Mohon tunggu...
Masykur Mahmud
Masykur Mahmud Mohon Tunggu... Freelancer - A runner, an avid reader and a writer.

Harta Warisan Terbaik adalah Tulisan yang Bermanfaat. Contact: masykurten05@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Pengalaman Lari 10 Kilometer, Rasanya Gimana?

16 Desember 2023   12:16 Diperbarui: 16 Desember 2023   12:46 338
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Rute lari 10 kilometer. Dokpri

Hari ini saya sudah berhasil menaklukkan rasa penasaran yang pernah hinggap di pikiran. Berlari 10 kilometer ternyata tidak seseram yang dibayangkan.

Setelah berlatih selama setahun, lebih tepatnya sih beberapa bulan, saya sudah mampu berlari dengan jarak 10k. Badan terasa plong dan sangat segar. Sulit dideskripsikan!

Total jarak berlari yang saya tempuh dalam bulan Desember adalah 40 kilometer dari target paling sedikit 100 km. Tidak pernah terbayangkan kalau jarak tempuh yang sudah saya lampui ternyata lumayan jauh. 

Saya akui berlari 4-5 kali/minggu sangat membutuhkan usaha ekstra. Selain harus cepat bangun, terkadang cuaca tidak bersahabat. Rasa malas bisa muncul kapan saja untuk mengacaukan rencana awal. 

Untungnya, saya sudah bertekad bulat untuk terus berlari paling sedikit tiga kali per minggu. Jika sudah menjadi kebiasaan, maka tidak membutuhkan motivasi layaknya di awal.

Lari pagi memiliki banyak manfaat yang sering diabaikan banyak orang. Olah raga rutin sangat membantu tubuh untuk proses detoksifikasi, yaitu membuang racun berlebih akibat konsumsi makanan atau minuman tidak sehat. 

Pada waktu awal mencoba lari pagi, saya sangat terasa kewalahan untuk menjaga kebiasaan positif ini. Rasa malas dan tidak konsisten menjaga ritme berlari hampir saja mengagalkan target yang sudah ditetapkan.

Ditambah cidera lutut karena terlalu memporsir jarak lari, saya hampir saja menyerah di tengah jalan. Lagi-lagi, keinginan hidup sehat dengan banyak bergerak membuat saya berpikir tiga kali untuk berhenti berlari.

Banyak pelajaran yang saya dapat saat berlari. Diantaranya adalah melatih konsistensi dan menjaga konsentrasi ketika sedang dalam aktivitas penting.

Khususnya pagi ini, saya berhasil mencapai target yang sudah saya tancapkan dalam pikiran. Pada awalnya saya hanya menargetkan lari 5k saja, eh terbesit dipikiran untuk mencoba 10k. 

Akhirnya, ya saya teruskan walau di selah-selah berlari saya berjalan beberapa kali. Tercatat 11 ribu langkah pada aplikasi G-Step, dengan total waktu 1 jam 15 menit. Rata-rata kecepatan 7.5 menit/kilometer. 

Lari 10 kilometer. Dokpri
Lari 10 kilometer. Dokpri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun