Saya terkejut. Baru buka hp. Ada rame-rame. Puluhan gerai McD dikerubuti driver ojol. Mereka antri ambil orderan BTS Meal.
BTS Meal adalah menu baru McD. Setiap paketnya berisi nuget ayam, kentang, cola dan dua saus. Menu yang biasa sebenernya.
Jadi luar biasa karena menurut McD ini menu favorit anggota K-Pop BTS. Jelaslah permasalahannya. Kenapa masyarakat begitu antusias menyambut menu baru yang mulai dijual hari ini.
Masyarakat, utamanya penggemar BTS, lebih tertarik dengan idolanya. Bukan makanannnya. Bahkan mereka memburu bungkus BTS Meal yang didisain khusus dengan warna ungu itu.
Diary,
Setelah baca berita saya buka Instagram. BBC Indonesia melalui akun resminya memposting seorang Rustono. Siapa dia?
Rustono adalah pengusaha tempe di Jepang. Selama 20 tahun dia tanpa lelah mengenalkan dan mempopulerkan tempe ke seluruh penjuru dunia.
Sekarang Rustono mempunyai 2 pabrik tempe di Jepang. Â Setiap harinya memproduksi puluhan ribu bungkus tempe.Â
Usahanya menjadikan tempe sebagai makanan kelas dunia mulai menampakkan hasil. Bahkan belum lama ini ada seorang wanita Meksiko yang memproduksi dan menjual tempe di negaranya.
Secara terus terang Ruisa Velez mengatakan dia belajar membuat tempe dari Rustono. Uniknya di pembungkus tempenya dia menuliskan; Hadiah Indonesia untuk dunia.
Tempe yang berbahan baku kacang kedele. Kaya akan protein. Makanan sangat sehat dan higienis. Sudah selayaknya menjadi menu utama yang mendunia. Seperti halnya BTS Meal.
Diary,Â
Tidak ada yang salah menyukai makanan dari luar negeri. Akan lebih baik lagi. Â Jika pada saat yang sama mau mengenalkan makanan khas Indonesia ke luar negeri.
Super Junior saja mau mengenakan batik rancangan Kang Emil. Siapa tahu Jimin atau Jungkok juga mau makan tempe.
Semoga.
Jkt, 090621
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H