Mahasiswa PGSD yang bernama Kurnia Rizkyani dari Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) melaksanakan kegiatan Pengenalan Lingkungan Persekolahan 2 (PLP 2) di SDN Lubang Buaya 05 yang beralamatkan Jl. Yusufiyah No 50 RT 010 RW 001 Kelurahan Lubang Buaya Kecamatan Cipayung Kota Administrasi Jakarta Timur.
Kegiatan PLP 2 ini dilaksanakan dari tanggal 20 Agustus 2024 hingga tanggal 01 November 2024. Â Pada hari pertama kami melaksanakan kegiatan PLP 2, kami bertemu langsung dengan kepala sekolah (Siti Khodijah, M.Pd) dan guru pamong kami yaitu (Marpuah, S,Pd) SDN Lubang Buaya 05. PLP 2 ini bertujuan sebagai bekal mahasiswa sebelum terjun langsung ke dunia persekolahan.
Selama kegiatan PLP 2 di SDN Lubang Buaya 05, saya memperoleh pengalaman berharga yang membuka mata terhadap dunia pendidikan dasar. Sekolah Dasar (SD) menjadi landasan penting dalam pembentukan karakter anak-anak, dan pengalaman ini memberikan wawasan mendalam tentang dinamika proses belajar-mengajar di lingkungan tersebut.
SDN Lubang Buaya 05 terletak di tengah komunitas yang beragam. Sekolah ini menjadi tempat di mana siswa-siswa belajar, tumbuh, dan berinteraksi. Keberagaman budaya dan latar belakang siswa menciptakan lingkungan yang kaya akan nilai-nilai pluralisme.
Proses belajar-mengajar di SDN Lubang Buaya 05 tidak terlepas dari tantangan. semangat guru dan siswa untuk belajar tetap membara. Melalui metode kreatif dan inovatif, para guru berusaha menjadikan pembelajaran lebih menarik dan mudah dipahami.
Kegiatan ini memberikan saya kesempatan untuk terlibat langsung dalam proses pendidikan. Mulai dari merencanakan dan menyampaikan materi hingga berinteraksi dengan siswa, saya merasakan tanggung jawab besar yang dimiliki oleh seorang guru. Hal ini memberikan pemahaman mendalam tentang tantangan dan kegembiraan dalam dunia pengajaran.
Dalam menjalankan peran mereka, para guru di SDN Lubang Buaya 05 membangun hubungan yang erat dengan siswa. Keterlibatan orang tua juga menjadi faktor kunci dalam kesuksesan pendidikan. Komunikasi aktif antara guru, siswa, dan orang tua menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan akademis dan sosial siswa.
Pengalaman ini mengajarkan saya tentang pentingnya kesabaran, adaptabilitas, dan kreativitas dalam mengajar. Setiap anak memiliki potensi unik, dan sebagai pendidik, kita perlu mengakomodasi perbedaan tersebut. Kegiatan PLP 2 di SDN Lubang Buaya 05 menjadi cerminan bahwa pendidikan adalah investasi jangka panjang dalam pembentukan generasi yang tangguh.
PLP 2 di SDN Lubang Buaya 05 memberikan pengalaman mendalam tentang dinamika sekolah dasar. Dari keberagaman siswa hingga tantangan dalam proses belajar-mengajar, setiap aspek mencerminkan kompleksitas dunia pendidikan. Dengan pemahaman ini, saya merayakan peran penting sekolah dasar dalam membentuk masa depan anak-anak, dan saya meninggalkan pengalaman ini dengan rasa hormat yang mendalam terhadap para pendidik yang berdedikasi tinggi dalam melaksanakan tugasnya.
Kesimpulan yang saya dapatkan dalam PLP 2 di SDN Lubang Buaya 05 ini, saya akan belajar menjadi pendidik yang berkualitas dan inovatif dalam mengembangkan ilmu pengetahuan di era  modern saat ini, dan kegiatan PLP 2 di SDN Lubang Buaya ini sangat bermanfaat untuk pembelajaran sayan menjadi pendidik yang baik.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H