuat kerugian yang besar pada perusahaan warkop atau lainnya. Sebab, ketika perusahaan memiringkan harganya otomatis ini menarik daya tarik konsumen dan bakal menjadi konsumen tetap. Ini menunjukkan fakta juga bahwa yang lebih miring lebih banyak dicari dan dilihat masyarakat. Lebih baik harga miring ramai konsumen, daripada harga tinggi tapi tidak memiliki konsumen itu lebih sulit berkembang.
3). Menggunakan Spanduk serta memberikan pengenalan harga
Ternyata, penggunaan spanduk dan disertai pengenalan harga di bagian depan warkop dapat meningkatkan daya tarik yang begitu baik. Pasalnya dengan begini seorang konsumen didaerahnya atau konsumen baru yang muncul dapat dengan mudah melihat segala jenis harga. Ketika sudah diberikannya keterangan harga ini dapat membuat konsumen bisa menentukan tujuannya dengan maksud ketika singgah ke warkop itu dirinya sudah memikirkan apa yang harus dibeli. Ini benar sekali karena dengan begini semua orang ketika sudah melihat dan ingin singgah di tempat itu dirinya sudah memiliki tujuan dan fikiran apa yang ingin dirinya beli. Dengan menggunakan cara yang seperti ini, itu tidak membatasi konsumen seorang pengusaha warkop, melainkan mempermudah konsumen dan tidak membuat konsumen banyak berfikir untuk singgah.
4). KualitasÂ
 Ini dia sebuah Kualitas dan Kuantitas sangat mempengaruhui juga. Pasalnya hanya menjalankan sebuah usaha tanpa memiliki kualitas yang baik itu dapat mempengaruhi cita rasa dalam hidangannya. Kualtas juga mempengaruhi bagaimana cita rasa yang diberikan pada makanan dan minuman mempengaruhi bagi konsumen. Konsumen juga akan mencicipinya dan akan mengatakan hal yang jujur ketika merasakan hidangannya.
 Bagaimana cara mengetahui kualitas kita dalam kondisi bagus?Â
 Melihat bagaimana cara seseorang ingin mengetahui kualitas dari usahanya tersebut, dirinya harus sebisa mungkin mempertanyakan kepada konsumen baru yang hadir ditempatnya. Tidak ada salahnya sedikit bertanya dengan menggunakan etika yang baik, ini membuat kita akan mengerti cita rasa apa yang baik dan racikan apalagi yang harus diperbaiki. Ini juga fakta yang bisa seseorang pelajari untuk mengetahui kekurangan apa saja yang ada dalam hidangan usaha dirinya sendiri.
 5). Lingkungan
 Dan yang terakhir dari semuanya itu termasuk juga mencakup lingungan inilah warkopnya terjaga dan stabil. Pasalnya jika warkopnya adalah tempat yang kumuh tidak higenis dan sangat kotor, ini bukanlah hal yang baik untuk usahanya. Sebab, konsumen juga akan berfikir dan selalu banyak berfikir menyinggahi sebuah usaha warkop yang begitu tidak mengenakkan untuk disinggahi. Oleh karena itu, kebersihan dan kerapian juga menjadi hal proritas untuk daya tarik usahanya. Menjaga lingkungan warkopnya agar tetap bersih itu juga menjadi hal prioritas untuk dijaga.
 Oklah, sekian dari banyaknya info yang sudah anda ketahui. apakah anda berminat memulai sebuah usaha dengan marketing bagus? intinya tetap konsisten jika ingin berkembang dan memulai hal baru yang positif.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H