Program yang dijalankan oleh mahasiswa KKN Kelompok 85 diselenggarakan pada hari ini tanggal 05 Agustus 2023. Program ini disampaikan oleh dua pemateri yang salah satunya merupakan dosen pembimbing. Mahasiswa melaksanakan sesuai dengan jadwal dan tema yang sudah ditentukan. Mahasiswa membantu membuat program seminar pemasaran melalui digital marketing UMKM usaha masyarakat yang berbentuk tas anyaman. Tujuan mahasiswa membuat seminar ini adalah untuk mempermudah sistem pemasaran UMKM di Desa Brumbng terutama tas anyaman dalam sistem Digital Marketing.
Materi pertama dalam program seminar disampaikan oleh pemateri pertama yaitu Bapak Dr.H. Ahmad Bahrul Musyafa Fathoni, M.Pd.I. yang merupakan seorag dosen di IAIN Kediri fakultas Tarbiyah program studi MPI, beliau menyampaikan seputar Digital Marketng Berbasis Sosial Media. Pada kesempatan tersebut, pemateri membuka sesi diskusi guna memberikan kesempatan kepada para pemuda untuk lebih memahami materi yang disampaikan.
Berikut rangkuman materi yang disampaikan oleh pemateri pertama.
Digital marketing adalah proses penyampaian nilai dalam konteks bisnis untuk mengkomunikasikan nilai tersebut dari suatu produk sehingga dapat menciptakan suatu hubungan yang baik antara produsen dan konsumen atau pelanggan dengan media berbasis platform online (website, aplikasi online shop, maupun sosial media).
Terdapat 4 tahapan marketing, yaitu:
- Ide
- Penelitian pengujian
- Iklan atau promosi
- Penjualan
Keunggulan Digital Marketing
- Jangkauan pemasaran yang luas
- Tidak mengahruskan pelanggan dan produsen untuk bertemu
- Hemat dalam hal promosi
Langkah atau strategi dalam media marketing:
- Pelajari selera pelanggan
- Ciptakan konten yang menarik
Macam metode membuat konten;
- Carousel (melaui foto, poster, pamflet)
- Reels (Instagram, TikTok, Facebook, dll)
- Quote yang menarik
- Infografik
- Jadwalkan waktu posting (posting penjualan di wakt dimana banyak orang yang akan melihat, seperti waktu isrtirahat kantor, dan lain-lain)
Adapun pertanyaan yang di tanyakan ialah:
1. Bagaimana memenuhi permintaan konsumen jika pesanan yang diminta hanya satu, namun tempat tingganya sangat jauh? Sedangkan pelaku usaha merasa jika pemesanan yang sedikit terlalu nanggung (dalam artian biaya total pembuatan serta ongkos kirim tidak seimbang dengan laba yang didapat)
Jawaban :
Terdapat beberapa strategi yang dapat dilakukan untuk kasus seperti ini;
- Perhatikan komponen biaya
Dalam hal ini, kalkulasikan biaya yang memungkinkan dapat menghemat modal serta menjaga untuk tetap mendapatkan laba meskipun jumlah pemesanan hanya sediki atau tidak begitu banyak, atau dengan membebankan biaya ongkos kirim kepada konsumen.
- Inisiasikan (kerjasama dengan platform yang digunakan untuk media penjualan) menegnai pengiriman yang bebas ongkir
Buat kerjasama dengan platform tempat anda menjual produk agar dapat kemungkinan gratis ongkir dari platform (karena terkadang platform menyediakan gratis ongkir untuk menarik minat konsumen) tersebut atau kerjasama dengan perusahaan jasa pengiriman.
- Berikan batasan jumlah pemesanan di daerah tertentu
Dengan memberikan batasan pesanan dapat memungkinkan produsen untuk mengkalkulasikan biaya modal yang keluar serta biaya lainnya agar tetap mendapatkan untung yang bagus. Serta agar dapat memenuhi permintaan dengan baik.