Mohon tunggu...
Nico Aditia
Nico Aditia Mohon Tunggu... Penulis - menulis dan berbagi ide

komen untuk komunikasi

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan

Bukan Cuma Pak Jokowi

6 November 2018   14:53 Diperbarui: 6 November 2018   15:43 743
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Birokrasi. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

Saya senang sekali ketika membuka media sosial dan menemukan tulisan teman SMA. Bukan karena kepo (ingin tahu) dengan keadaan mereka saat ini, tapi sebagai bahan renungan buat saya. Melihat teman yang lebih sukses melalui media sosial rasanya sangat tepat untuk berkontemplasi mengingat kembali apa yang telah saya lakukan selama setahun belakangan. Apakah hal yang dilakukan memberikan manfaat positif, ataukah hanya membuang waktu mengerjakan yang tak bermanfaat.

Dari banyak teman yang terhubung di media sosial, ada dua orang teman yang tulisannya saya nantikan. Tulisan keduanya sangat saya nantikan karena secara rutin memberitakan mengenai pengalaman mereka yang saat ini tengah menimba ilmu di amerika serikat. Dan tentunya karena tulisan keduanya terkait dengan bidang komunikasi tengah saya geluti.

Beberapa hari yang lalu tetiba saya dihubungi oleh salah seorang diantara mereka. Kami kemudian berdiskusi mengenai ekonomi kerakyatan dan bagaimana kebijakan pemerintah terkait hal tersebut. Hal yang menarik karena rupaya profesor pembimbingnya sangat tertarik dengan kelas menengah di Indonesia. Selain itu, teman saya juga tertarik dengan kebijakan yang diambil oleh pemerintah dan bagaimana mengkomunikasikan kebijakan tersebut. Hal ini tentu menarik bagi saya karena memang menjadi pekerjaan sehari-hari.

Waktu itu saya kemukakan bahwa kebijakan ekonomi selalu disertakan dengan komunikasi yang baik kepada masyarakat. Pengambilan kebijakan saat ini memperhatikan dinamika yang terjadi di masyarakat dan visi pemerintah dalam kurun waktu ke depan. Oleh sebab itu, strategi komunikasi menjadi asuransi bahwa pesan-pesan yang disampaikan oleh pemerintah maupun masyarakat dapat disampaikan dan diterima dengan baik, sehingga kebijakan yang diambil dapat diterima oleh berbagai pihak.

Namun demikian, dalam praktik yang berkembang di amerika serikat, strategi komunikasi ternyata belum cukup bagi kebijakan atau entitas organisasi dalam mendapatkan dukungan stakeholdernya. Perkembangan teknologi komunikasi yang sangat pesat disana membuat pesan-pesan diproduksi dalam jumlah yang sangat banyak. Hal ini yang diduga membuat komunikasi publik menjadi tidak mudah. Orang tidak lagi mudah menerima dan percaya dengan informasi yang diterima.

Teman lain yang tengah mengikuti pendidikan singkat di amerika mengungkapkan institusi publik di sana sudah menerapkan engagement strategy dengan cukup intens. Salah satu lembaga pendidikan tinggi disana misalnya secara reguler mengadakan pertemuan dengan masyarakat sekitar. Pertemuan tersebut dilakukan untuk menguatkan relasi dengan masyarakat sekitar kampus.

Kebetulan kampus di sana sama seperti di Indonesia, di sekitarnya banyak rumah yang dijadikan boarding house atau kos-kosan. Ketika ada masalah sosial yang disebabkan oleh mahasiswa, pihak kampus yang turun tangan. warga sekitar terbiasa dengan melaporkannya ke pihak universitas ketimbang langsung melaporkannya kepada pihak kepolisian. Ketika mendapatkan laporan dari warga sekitar, pihak universitas dengan tanggap merespon dan langsung turun ke lapangan. 

Mahasiswa yang membuat keonaran di lingkungan kos-kosannya biasanya takut ketika warga melapor ke pihak universitas. Mereka takut karena jika pihak universitas yang turun bakal mendapat sanksi. Sanksi tersebut bisa berupa teguran atau jika sudah terakumulasi maka mahasiswa bisa dikeluarkan dari kampus.

Selain itu, pihak kampus juga rutin melakukan pertemuan dengan warga. Biasana pertemuan tersebut diisi dengan kursus singkat untuk menjawab persoalan yang dihadapi warga. Melalui pertemuan ini warga bisa menyampaikan keluhannya dan pada pertemuan tersebut. Tidak jarang, warga juga memberikan masukan dan kontribusi yang positif kepada pihak kampus.

Interaksi yang dilakukkan oleh pihak kampus melalui pertemuan rutin dan langsung merespon keluhan warga merupakan salah satu bentuk engagement strategy yang diterapakan. Dengan strategy ini kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan kampus mendapat dukungan penuh dari warga sekitar kampus.

Selain kepada warga lingkungan, strategy ini juga diterapkan kepada para alumni. Pihak kampus melihat bahwa terdapat kebutuhan bagi kampus untuk menyalurkan mahasiswanya ke lapangan kerja. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun