Mohon tunggu...
Mas Kuncoro
Mas Kuncoro Mohon Tunggu... Guru - Profil Saya

Seorang Guru eSDe Yang Gemar Menulis di blog. Untuk mengikuti tulisan terbaru saya, silakan FOLLOW! Silakan tinggalkan komentar agar bisa saya kunjungi balik. Salam jabat erat!

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Apa Saja Harapan Siswa Dalam Pembelajaran? Yuk Selami Apa Maunya Siswa

3 Januari 2024   21:06 Diperbarui: 3 Januari 2024   21:14 8131
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber gambar: Pexels.com @Agung Pandit Wiguna

MASKUNCORO - Bagi seorang guru, sangat ditekankan agar memahami apa saja harapan siswa dalam pembelajaran? Mengapa hal ini perlu dilakukan?

Pentingnya memahami harapan siswa dalam proses pembelajaran merupakan aspek krusial dalam merancang pendidikan yang inklusif dan responsif.

Dalam upaya menciptakan lingkungan pembelajaran yang mendukung perkembangan holistik siswa, pengajar dan lembaga pendidikan perlu mempertimbangkan beragam harapan yang muncul dari peserta didik. 

Dari keinginan untuk memahami materi secara mendalam hingga harapan akan keterlibatan aktif dalam proses pembelajaran, pemahaman mendalam terhadap aspirasi siswa dapat membentuk landasan bagi pengembangan metode pengajaran yang lebih efektif dan menyenangkan. 

Oleh karena itu, artikel ini akan menjelajahi beberapa harapan umum siswa dalam konteks pembelajaran dan bagaimana memenuhi harapan-harapan tersebut dapat membentuk suksesnya pengalaman pendidikan.

Harapan siswa dalam pembelajaran dapat sangat bervariasi tergantung pada berbagai faktor, termasuk tingkat pendidikan, lingkungan belajar, dan pengalaman pribadi. 

Namun, beberapa harapan umum yang sering muncul di antara siswa adalah:

1. Pemahaman Materi

Siswa umumnya berharap dapat memahami materi pembelajaran dengan baik. Mereka ingin mendapatkan penjelasan yang jelas dan mendalam tentang konsep-konsep yang diajarkan agar dapat menguasai materi pelajaran.

2. Pembelajaran yang Menarik

Harapan siswa mencakup pengalaman pembelajaran yang menarik dan relevan. Mereka menginginkan metode pengajaran yang kreatif dan inovatif, sehingga pembelajaran tidak hanya efektif tetapi juga menyenangkan.

3. Partisipasi Aktif

Siswa berharap dapat terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Mereka ingin memiliki kesempatan untuk bertanya, berdiskusi, dan berkontribusi dalam kelas, sehingga dapat meningkatkan pemahaman mereka.

4. Pemberian Umpan Balik yang Konstruktif

Umpan balik yang konstruktif sangat diharapkan oleh siswa. Mereka ingin mendapatkan evaluasi yang membantu untuk meningkatkan kualitas pekerjaan mereka dan memahami dimana mereka dapat memperbaiki diri.

5. Lingkungan Belajar yang Aman dan Dukungan

Siswa mengharapkan lingkungan belajar yang mendukung, di mana mereka merasa aman untuk berbagi pendapat dan mengemukakan pertanyaan tanpa takut dicemooh atau dihakimi.

6. Keterlibatan Orang Tua

Beberapa siswa berharap ada keterlibatan orang tua dalam proses pembelajaran mereka. Mereka ingin orang tua terlibat dalam perkembangan pendidikan mereka dan mendukung mereka dalam mencapai kesuksesan akademis.

7. Relevansi Materi dengan Dunia Nyata

Siswa ingin melihat keterkaitan antara materi pelajaran dengan dunia nyata. Mereka berharap dapat memahami bagaimana pengetahuan yang mereka peroleh dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

8. Fleksibilitas dalam Pembelajaran

Harapan siswa juga mencakup fleksibilitas dalam metode pengajaran dan penilaian. Mereka ingin memiliki opsi untuk belajar sesuai dengan gaya mereka sendiri dan mendapatkan penilaian yang adil.

9. Pemberdayaan Pribadi

Siswa ingin merasa didorong untuk berkembang dan tumbuh sebagai individu. Mereka berharap pembelajaran tidak hanya memberikan pengetahuan, tetapi juga membantu mereka mengembangkan keterampilan dan kepribadian yang dapat diterapkan dalam kehidupan dewasa nanti.

10. Akses Teknologi dan Sumber Daya

Dalam era digital, banyak siswa berharap memiliki akses mudah ke teknologi dan sumber daya pendidikan yang memadai untuk mendukung pembelajaran mereka.

Harap dicatat bahwa harapan-harapan ini dapat berubah seiring waktu dan mungkin bervariasi di antara individu dan konteks pendidikan yang berbeda. 

Menyadari dan merespons harapan-harapan ini dapat membantu menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih positif dan efektif bagi siswa.***

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun