Kentang Kaliyan menggebrak dunia kuliner Yogyakarta dengan mengemas penjualan lewat sebuah cerita.
Keberhasilan perjalanan Kentang Kaliyan tidak bisa dilepaskan dari pengelolaan media sosialnya. Setiap harinya, admin instagram @kentangkaliyan itu selalu mengunggah gambar ataupun video terkait kondisi terkini kedainya melalui fitur instastory.
Barulah dua atau tiga hari sekali mereka menyajikan konten di feeds instagram. Berbekal sebuah kedai gerai di Area Ruko Gatic, Perumnas, Seturan, Yogyakarta dan kelihaiannya mengelola instagram, Kentang Kaliyan kini telah berhasil membranding diri sebagai pionir kedai kentang pertama di Yogyakarta.
Berikut merupakan 5 gaya dan strategi dibalik kesuksesan pengeloaan instagram Kentang Kaliyan:
1. Story Telling
Tidak hanya berbagi soal identitas produk, sang admin juga membagikan kisah tentang pelanggannya yang mampir ke kedai dan keseruan pegawainya saat bekerja. Melalui pengemasan itu lah interaksi dan kedekatan membuat lebih erat.
2. #TemanKaliyan
Founder Kentang Kaliyan, Panggah Pambudi (26) secara khusus menerbitkan tagar #TemanKaliyan untuk menyapa para pelanggannya. Menurut Panggah, hal tersebut dilakukan agar kedekatan dengan pelanggan menjadi lebih erat.
"Setiap orang yang berkunjung ke kedai selalu kami anggap teman, bukan sekadar pelanggan biasa. Dari situlah keterikatan dan keeratan akan muncul, menjadi lebih dekat," ujarnya beberapa waktu lalu.
3. Kabar Kedai
4. Video
Video khusus itu akhirnya berhasil tayang tepat saat perayan Hari Ibu, 22 Desember 2018. Berdurasi 1:51 menit, ceritanya mengisahkan tentang perjalanan anak yang sangat mencintai ibunya dan berjanji membawanya ke sebuah kedai spesial.
5. Bagi-Bagi Voucher
"Semua voucher kami unggah di instagram, supaya Teman Kaliyan tahu dan bisa menggunakannya dengan mudah," pungkasnya.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H