Mohon tunggu...
Maula Cahya
Maula Cahya Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Memasak

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pengalaman Asistensi Mengajar

30 Mei 2023   18:19 Diperbarui: 30 Mei 2023   18:21 174
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Perkenalkan Saya Maula Cahya Mentari, mahasiswa semester 6 angkatatan  2020 Administrasi Pendidikan di Universitas Negeri Malang. Pada semester 6 ini saya menjalani Asistensi Mengajar (AM) selama satu semester sebagai pengganti atau konversi beberapa mata kuliah yang berjumlah 20 SKS diantaranya yaitu Kepemimpinan Pembelajaran, Manajemen Berbasis Sekolah, Manajemen Layanan Khusus, Manajemen Perpustakaan Sekolah, Manajemen Tenaga Administrasi Sekolah, Supervisi Satuan Pendidikan, Kuliah Kerja Nyata, dan Kajian Praktik Lapangan (KPL) Manajemen Pendidikan. 

Sebelumnya saya mendapat sekolah Menengah Kejuruan  (SMK) di daerah Kepanjen akan tetapi perwakilan dari mahasiswa AP mengajukan untuk dipindah ke tempat yang lebih dekat dan berada di Kota Malang. Akhirnya setelah menunggu keputusan saya dan kedua teman saya yaitu Nana Apriyana Djarwal dan Yulia Putri Meilina ditempatkan di SDN Bareng 5 Kota Malang. Disana saya bertemu lagi dengan dua mahasiswa Administrasi Pendidikan lain yaitu Aini dan Novia, dan juga ketiga teman yang berasal dari Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) yaitu Wida, Anisa, dan Diva.

Sebelum kita melakukan survei ke sekolah, kita mengadakan pertemuan seluruh anggota AM yang beranggotakan 8 orang mahasiswa. Setelah itu, perwakilan dari kami yaitu saya dari Administrasi Pendidikan dan Ni Made Widayanti dari PGSD datang ke sekolah untuk melihat kondisi sekolah terlebih dahulu, kemudian baru seluruh anggota AM. Pada Minggu depannya yaitu hari Senin, 6 Februari 2023 dilaksanakan kegiatan Focus group dissussion (FGD) dengan mengundang dosen pembimbing lapangan yaitu Ibu Dr. Rochmawati, M. Pd, segenap guru dan staff juga kepala sekolah SDN  Bareng 5 sebagai pembukaan dari kegiatan Asistensi Mengajar. 

Kegiatan FGD ini dimulai dengan sambutan-sambutan dari Kepala Sekolah, Dosen Pembimbing Lapangan, dan Ketua Tim AM, selanjutnya inti acara yaitu pemaparan program kerja yang akan kami lakukan selama berada di sekolah ini oleh perwakilan masing-masing programstudi, dari AP diwakilkan oleh Aini dan dari PGSD diwakilkan oleh Wida, kemudian memberikan kesempatan sesi tanya jawab mengenai program kerja, dilanjutkan dengan doa dan penutup yaitu foto bersama. Saya sendiri didalam kegiatan ini menjadi pembawa acara atau MC.

Program kerja kami yaitu di bidang akademik dan supervisi, non akademik, dan Administrasi Sekolah. Di bidang akademik kami melakukan Digitalisasi Media Pembelajaran yaitu masing-masing dari kami membuat media pembelajaran digital seperti kahoot, quiziz, dan lain sebagainya. Saya sendiri menggunakan quizizz sebagai media pembelajaran digital yaitu dengan memberikan kuisberupa soal-soal pilihan ganda untuk siswa kelas 3 lalu dikerjakan secara random dipilih melalui spinner online. Di bidang Supervisi saya membuat jadwal pelaksanaan supervisi yang dilaksanakan oleh kepala sekolah untuk mensupervisi guru di setiap kelas. Di bidang Kepemimpinan, kami mengadakan pelatihan Kepemimpinan pada Kamis, 4 Mei 2023 yang dilaksanakan di SDN Bareng 5 Malang pukul 13. 00 hingga kurang lebih pukul 14.30, Pelatihan Kepemimpinan ini memiliki tema "Kepemimpinan visioner berbasis digital dengan narasumber Ibu Dr. Rochamawati, M. Pd yang diikuti oleh segenap guru dan staff SDN Bareng 5 Malang.Pada k giatan ini saya bertugas menjadi Pembawa Acara.

Sedangkan, di bidang non akademik mulai dari perpustakaan,,UKS, dan Perjusa. Di perpustakaan kami menata ulang buku untuk dikelompokka ke dalam masing-masing kategori antara lain, agam, matematika, sejarah dan budaya, TIK, Ensiklopedia, Cerpen, Cergam, Fiksi, dan lain sebagainya yang diletakkan di tiap rak, selain itu juga kami membuat sistem peminjaman buku dengan memberikan kartu perpustakaan yang nantinya didata dan kami memberikan reward  berupa alat tuli, botol minum, kotak makan pada event perpustakaan saat upacara untuk meningkan minat baca siswa. 

Selanjutnya untuk program kerja UKS yaitu menata ulang ruangan UKS, melengkapi sarana prasarana, dan juga memberikan pelayanan terhadap siswa, juga program kerja UKS baru-baru ini melakukan cek Kesehatan ke siswa-siswi seperti tinggi badan, berat badan, Kesehatan mata, telinga, gigi, kulit, dan rambut. Dan untuk perkemahan Jumat-Sabtu saya dan teman-teman menyiapkan segala kebutuhan mulai dari perencanaan pendirian tenda dan pembagian regu hingga akhir acara yaitu penutupan dan pembagian hadiah untuk lomba memasak mie dan kebersihan tenda. 

Mulai dari materi sore, api unggun dan pentas seni, senam pagi, bersih-bersih, permainan dan games. Kami juga membantu persiapan penampilan regu-regu siswa untuk malam api unggun, seperti tari cublak cublak suweng, jaranan, tari kecak, dan pertunjukkan lainnya. Saya menjadi mempunyai pengalaman untuk membimbing siswa dan membantu jalannya acara perkemahan ini  

Untuk di bidang Administrasi sekolah, terdapat beberapa program kerja pula yaitu Manajemen Berbasis Sekolah, Tenaga Administrasi Sekolah (TAS), Humas, dan Sarpras. Di dalam manajemen berbasis sekolah saya membantu membuat analisis SWOT (Strenghts, Weakness, Opportunity, Treats) yaitu mulai dari strength berisi . Letak sekolah berada di tengah kota, Lapangan sekolah yang luas, Adanya ruang komputer, aula, mushola, Terjalinnya koordinasi sekolah secara berkelanjutan, dan Aktif melaksanakan kegiatan akademik maupun non akademik. Untuk Weakness  yaitu Akses masuk sekolah yang tidak bisa dilewati mobil, Sekolah yang terletak di kelilingi rumah warga , Akses internet yang kurang memadai, dan Beberapa Fasilitas sekolah yang kurang perawatannya. Opportunitynya Dukungan dari pemerintah (Dana Bos), Media sosial membantu mempromosikan sekolah, Banyak ekstrakurikuler yang mengembangkan bakat siswa, dan Terhindar suara bising kendaraan membuat siswa menjadi focus dalam kegiatan pembelajaran. Treatsnya yaitu Banyaknya SD pesaing di Kota Malang terutama  terdapat 5 SDN Bareng, Kurangnya minat masyarakat sekitar sekolah, dan Banyaknya rumor warga sekitar mengenai sekolah. Untuk TAS, saya  membantu Staff Tata Usaha (TU) untuk mengerjakan mulai dari merapikan data nama siswa kelas 1-6, denah sekolah, denah ukd, nomor meja dan peserta, dan masih banyak lagi. 

Saya menjadi lebih mengetahui data-data yang dimiliki sekolah. Untuk humas atau hubungan sekolah dan masyarakat yaitu mengadakan lomba mewarnai untuk jenjang TK. Saya dan teman-teman mempersiapkan mulai dari proposal dan mengirimkan ke tempat usaha, bank, kantor, dan pabrik. Pada saat itu, kami 8 orang dibagi menjadi 4, sehingga masing-masing 2 orang berkeliling untuk mengirimkan proposal secara bergantian. Saat itu saya menjadi memiliki pengalaman bagaiamana cara untuk mengajukan proposal untuk mencari sponsor lomba. Mulai dari bank syariah Indonesia, toko hijab, toko alat tulis yaitu Gramedia dan Royal ATK, dan lain-lain. Lalu menyebarkan, brosur sekolah, bulletin, dan brosur lomba berkeliling ke Taman Kanak-Kanak di Kota Malang, saya bertemu perwakilan dari sekolah dikarenakn kepala sekolah sedang sibuk untuk menjelaskan mekanisme pelaksanaan lomba, lokasi, dan nomor yang dapat dihubungi untuk pendaftaran lomba.

Banyak pula kegiatan tambahan yaitu adiwiyata dan hidroponik, event mandiri, pondok Ramadhan, kegiatan peringatan hari besar seperti isra' mi'raj, hardiknas, dan kartini. Pada kegiatan ini teman-teman mebagi tugas  untuk mengerjakan file adiwiyata, untuk hidroponik kami menanam pakcoy dan kangkong di gelas plastik khsusus hidroponik, dan membeli peralatan untuk hidroponik. Setelah itu ntuk event mandiri saya melatih siswa untuk lomba vlog menjelaskan pembuatan pupuk kompos dan juga menjadi dokumentasi pada saat acara evnt mandiri yang pesertanya adalah guru-guru dari sekolah dasar lain di Kota Malang. Untuk pondok Ramadhan membantu persiapan mulai dari mencari materi puasa, zakat, dan sholat idul fitri, selain mencari materi juga menjelaskannya kepas siswa siswa di aula. 

Setelah acara pondok Ramadhan selama 2 hari, ada pula pembagian zakat fitrah  kepada siswa yang kurang mampu dan warga sekitar, juga pembagaian  ta'jil kepada seluruhb siswa dan masyarakat sekitar. Untuk kegiatan isra' mi'raj saya menjadi pembawa acara, dan juga membatu panitia lomba yang lain, karena terdapat berbagai macam lomba mulai dari adzan, mewarnai kaligrafi, tartil, dan lain sebagainya. Untuk lomba hari Pendidikan nasional (Hardiknas) dan hari Kartini digabung menjadi satu yaitu terdiri dari lomba menulis surat untuk kelas rendah yaitu 1 dan 2, lomba cerdas cermat untuk kelas tinggi 5 dan 6, lomba membaca puisi untuk kelas 3 dan 4lomba fashion untuk seluruh siswa, guru bahkan juga kami mahasiswa AM ikut berpartisipasi

Selama berada di SD ini saya dan teman-teman merasakan simulasi di dunia kerja, karena di sekolah ini sangat disiplin dan tegas terlebih lagi untuk jam masuk kami. Tidak boleh terlambat sedetikpun harus tepat waktu. Dan juga dalam melaksanakan proker harus sesempurna dan semaksimal yang kami bisa. Kami juga dibagi masing-masing 2 orang untuk piket di halaman sekolah sebelum jam 07.00 untuk menyambut siswa, mengarahkan untuk mengecek suhu, dan cuci tangan. Saya mendapat jadwal di hari Selasa. Kami diberi tugas untuk membuat jurnal mingguan yang berisi kegiatan apa saja yang dilaksanakan dalm seminggu beserta foto atau dokumentasi kegiatan lalu diprint dan dikumpulkan ke guru pamong dan kepala sekolah untuk ditandatangani. Sekolah ini juga sering melaksanakan koordinasi anatara kepala sekolah, guru dan staff, juga mahasiswa AM untuk berdiskusi mengenai program kerja atau pun kegiatan yang akan dilaksanakan keesokan harinya untuk memberikan keputusan dari kesepakatan bersama. Dalam rapat koordinasi tersebut para guru dan kami mahasiswa AM diberi kesempatan untuk menyampaikan opini kami dan menyanggah opini dari kepala sekolah dan guru.

Selain itu, meskipun saya dan teman-teman dari program studi Administrasi Pendidikan dan tidak mempunyai basic mengajar tetapi kami juga diberi tugas untuk membantu mengawasi atau mendampingi kelas-kelas saat ada guru yang berhalangan hadir dan pekerjaan guru yang tidak bisa ditinggalkan bahkan juga kadang memberi tugas dengan membaca buku pelajaran yang sekarang dengan Tema. Dari sini saya belajar untuk lebih sabar dalam mengatur emosi, berusaha mengatur anak kecil agar lebih tenang, menjelaskan materi seperti berhitung dan membaca, juga menjawab pertanyaan-pertanyaan yang terkadang tidak ada hubungannya dengan mata pelajaran dan sekolah. Banyak juga kendala yang kami hadapi selama berada disini tetapi kami berusaha menjaga kekompakan dan mental kami bersama, karena disini cukup lama mulai dari awal Februari hingga pertengahan Juni. Nantinya Asistensi Mnegajar ditutup dengan acara desiminasi laporan, dan publikasi artikel dan video atau film pendek tentang Asistensi Mengajar.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun